Sukses

Ini 5 Benda yang Tak Boleh Kamu Pakai untuk Membersihkan Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Entah kamu menggunakan smartphone mahal atau pun yang murah, perangkat yang tidak lepas dari pandangan ini selalu menjadi magnet beragam noda atau kotoran.

Baik itu minyak dari jari, wajah, atau makan siang kamu, dipastikan bakal ada noda yang menempel di layar atau belakang ponsel.

Walau sering dapat diatasi dengan menyeka layar dengan baju, banyak yang menggunakan alat atau bahan pembersih khusus untuk menjaga ponsel lebih bersih.

Akan tetapi, ada berbagai bahan pembersih yang wajib dihindari agar layar smartphone tidak cepat rusak. Apa saja?

Berikut ini adalah 5 benda atau alat pembersih yang tidak boleh kamu pakai untuk membersihkan smartphone, sebagaimana dilansir Cnet, Rabu (24/4/2019).

1. Kertas Tisu

Salah satu barang yang wajib ada di tas perlengkapan bayi adalah tisu basah (Ilustrasi/iStockphoto)

Apa pun alasannya, usahakan agar kamu tidak menggunakan kertas tisu untuk membersihkan smartphone.

Kenapa? Karena handuk kertas atau tisu dapat membuat layar smartphone tergores. Oleh sebab itu, bersihkanlah dengan menggunakan kain microfiber.

 

2 dari 3 halaman

2. Pembersih Kaca

Ilustrasi Foto Membersihlkan Kaca (iStockphoto)

Kamu bisa membersihkan cermin atau jendela dengan menggunakan pembersih kaca, karena itu mungkin akan aman digunakan untuk membersihkan layar atau bodi smartphone?

Tidak! Karena sejumlah smartphone baru memiliki lapisan pelindung khusus yang akan rusak dan mudah bilamana terkena bahan kimia tertentu.

James LeBeau, seorang profesor ilmu dan teknik material di MIT menyebutkan, setiap pembersih dengan bahan abrasif kemungkinan menggores permukaan layar. Maka dari itu, hindari penggunaan cairan pembersih kaca.

3. Penghilang Makeup

Seperti pembersih kaca, cairan penghapus makeup juga memiliki campuran bahan kimia yang dapat merusak layar elektronik.

3 dari 3 halaman

4. Cuka

Ilustrasi Foto Cuka Apel (iStockphoto) 

Lifehacker menyarankan untuk menggunakan cuka encer untuk membersihkan ponsel kamu. Namun, Android Central mengatakan agar jangan mengaplikasikan cuka (atau alkohol) pada bagian kaca.

Hal tersebut dapat merusak lapisan oleophobic yang digunakan vendor untuk melapisi layar smartphone.

5. Alkohol Gosok

Berhubung banyak smartphone baru memiliki lapisan pelindung, penggunaan alkohol yang sering dapat membuat layar perangkat cepat lecet.

(Ysl/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Sensor Sidik Jari Nokia 9 Bermasalah, HMD Global Lakukan Investigasi
Artikel Selanjutnya
Dalam Sekejap, Aplikasi iOS Ini Bisa Hapus Cuitan Lama Kamu