Sukses

Tencent Beralih Garap Smartphone Gaming?

Liputan6.com, Jakarta - Tencent dikenal sebagai salah satu publisher gim kenamaan asal Tiongkok. Salah satu gim yang dirilis oleh Tencent dan kini sedang naik daun adalah PUBG Mobile.

Namun laporan terbaru dari 36KR, Tencent dikabarkan siap merambah bisnis smartphone gaming. Seperti dikutip dari GSM Arena, Selasa (23/4/2019), perusahaan tersebut dilaporkan sudah berbicara dengan sejumlah vendor smartphone untuk membahas rencana ini.

Sejumlah perusahaan yang berpotensi menjadi rekanan Tencent disebut-sebut adalah Asus, Razer, hingga Xiaomi.

Tidak hanya itu, ada kemungkinan Tencent akan memiliki merek ponsel sendiri dengan menggandeng ODM Wentai.

Meski belum pasti, sejumlah pihak memprediksi smartphone ini akan menggunakan chipset Snapdragon.

Alasannya, produk smartphone gaming yang dirilis Asus, Razer, dan Xiaomi, seluruhnya memakai chipset besutan Qualcomm tersebut.

Sayang, hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai rencana tersebut. Karenanya, menarik untuk menunggu langkah selanjutnya dari Tencent.

Sekadar informasi, Tencent sendiri sebenarnya sudah sempat dilaporkan bekerja sama dengan sejumlah vendor, seperti Asus. Perusahaan dilaporkan akan membantu Asus dalam meluncurkan ROG Phone generasi terbaru.

2 dari 4 halaman

Tencent Gelar Turnamen Esports PUBG Mobile Berhadiah Rp 29 Miliar

Baru-baru ini, Tencent dan PUBG Corp baru saja mengumumkan komitmen mereka di ranah esports, khususnya pengembangan kompetisi PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile.

Oleh karena itu, perusahaan memberikan kesempatan pemain untuk memenangkan uang hadiah US$ 2 juta atau sekira Rp 29 miliar dalam turnamen PlayerUnknown's Battlegrounds Mobile Club Open 2019.

Tak hanya dapat diikuti oleh pemain profesional, gamer semi-pro dan amatir pun dapat mengikuti turnamen dengan total hadiah terbesar dalam sejarah kompetisi esports PUBG Mobile.

Untuk informasi, PUBG Mobile Club Open 2019 akan dibagi menjadi dua bagian, Spring Split dan Fall Split, sebagaimana dilansir Shacknews, Minggu (10/3/2019).

Nantinya, masing-masing Split bakal memiliki uang hadiah mereka sendiri. Setiap Split juga memiliki babak final globalnya sendiri, yang pertama akan diadakan pada Juli 2019.

Tim partisipan akan bersaing berdasarkan wilayah, sebelum akhirnya berkompetisi di babak final dalam tingkat global.

Adapun wilayah yang dapat mengikuti turnamen, termasuk Asia Tenggara, Jepang, Tiongkok, Timur Tengah, Eropa, Amerika Selatan, Amerika Utara, Korea Selatan, dan India.

Tim teratas dari masing-masing wilayah akan diundang ke final untuk masing-masing Split, ditambah satu tim esports wildcard.

3 dari 4 halaman

PUBG Mobile Club Open 2019

Lebih lanjut, PUBG Mobile Club Open 2019 akan menggunakan format seperti yang sudah biasa dipakai pada turnamen battle royale lainnya.

Tim esports akan diberi skor berdasarkan kill, dengan satu poin diberikan per kill. Pemenang pertama bakal mendapatkan bonus poin sebesar 30 poin, dan ke bawah bagi juara berikut.

Pada 2018, pemain PUBG Mobile bersaing di turnamen tahunan yang disebut PUBG Mobile Star Challenge.

Informasi, ini adalah acara besar pertama untuk kompetisi PUBG Mobile dengan total hadiah US$ 600.000 atau Rp 8,5 miliar.

Pada kompetisi itu, RRQ Athena, tim PUBG Mobile asal Thailand berhasil menjadi juara dan mengantongi uang hadiah sebesar Rp 2,9 miliar.

(Dam/Jek)

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Generasi Kedua ROG Phone Siap Meluncur Tahun Ini
Artikel Selanjutnya
Nintendo Garap Smartphone Gaming yang Terintegrasi dengan Switch?