Sukses

Google Doodle Ikut Ramaikan Pemilu 2019

Google Doodle kini tampil dengan ilustrasi yang menggambarkan euforia Pemilu 2019 di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang diselenggarakan hari ini, Google turut meramaikannya dengan menampilkan ilustrasi menarik di laman pencariannya.

Ilustrasi Google Doodle kali ini, menampilkan sejumlah orang yang baru saja menggunakan hak suaranya.

Dalam ilustrasi tersebut, diperlihatkan enam orang yang bersiap memasukkan surat suara ke kotaknya.

Dikutip dari situs resmi Google, Rabu (17/4/2019), ilustrasi memang ditujukan untuk merayakan Pemilu 2019 di Indonesia, sehingga hanya akan terlihat untuk pengguna di Tanah Air.

Adapun saat Google Doodle tersebut di-klik, pengguna akan dibawa ke hasil pencarian berisi rangkuman informasi seputar Pemilu 2019 dari situs pintarmemilih.id.

Jadi, pengguna dapat mengetahui sejumlah informasi yang berkaitan dengan digelarnya Pemilu kali ini.

"Pemilih yang telah terdaftar di dalam Daftar Pemilih (DPT/DPTb/DPK), dapat menyalurkan suaranya dengan membawa Formulir C6 dan datang ke Tempat Pemungutan Suara yang telah ditentukan mulai pukul 07:00 - 13:00 waktu setempat," tulis keterangan dalam laman tersebut.

Selain itu, hasil pencarian tersebut juga memberikan informasi mengenai tata cara Pemilu tahun ini. Tidak hanya itu, pengguna turut diberitahu bahwa dalam Pemilu kali ini diminta untuk memilih lima entitas berbeda.

Entitas yang dimaksud adalah Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, termasuk Anggota DPRD Kabupaten/Kota (kecuali DKI Jakarta).

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Pemilu 2019, pengguna Google dapat mengklik poin-poin yang sudah ditampilkan di bagian selanjutnya. Salah satunya adalah informasi mengenai hal yang harus dibawa ke TPS saat pemilihan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sambut Pemilu 2019, Instagram Rilis Stiker Khusus Karya Anak Bangsa

Jelang digelarnya Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April 2019, Instagram juga meluncurkan stiker khusus guna merayakan pesta demokrasi terbesar di Tanah Air tersebut.

Mulai dari 14 April hingga 17 April 2019, pengguna Instagram di Indonesia dapat membagikan berbagai momen dan cerita mereka tentang Pemilu 2019 dengan cara yang lebih kreatif dan ekspresif.

Menariknya, seluruh stiker tersebut didesain langsung oleh dan untuk anak bangsa Indonesia

"Kami rilis stiker khusus ini agar pengguna dapat terus membagikan pengalaman dan momen penting Pemilu 2019 dengan lebih mudah dan menyenangkan lagi via Instagram," ungkap Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia sebagaimana dilansir Merdeka.com, Minggu (14/4).

3 dari 3 halaman

Gandeng Komikus Indonesia Muda Ternama

Sebagai stiker Pemilu pertama yang meluncur di Indonesia, Instagram berkolaborasi dengan komikus Tanah Air muda ternama, Reza Mustar atau yang lebih dikenal sebagai @komikazer.

Reza sendiri dikenal cukup aktif menggunakan media sosial milik Facebook itu sebagai medium untuk membagikan karya dan aspirasinya terhadap isu-isu sosial.

Sebagai karyanya, Reza membuat tiga pilihan desain stiker sebagai cerminan dari aspirasinya, yaitu Saya Pilih Indonesia, Suara Indonesia, dan Nyoblos Yuk.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.