Sukses

3 Fungsi Processor yang Disebut Sebagai Otak dari Komputer

Fungsi processor adalah otak dari sebuah komputer

Liputan6.com, Jakarta Pada era teknologi saat ini, keberadaan komputer tentu menjadi hal yang sangat penting. Dengan komputer segala pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat.

Dalam kehidupan sehari-hari misalnya, perangkat komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana kerja atau bisnis, sarana komunikasi, sarana hiburan, sarana pendidikan, sarana informasi, sarana usaha dan sarana kontrol terhadap suatu hal.

Bagi kamu yang biasa menggunakan perangkat komputer atau laptop, tentunya sudah tak asing dengan istilah processor ini. Sebuah komputer pasti memiliki processor untuk mendukung operasi keseluruhan perangkatnya.

Processor merupakan komponen yang sangat vital pada komputer. Itulah penyebab mengapa banyak orang yang mengatakan bahwa processor merupakan otak komputer.

Nah, apa saja fungsi processor? Berikut fungsi processor yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komponen Penyusun Processor

Processor adalah komponen komputer yang merupakan otak yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama perangkat komputer lainnya. Satuan kecepatan dalam processor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz). Semakin besar kecepatan suatu processor, maka akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses.

Namun processor tidak sendirian, ia terdiri dari beberapa komponen penyusunnya. Nah, sebelum mengetahui fungsi processor, kenali dulu komponen penyusun processor. Berikut komponen penyusun processor:

1. Control Unit (CU)

Komponen processor yang pertama berperan untuk mengontrol segala aktivitas atau lalu lintas data yang ada pada komputer seperti input dan output. Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output.

2. Aritmatics Logical Unit (ALU)

Komponen processor yang kedua ialah Aritmatics Logical Unit (ALU). Ia berperan untuk melakukan operasi matematika sesuai instruksi yang diberikan oleh user. Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.

3. Register Unit (RU)

Komponen processor yang ketiga ialah Register Unit (RU). Suatu tempat penyimpanan data sementara yang berukuran kecil dan memiliki kecepatan akses yang tinggi.

3 dari 4 halaman

Fungsi Processor

Fungsi processor dalam sebuah komputer mempunyai fungsi yang sangat penting, karena komponen kecil ini menentukan kecepatan performa dari sebuah komputer.

-  Otak dari komputer

Fungsi processor yang paling penting ialah sebagai sebuah otak dari komputer, karena setiap data yang akan diproses akan selalu melewati prosesor. Untuk kemudian diolah dan menghasilkan data-data yang di inginkan dari user atau pengguna.

Processor mengintegrasikan keseluruhan komponen internal seperti komponen chipset, harddisk, RAM, VGA, dan sebagainya. Sehingga keseluruhan komponen tersebut bisa bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing dan saling terhubung satu sama lain. Semua komponen tersebut terhubung dengan adanya komponen processor, jika tidak ada processor maka tidak dapat terintegrasi.

- Menjaga performa komputer

Fungsi processor selanjutnya ialah menjaga performa komputer. Semakin baik kualitas dan juga spesifikasi dari sebuah processor, semakin tinggi pula kualitas dan juga performa dari komputer tersebut.

Semakin banyak inti pada sebuah processor, dan juga semakin tinggi kecepatan processor tersebut, maka sebuah compute akan dianggap menjadi lebih cepat. Maka, seringkali processor dianggap menjadi salah satu indikator dari bagaimana sebuah komputer dapat bekerja

- Mendukung kebutuhan spesifik dari komputer

Untuk kamu yang hobi bermain game, pasti sudah familiar dengan istilah 'greater processor, greater gaming experience'. Ya, serunya bermain game sangat berpengaruh dengan kapasitas dan kecepatan processor dari sebuah komputer.

Hal inilah yang menandakan bahwa fungsi processor untuk mendukung kebutuhan spesifik. Seperti tujuan gaming dengan efek 3D dan suaranya, tujuan desain dan arsitektural atau tujuan sebagai server.

Setiap processor dengan tujuan tersebut memilki kemampuan dan juga spesifikasi yang diciptakan untuk tujuan khusus tersebut. Jadi, dengan adanya processor, maka setiap tujuan spesifik dan juga khusus dari sebuah komputer bisa terlaksana dengan baik.

4 dari 4 halaman

Jenis Processor

Setelah mengetahui fungsi processor, berikut jenis processor yang sering digunakan oleh banyak orang.

  • Intel

Intel adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS.

Jenis prosesor Intel sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Processor Intel memiliki kelebihan Turbo Bost, yang ada pada intel Core 13. care 15, dan core 17. Dengan kemampuan tersebut mampu mempercepat proses kerja komputer.

  • AMD

Perusahaan AMD ini berpusat di Sunnyvale, California Amerika merupakan pesaing terberat dari Intel. Prosesor jenis ini merupakan prosesor paling disukai oleh penggemar Game, karena prosesor jenis AMD dilengkapi dengan VGA Ati Radeon. Kekurangan dari prosesor ini adalah penggunaan daya lebih besar dan mengakibatkan prosesornya lebih cepat panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.