Sukses

Cara Membuat Brosur dengan Photoshop, Cocok Bagi Pemula

Liputan6.com, Jakarta Brosur menjadi salah satu media menyampaikan pesan untuk promosi produk. Brosur berfungsi untuk memberikan informasi produk yang ditawarkan kepada calon konsumen.  Brosur biasanya dibagikan secara cuma-cuma kepada khalayak dengan harapan mereka dapat mengetahui tentang produk tersebut. 

Brosur yang sering ditemukan diantaranya brosur mengenai makanan, pakaian, aksesoris, sekolah, dan lain sebagainya.

Agar mampu menarik target, brosur harus dibuat semenarik dan sekreatif mungkin. Untuk membuat brosur sendiri, sekarang sudah banyak media yang bisa kamu gunakan untuk membuat brosur. Beberapa media membuat brosur dihadirkan untuk pemula bahkan yang sudah pro atau berpengalaman.

Kamu bisa nih memanfaatkan beberapa media aplikasi untuk membuat brosur seperti CorelDraw, Photoshop, Powerpoint, dan juga Microsoft Word. Ya, salah satu aplikasi yang sangat terkenal dalam dunia desain adalah photoshop.

Penggunaan photoshop untuk membuat brosur merupakan alternaif yang sangat disarankan, karena akan membuat desain yang dicetak menjadi menakjubkan. Berikut Liputan6.com, Rabu (13/3/2019) telah merangkum tentang cara membuat brosur dengan photoshop.   

2 dari 6 halaman

Ciri-ciri Brosur yang Menarik Minat Calon Pembeli

Brosur secara umum memiliki kesamaan dalam tujuannya. Berikut ini ciri-ciri brosur yang baik untuk mempromosikan produk usahamu, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

-  Pernyataan pesannya selalu tunggal

-  Dibuatnya brosur bertujuan untuk menginformasikan, mengedukasi, dan membujuk atau mempengaruhi orang atau pelanggan untuk membeli atau mengadopsi pesan yang disampaikan

-  Brosur hanya diterbitkan sekali. Akan tetapi, brosur bisa dicetak ulang berkali-kali dengan diperbarui ataupun tidak.

-  Brosur harus bisa menarik perhatian pelanggan atau khalayak.

- Memiliki sistem distribusi sendiri dan bukan merupakan bagian dari media lainnya

-  Pada hasil cetak brosur harus jelas, serta desainnya harus menarik.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Brosur dengan Photoshop

Pertama-tama, kamu perlu membuat sebuah lembar kerja baru dengan ukuran 297 x 21 cm. Ukuran tersebut merupakan ukuran umum yang digunakan dalam membuat sebuah brosur.

Kamu perlu mengatur resolusinya menjadi 300dpi untuk mendapatkan kualitas hasil cetakan yang mendetail, serta pemilihan warna dengan CMYK.

Tampilan brosur pada umunya hadir dalam bentuk lipatan. Biasanya dalam satu brosur terdapat tiga lipatan. Oleh karena itu, kamu perlu membagi bidangnya ke dalam tiga bagian yang masing-masing berukuran 9,9 x 21 cm.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Brosur dengan Photoshop Bagian Background dan Depan

Setelah membuat ukuran pada bidang brosur, selanjutnya cara membuat brosur dengan photoshop yang perlu kamu lakukan adalah membuat background. Ya, kamu bisa membuat background sederhana dengan menggunakan gradasi warna saja. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu memanfaatkan Layer Style.

Selain memanfaatkan Layer Style, kamu juga bisa menggunakan gambar yang sesuai dengan produkmu. Kalau kamu sudah memiliki gambar produk, kamu bisa menjadikannya sebagai background. Atau kalau kamu belum memiliki gambar sendiri, kamu bisa coba men-download gambar apapun di internet, kemudian menyesuaikan ukurannya untuk dijadikan background dari brosur ini.

Masukkan beberapa gambar yang sesuai dengan produkmu dan atur posisinya sesuai dengan selera kamu. Selain gambar, kamu juga bisa menambahkan font yang sesuai dengan konsep yang kamu miliki agar lebih informative.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Brosur dengan Photoshop Bagian Kedua dan Ketiga

Setelah lembar pertama atau bagian depan sudah selesai diberi background dan tulisan yang sesuai dengan produkmu, selanjutnya akan mengisi pada lembar kedua dan ketiga. Nah, untuk bagian kedua atau tengah ini kamu bisa mengisinya dengan beberapa foto yang lebih detail.

Ya, kamu bisa menambahkan beberapa foto yang menjelaskan tentang produkmu. Kamu bisa mendesainnya dengan menyusun beberapa foto yang diletakkan di bagian kiri kemudian memberikan penjelasan berupa tulisan di sebelah kanannya.

Selain gambar dan tulisan, kamu bisa juga menambahkan beberapa efek yang tersedia, tentunya disesuaikan dengan konsep produkmu, ya.

Di bagian ketiga atau lembar terakhir, kamu bisa menambahkan info lebih detail tentang produkmu seperti lokasi detail beserta denah lokasi dan kontak yang bisa dihubungi.

Agar nampak lebih bervariasi, kamu bisa menambahkan background gambar-gambar yang tentunya disesuaikan dengan jenis produkmu, ya.

6 dari 6 halaman

Menyimpan File Brosur yang Telah Dibuat

Nah, langkah terakhir dalam cara membuat brosur dengan photoshop ini adalah dengan mengekspor file kamu ke PDF. Caranya, buka menu File, Save As, dan pilih Photoshop PDF.

Nah, itu tadi cara membuat brosur dengan photoshop di satu sisi. Cukup mudah, bukan?

Selain brosur satu sisi ini, ada juga cara membuat brosur dengan photoshop yang dibuat dengan dua sisi. Ya, brosur dengan dua sisi ini artinya pada kedua sisinya diisi dengan gambar dan tulisan juga.

Aksi Egg Boy Didukung, Warganet Bikin Meme Kocak
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Gelang dari Tali Sepatu dan Tali Kur, Murah dan Mudah
Artikel Selanjutnya
Mengenal Tanda Baca Al Quran, Penting sebagai Dasar Belajar Mengaji