Sukses

Fungsi CPU pada Komputer, Jangan Cuma Asal Pakai

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan komputer atau laptop sudah tak dapat dilepaskan dalam kehidupan modern saat ini. Dengan komputer segala pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat.

Dalam kehidupan sehari-hari, perangkat komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana kerja atau bisnis, sarana komunikasi, sarana hiburan, sarana pendidikan, sarana informasi, sarana usaha dan sarana kontrol terhadap suatu hal.

Bagi kamu yang biasa menggunakan perangkat komputer atau laptop pasti sudah tak asing dengan istilah CPU. Sebuah komputer pasti memiliki CPU untuk mendukung operasi keseluruhan perangkatnya.

CPU adalah sebuah perangkat keras yang memiliki andil besar dalam pengoperasian sebuah sistem komputer. Pada komputer, CPU biasanya berupa perangkat keras yang dikoneksikan dengan layar monitor untuk mendapatkan perintah-perintah sistem. Pada Laptop atau notebook, CPU sudah terpasang didalam perangkat laptop atau notebook itu sendiri.

Nah bagi yang bukan ahli dalam dunia komputer, banyak yang tak mengetahui lebih jelas mengenai pengertian dan fungsi CPU. Berikut merupakan ulasan seputar pengertian dan fungsi CPU yang berhasil Liputan6.com rangkum dari bebagai sumber Kamis (7/3/2019).

2 dari 4 halaman

Mengenal CPU

CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit, dalam bahasa Indonesia CPU juga disebut Unit Pemroses Sentral atau UPS. Istilah lain dari CPU adalah prosessor.

Secara umum CPU bertugas untuk mengeksekusi perintah dari sebuah perangkat komputer. Bisa dibilang, CPU adalah otak dari sebuah perangkat komputer.

CPU akan memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak sebuah komputer. Kecepatan eksekusi CPU tergantung salah satunya pada frekuensi yang dimiliki, satuan frekuensi dari sebuah CPU adalah MHz (MegaHertz) atau GHz (1 GigaHertz = 1000 MegaHertz).

Semakin tinggi kecepatan processor, maka semakin tinggi dan cepat pula kinerja suatu komputer tersebut. Perusahaan yang terkenal dengan produksi CPUnya adalah INTEL dan AMD.

3 dari 4 halaman

Komponen CPU

Sebuah CPU terdiri dari beberapa komponen yang mendukung kinerjanya. Komponen tersebut seperti unit control, register, ALU, dan interkoneksi.

Unit control bekerja untuk mengatur jalannya program. Unit kontrol akan mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmetika atau perbandingan logika, maka unit control akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan.

Register berperan sebagai alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.

ALU merupakan unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.

Sementara iterkoneksi adalah sistem koneksi yang menghubungkan antaran komponen-komponen yang ada di CPU agar dapat melakukan pekerjaannya sesuai perintah.

4 dari 4 halaman

Fungsi CPU

Fungsi CPU memiliki peran penting dalam berjalannya keseluruhan pengoperasian komputer. Fungsi CPU mirip dengan kalkulator dengan daya pemrosesan yang lebih cepat dan kuat.

Fungsi CPU yang paling utama adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi, perintah dan melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui perangkat keras lainnya untuk menunjang pengoperasian komputer.

Fungsi CPU adalah menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara menerjemahkan instruksi mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer.

Pemrosesan instruksi dalam CPU dibagi atas dua tahap, Tahap-I disebut Instruction Fetch, sedangkan Tahap-II disebut Instruction Execute. Selama Tahap-I Control Unit mengambil data atau instruksi dari main-memory ke register, sedangkan selama Tahap-II Control Unit menghantarkan data atau instruksi dari register ke main-memory untuk ditampung di MAA, setelah Instruction Fetch dilakukan. Cara Kerja CPU

Cara kerja CPU dapat dengan mudah dipahami setelah mengetahui komponen dan fungsi CPU. Saat data atau perintah dimasukkan ke prosesor, data atau perintah ditempatkan melalui input storage di MMA. Jika berbentuk perintah akan diteruskan oleh unit control, namun jika berupa data akan ditampung oleh working storage.

Jika register siap untuk mengeksekusi perintah, unit control akan menyalurkan perintah dari program storage ke register. Jika berdasar instruksi pengerjaan yang berupa aritmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan.

Setelah hasil pengolahan telah selesai, maka unit kontrol akan mengambil hasil pengolahan di Akumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage.

Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka unit kontrol akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Fungsi Paru-paru Manusia dan Asupan Makanan Untuk Menjaga Tetap Sehat
Artikel Selanjutnya
Cara Merawat Kelinci dengan Baik Agar Berumur Panjang