Sukses

Kematian Akibat Smartphone Sentuh Angka Tertinggi Selama 30 Tahun Terakhir

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hanya menyetir saja yang tidak diperbolehkan menggunakan smartphone, berjalan kaki pun bisa berbahaya jika kita sambil memainkannya.

Permasalahannya, penggunaan smartphone ketika berjalan kaki juga menaikkan angka kematian.

Menurut informasi yang dilansir dari The Wall Street Journal, pada 2018, angka kematian pejalan kaki naik hingga 6.227 kecelakaan.

Angka ini tertinggi dalam 30 tahun terakhir. Angka tersebut pun statistiknya menjadi yang tercepat jika dibandingkan dengan kecelakaan terkait lalu-lintas lainnya.

Sejak 2009, tahun di mana iOS dan Android diperkenalkan, dalam 8 tahun saja angka kecelakaan pejalan kaki naik hingga 45 persen.

Jadi, angka kematian akibat terlalu lalai dalam berjalan kaki kini sudah tak bisa diabaikan.

Menurut yayasan non-profit Governors Highway Safety Association, beberapa hal yang bisa diubah agar para pejalan kaki dapat lebih awas, seperti memperbaiki pencahayaan di tempat yang rawan kecelakaan, serta memberi sinyal merah tanda bahaya di penyeberangan jalan.

Namun, semua itu harusnya tak perlu dilakukan jika Anda berjalan tanpa melihat smartphone kamu dan lebih melihat lingkungan sekitar. 

2 dari 3 halaman

Ini Efek Buruk Smartphone ke Otak dan Tubuh Anda

Tidak diragukan lagi kalau smartphone merupakan gadget praktis yang mudah dibawa kemana-mana.

Selain mendapatkan fungsi mempermudah pekerjaan, terdapat suatu kebanggaan pula bila bisa memiliki smartphone jenis terbaru.

Gadget ini benar-benar telah mengubah gaya hidup manusia. Karenanya, kita sangat menikmati kebebasan dalam menjaga kedekatan kita dengan orang lain dimana pun.

 

3 dari 3 halaman

Hal yang Harus Diwaspadai

Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi, kesehatan juga berpengaruh terhadapnya. Melansir dari Lifehack, Jumat (11/3/2016) berikut adalah fakta yang perlu Anda waspadai mengenai smartphone Anda.

Mempengaruhi kesehatan psikologis Anda:

1. Interaksi sosial Anda

Penggunaan smartphone dapat dengan efektif membunuh mood dan kenyamanan hati Anda, terutama jika Anda berada di dalam dalam percakapan grup. Hal tersebut bisa menyita perhatian Anda daripada lingkungan sekitar Anda.

Jelas hal ini mengurangi kemampuan kognitif dalam bersosialisasi dengan orang lain dan bisa membuat Anda jadi pribadi yang tertutup.

2. Menurunkan daya ingat

Smartphone merupakan salah satu alat untuk mengabadikan momen-momen berharga di dalam hidup Anda. Pada porsi yang sama, alat tersebut menurunkan daya ingat Anda.

Hal ini dikarenakan para pengguna smartphone terlalu menggantungkan kebutuhannya pada gadget sehingga tidak berusaha untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Termasuk mengingat sesuatu hal.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: