Sukses

Cara Screenshot Samsung J5 dan J Series, Praktis Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara screenshot Samsung J5 cukup mudah dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Samsung merupakan perusahaan smartphone asal Korea Selatan yang berhasil menduduki peringkat pertama di dunia. Sebagai salah satu vendor nomor satu dunia, Samsung telah menghadirkan banyak smartphone setiap tahunnya mulai dari Galaxy S, Galaxy A, hingga Galaxy J series untuk bisa menjangkau berbagai segmen.

Screenshot atau mengambil gambar pada smartphone merupakan salah satu aktivitas yang biasa digunakan oleh para pengguna gadget. Namun, terkadang kebanyakan orang justru bingung cara mengambil gambar atau melakukan screenshot.

Berikut cara screenshot Samsung J5 yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cara screenshot menggunakan Power Plus Home

Cara screenshot Samsung J5 dan J series yang pertama adalah menggunakan power + home. Cara screenshot Samsung J5 yang satu ini adalah cara yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang. Selain paling sering, cara ini juga menjadi cara yang termudah. Berikut cara screenshot Samsung J5 menggunakan power + home:

- Cara screenshot Samsung J5 pertama, kamu tentukan bagian mana yang akan kamu screenshot.

- Setelah kamu menentukan bagian mana yang ingin kamu ambil screenshot, tekanlah tombol home dan tombol power secara bersamaan.

- Cara screenshot Samsung J5 setelah kamu menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan, tunggulah sampai ponsel Samsung J series kamu merespon. Ponsel kamu akan merespon apakah screenshot berhasil atau gagal ditandai dengan adanya flash, atau getaran.

3 dari 6 halaman

2. Cara screenshot menggunakan Palm-Swipe Gesture

Cara screenshot Samsung J5 yang satu ini juga sangatlah mudah, simpel, dan menyenangkan. Dengan menggunakan cara palm-swipe gesture, kamu tidak perlu repot-repot untuk menekan tombol apapun.

Kamu hanya perlu menggeser atau swipe tangan atau jari Anda pada layar ponsel, maka screenshot dengan sangat mudah diambil. Tapi, kamu sebelumnya harus mengaktifkan palm-swipe gesture terlebih dahulu.

- Caranya sangat mudah, kamu cukup buka menu setting kemudian pilihlah menu motion.

- Pada menu motion pilihlah fitur hand motion.

- Kemudian aktifkan fitur palm-swipe gesture.

- Cara screenshot Samsung J5 selanjutnya kamu bisa membuka bagian atau gambar yang ingin kamu ambil. Cobalah untuk meng-swipe atau menggeser dengan tangan ataupun jari pada layar. Setelah itu smartphone akan memberikan respon flash yang artinya kamu berhasil untuk melakukan screenshot dengan cara palm-swipe gesture.

Fitur ini hanya tersedia untuk Samsung S9 dan S9+, Samsung Galaxy S8 dan S8+, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge, Samsung Galaxy Note 5, Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy 5, Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy S3. Juga pada Samsung Galaxy Note 4, Note 3, Note 2 dan Galaxy Note serta beberapa Samsung galaxy yang diproduksi di atas tahun 2013.

4 dari 6 halaman

Cara screenshot Samsung S8 dan S9

Sekarang ini banyak model smartphone Samsung yang baru tanpa ada tombol home di depan, seperti Samsung S8 dan S9.

1. Cara Screenshot Samsung kombinasi tombol Volume + Power: Buka apa pun yang ingin di screenshot. Cukup tekan dan tahan tombol power dan tombol volume turun bersamaan sampai suara rana kamera terdengar dan hasil gambar screenshot ditampilkan di layar.

2. Cara Screenshot Samsung, Bixby: Ini mungkin cara paling sederhana untuk mengambil screenshot di Samsung S8 dan S9. Aktifkan Bixby dengan mengucapkan “Hai, Bixby” atau dengan tombol Bixby. Cukup perintahkan asisten virtual ini dengan mengatakan “Take a screenshot”.

Setelah mengambil tangkapan layar maka pilihan selanjutnya meliputi Draw, Crop and Share yang akan ditampilkan di bagian bawah layar. Ada juga pilihan yang disebut “Scroll Capture”.

Jika tidak melihat opsi tersebut setelah mengambil tangkapan layar, lakukan pengaturan terlebih dulu dengan masuk ke menu Settings Advanced features dan aktifkan Smart Capture.

Scroll Capture adalah fitur yang sangat berguna yang memungkinkan pengguna menangkap tangkapan layar lebih dari sekedar apa yang ada di layar dalam satu gambar. Fitur ini dapat digunakan untuk menangkap keseluruhan halaman web atau daftar panjang dari beberapa aplikasi.

5 dari 6 halaman

Cara screenshot Samsung Scroll screenshot untuk selain S8 dan S9

Fitur ini tidak dimiliki oleh semua hp samsung. Kebanyakan yang memilikinya adalah yang punya spesifikasi cukup tinggi selain Samsung S8 dan S9. misalnya Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge.

1. Cara Screenshot Samsung scroll screenshot adalah dengan masuk ke menu Settings

2. Cara Screenshot Samsung scroll screenshot selanjutnya pilih Advanced Features

3. Aktifkan Smart Capture. Jadi cara screenshot panjang di smartphone samsung tidak membutuhkan bantuan aplikasi.

6 dari 6 halaman

Rekomendasi aplikasi screenshoot Android

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan screenshot, ada beberapa aplikasi screenshot paling populer untuk Android.

1. Screenshot Easy

2. Touchshot

3. Screenshot

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini