Sukses

Gamer Akan Bisa Main Gim Lawas Sony di PlayStation 5?

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki tahun kelimanya pada 2019, fans setia konsol PlayStation 4 (PS4) bertanya-tanya tentang kapan Sony meluncurkan konsol penerus PS4 itu.

Walau hingga saat ini Sony masih belum mengungkap informasi detail, sebuah paten berhubungan dengan Sony baru saja muncul di internet.

Disebutkan, PlayStation 5 (PS5) akan dapat memainkan seluruh gim lawas yang pernah muncul di konsol PS--sebuah fitur yang dinanti fans setianya, kutip dari Techspot, Rabu (6/2/2019).

Paten itu dirancang oleh arsitek utama PS4, yakni Mark Cerny. Secara teori, pemilik konsol PS5 akan bisa memainkan gim-gim yang pernah muncul di konsol milik Sony, termasuk PS4, PS3, PS2, dan PSone.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara 'menipu' software gim berjalan pada perangkat aslinya--konsol PS4, PS3, PS2, atau PSone, sebuah proses yang di dalam paten itu disebut sebagai "processor ID spoofing."

Dijabarkan, kemampuan ini akan meniru kemampuan hardware konsol lama, dan memungkinkan software lama untuk dapat dimainkan menggunakan hardware yang baru, atau lebih tepatnya di konsol PS5.

Bila benar, cukup menarik melihat bagaimana tim R&D (research and development) Sony mengoprek arsitektur PlayStation 3 yang terkenal sangat rumit.

Perlu diingat, meski perusahaan asal Jepang itu mengajukan paten untuk sebuah merek dagang, bukan berarti mereka akan mewujudkan seluruh hal yang termasuk di dalam paten PS5 tersebut.

2 dari 3 halaman

Keceplosan Ungkap PS5?

E3 2016 akan jadi ajang tepat konsol baru muncul. (Playstation.de)

Lebih lanjut, Sony mungkin saja 'keceplosan' mengungkap kehadiran PS5 lewat peluncuran theme (tampilan menu) liburan baru untuk PS4 yang bertuliskan "HAPPY HOLIDAYS PLAYSTATION."

Jika diperhatikan gambar di atas dengan seksama, huruf "S" di kata PlayStation tampak seperti sebuah angka 5.

Belum diketahui apakah perbedaan huruf "S" tersebut akibat dari perbedaan font, atau ini merupakan cara perusahaan membocorkan informasi kehadiran konsol PS5 dalam waktu dekat ini. Demikian seperti dikutip Gamespot, Rabu (26/12/2018).

3 dari 3 halaman

PS5 Belum Perlu Dirilis?

PlayStation 4.5 akan tampil dengan prosesor lebih tinggi dan dukungan 4K (google.com)

Berkaca dari bagaimana masing-masing perusahaan pembuat konsol (Sony, Microsoft, dan Nintendo) yang berlomba-lomba untuk lebih unggul dari pesaingnya.

Saat ini, Sony tampaknya belum memiliki alasan untuk meluncurkan konsol terbarunya di pasaran.

Bagaimanapun juga, PS4 merupakan salah satu konsol gim paling sukses saat ini.

Selain itu, PS4 juga memiliki beberapa judul gim eksklusif yang bakal meluncur dalam waktu dekat ini, termasuk Death Stranding buatan Hideo Kojima, dan The Last of Us: Part 2.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Lihat, Aksi Maling Terekam CCTV

Tutup Video
Loading
Artikel Selanjutnya
Spesifikasi PS5 dan Xbox One Teranyar Bocor di Internet, Pakai RAM 12GB?
Artikel Selanjutnya
PlayStation 5 Bakal Dukung 4K dengan Framerate 240 FPS?