Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

Samsung Galaxy M20, Smartphone dengan Baterai Jumbo dan Harga Terjangkau

Liputan6.com, Jakarta Samsung telah meluncurkan model smartphone terbaru Galaxy M di India pada 28 Januari 2019. Galaxy M digadang-gadang menjadi perangkat Samsung yang dijual dengan harga terjangkau. 

Smartphone murah Samsung, yakni Galaxy M, juga telah lolos sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian. Ia bakal jadi penantang smartphone Xiaomi yang juga telah mendapatkan sertifikat TKDN pada 23 Januari 2019 silam.

Salah satu produk Galaxy M yang telah mendapatkan TKDN adalah Samsung Galaxy M20 dengan tingkat kandungan local 31,10 persen. Dengan didapatkannya sertifikat TKDN, bahwa perusahaan Korea Selatan ini bakal merilis Galaxy M ke pasar Indonesia.

Oleh karena itu, Galaxy M akan menjadi lini smartphone perdana Samsung yang menggunakan notch, setelah Galaxy A8s. Namun, pada seri Galaxy M ini, Samsung menggunakan desain notch yang diberi nama Infinity-V.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung Galaxy M10

Samsung Galaxy M10 merupakan rangkaian seri M yang paling murah. Smartphone ini memiliki layar 6,2 inci dengan panel layar jenis IPS LCD, serta mendukung resolusi HD+.

Pada desainnya, smartphone ini menggunakan konsep layar berponi dengan model waterdrop yang disebut-sebut sebagai Infinity-V notch oleh Samsung.

Kapasitas baterai yang ditanamkan ke dalam smartphone ini sebesar 3.400 mAh. Dilengkapi dengan dua varian RAM/ROM yang tersedia untuk seri ini yaitu 2 GB/16 GB dan 3 GB/32 GB.

Sedangkan kamera dibekali kamera ganda dengan kombinasi 13 MP dan 5 MP. Tak kalah dengan kamera belakangnya, kekuatan kamera selfie-nya didukung dengan 5 MP. Memiliki sistem operasi Android 8.1 Oreo yang bisa diperbarui ke Android 9.0 Pie.

Untuk harga Samsung Galaxy M10 yang masih menggunakan enam init prosesor dan spesifikasi kamera di bawah rata-rata, maka Samsung seri ini dibanderol dengan harga mulai Rp 1,5 juta.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung Galaxy M20

Kalau tadi Samsung seri M dengan harga termurahnya, berikut ini merupakan seri Samsung M dengan harga di atas M10. Tawaran yang paling menarik dari Galaxy M20 ini adalah memiliki kapasitas baterai yang mencapai 5.000 mAh. Jarang banget nih Samsung membekali smartphone dengan kapasitas baterai di atas 4.000 mAh.

Bukan itu saja yang menjadi nilai plus, dengan mengusung baterai jumbo, pengisian daya baterainya pun juga sudah mendukung fast charging.

Pada Samsung Galaxy M20 ini, memiliki ukuran dan resolusi layar yang tentunya lebih besar dari Galaxy M10, ya. Layarnya yang berukuran 6,3 ini dan resolusi IPS LCD.

Kamera utama dari Galaxy M20 sama dengan Galaxy M10, sama-sama menggunakan kamera ganda dengan kombinasi 13 MP dan 5 MP. Namun yang berbeda pada kamera depannya, dengan 8 MP. Lebih tinggi dari Galaxy M10.

Kalau Galaxy M10 menggunakan Exynos 7872 dengan arsitektur hexa-core, lain halnya dengan Galaxy M20. Galaxy M20 menggunakan chipset jenis Exynos 7904 dengan arsitektur octa-core yang secara pemrosesan sudah sangat efisien daripada hexa-core. Kapasitas RAM/ROM yang ditawarkan yaitu 3 GB/32 GB dan 4 GB/64 GB.

Memiliki spesifikasi di atas rata-rata dengan tawaran kapasitas baterai yang besar, maka smartphone ini dikabarkan akan dijual dengan harga Rp 2,1 juta.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung Galaxy M30

Kalau Galaxy M20 unggul dengan kapasitas baterainya yang besar, maka pada M30 ditambah keunggulannya dengan menambahkan susunan trikamera di bagian kamera belakang. Baterai yang ditanamkan juga sama dengan Galaxy M20, yaitu 5.000 mAh.

Bayangkan saja, kamera belakang Galaxy M30 dibekali dengan kombinasi tiga kamera dengan masing-masing resolusi 13 MP, 5 MP, dan 5 MP. Kamera depannya juga sudah dua kali lipat lebih besar dari Galaxy M20, yaitu 16 MP.

Namun, layar M30 tidak berbeda jauh dari M20. Ukurannya hanya sedikit lebih lebar, yaitu 6.3 inci dan bertipe IPS LCD juga.

Untuk chipset-nya sendiri, Galaxy M30 sudah berjenis octa-core dengan menggunakan operasi Android 9.0 Pie. Hanya tersedia satu varian RAM/ROM unutk Galaxy M30 ini, yaitu 4 GB/64 GB.

Memiliki segudang kelebihan atau merupakan smartphone dengan banyak kelebihan dari seri M, maka nggak heran kalau smartphone ini dibanderol dengan harga yang paling mahal. Anda perlu mempersiapkan kisaran uang sebesar Rp 3 jutaan untuk memiliki rangkaian seri M dari Samsung ini.

Nah, dari serangkaian Samsung Galaxy M ini, mana yang akan menjadi pilihanmu?

Loading
Artikel Selanjutnya
Deretan Smartphone Anyar dengan Kamera 48MP, Pilih Mana?
Artikel Selanjutnya
Simak Keseruan Event First Sale OPPO Reno2 F di Surabaya yang Berjalan Sukses