Sukses

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android Tanpa Root, Aman dan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Pernah enggak sih kamu, lagi asyiknya browsing terus ada iklan yang tiba-tiba muncul di handphone kamu? Tentu pernah kan, pasti merasa sebal karena proses browsing pun jadi tidak nyaman. Untuk kamu pengguna smartphone android yang pernah mengalami atau sedang mengalami hal tersebut, berarti kamu sedang terkena malware. Apa sih malware itu?

Malware adalah sebuah program yang sengaja diciptakan untuk merusak, menggandakan, mencuri, menghapus, menyembunyikan, atau mengubah data. Tak hanya itu, terkadang malware sering menghabiskan paket data dan daya baterai. Sehingga, virus malware bisa menyebabkan perangkat Android sering bermasalah, nge-hang, dan sebagainya.

Nah, bagaimana cara menghilangkan iklan di hp android atau malware? Sebelum kamu mengetahui cara menghilangkan iklan di hp android atau malware, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri yang biasanya ditimbulkan oleh virus malware pada perangkat Androidmu.

2 dari 4 halaman

Ciri-ciri virus Malware

Berikut ciri-ciri yang biasa ditimbulkan oleh malware yang dapat kamu kenali:

1. Pemakaian data internet yang lebih besar daripada biasanya.

Kebanyakan malware dibuat untuk mencuri data dari korbannya, seperti daftar kontak, nomor kartu kredit, dan data lainnya. Jika malware berhasil mencurinya, malware akan mengirim data tersebut melalui internet tanpa sepengatahuanmu. Sehingga, secara otomatis kuota data internet kamu akan cepat habis daripada biasanya. Sungguh merugikan bukan?

2. Performa HP Android menjadi lambat.

Apakah kamu merasakan HP kamu terasa lambat performanya? Bisa jadi ini adalah ulah malware. Karena banyaknya aktivitas tersembunyi yang dilakukan oleh malware, maka hal tersebut membuat HP Android kamu menjadi lambat. Selain itu, virus malware bisa menjadi penyebab Android cepat panas yang berujung pada performa HP Androidmu.

3. Baterai HP cepat habis.

Baru dipakai sebentar kok tahu-tahu sudah lowbat? Nah, kamu perlu waspada, jika baterai HP kamu mulai cepat habis. Baterai HP Android yang cepat habis sebenarnya dapat diakali dengan berbagai cara menghemat baterai Android. Namun jika baterai HP Android kamu ternyata masih tetap boros, bisa jadi malware adalah sumber masalahnya.

4. Sering terputus ketika sedang menelepon.

Panggilan telepon yang putus karena sinyal buruk adalah hal biasa. Namun jika hal tersebut terjadi ketika sinyal jaringan kamu bagus, maka bisa jadi hal tersebut adalah ulah dari malware.

Yang lebih berbahaya lagi jika malware tersebut merupakan program yang disisipkan pada aplikasi lain, sehingga aplikasi lain ikut terkena imbas dari malware dan malware semakin menyebar sehingga potensi kerusakan pada smartphone Android menjadi tinggi. Jika sudah begitu, tentu saja kita harus melakukan tindakan untuk menghentikan akibatnya.

Oleh karena itu, penting untuk kamu mengetahui cara menghilangkan iklan di HP Android. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/1/2019) cara menghilangkan iklan di hp android yang bisa kamu coba.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Iklan di Hp Android Tanpa Root

1. Cara Menghilangkan Iklan di Hp Android

Menggunakan Browser Google ChromePada browser Google Chrome terdapat fitur yang bisa kamu atur sesuai keinginan, sehingga kamu bisa dengan mudah menghilangkan iklan di Android tanpa harus melakukan rooting. Fitur keren untuk mengilangkan iklan tersebut bisa kamu akses dengan melakukan beberapa langkah mudah ini:

Buka Google Chrome di ponsel kamu, kemudian masuk ke opsi

Setelah itu, klik titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Settings, jika Android kamu menggunakan bahasa Inggris

Kemudian pilih Site Settings > Pop Ups > Pilih Blocked

Jika android kamu menggunakan bahasa Indoneisa pilih Seting > Setelan Situs > Munculan/ Pop Up > Pilih diblokir

2. Cara Menghilangkan Iklan di Hp Android dengan AdBlock Browser

Jika kamu bukan pengguna Chrome dan tidak mau ribet melakukan setelan ini-itu, maka pilihan terbaik bagi kamu adalah menggunakan aplikasi Adblock Browser. Aplikasi ini telah dirancang untuk browsing tanpa iklan. Tidak perlu ribet melakukan setting, cukup install aplikasi ini di play store dan browsing lewat Adblock Browser, maka iklan mengganggu akan hilang.

Dengan aplikasi ini, proses browsing kamu akan lancar tanpa gangguan iklan pop-up yang mengganggu, dan kamutidak akan terkena iklan-iklan yang membuatmu naik darah. Kamu bisa mengunduh aplikasi Adblock Browser di Google PlayStore, secara Gratis!

4 dari 4 halaman

Menghilangkan Iklan di HP lewat Pengaturan

3. Cara Menghilangkan Iklan di Hp Android dengan Atur Security Setting

Langkah ketiga ini, khusus untuk kamu yang malas mendownload aplikasi. Kamu bisa mangatur security setting atau keamanan di ponsel kamu. Langsung saja, kamu bisa mematikan pengaturan yang memungkinkan smartphone kamu memasang aplikasi dari luar Play Store. Caranya dengan masuk ke Security Setting, kemudian pilih “jangan izinkan peng-install-an aplikasi dari sumber yang tak jelas”. Selesai. Amat sangat mudah bukan?

Setelah mengikuti langkah diatas maka kamu perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini agar terhindar dari malware ataupun iklan di hp perangkatmu.

Perbarui aplikasi setelah update-nya tersedia di Google Play. Biasanya, setiap aplikasi menyediakan update, mereka disertai dengan peningkatan keamanan dan perlindungan terhadap data penggunanya.

Periksa seluruh izin aplikasi sebelum kamu mengunduhnya. Jika izin tak berkaitan dengan aplikasi tersebut, carilah aplikasi lain untuk diunduh.

Saat memakai Wi-Fi umum, gunakan VPN untuk melindungi data kamu.

Uraian diatas adalah cara menghilangkan iklan di hp android yang bisa kamu praktikan. Mudah bukan? Selamat mencoba!

Ngeri, Pertarungan Hebat Dua Komodo di Pulau Rinca

Tutup Video