Sukses

Sempat Berhenti, Apple Kembali Jual iPhone SE

Sempat menghentikan penjualan, Apple diam-diam menjual iPhone SE kembali via laman web perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa dari kamu pasti masih ingat dengan pernyataan Apple yang tidak akan menjual iPhone SE, usai peluncuran smartphone terbarunya tahun lalu.

Selain iPhone SE, perusahaan juga menghentikan produksi iPhone X dan iPhone 6s. Apple pun menghapus ketiga ponsel itu dari website perusahaan.

Namun, tampaknya perusahaan besutan Steve Jobs itu diam-diam menjual kembali iPhone SE.

Dilansir Macrumors, Senin (21/1/2019), Apple menjual iPhone SE dengan memori internal 32GB dan 128GB seharga US$349 (sekira Rp 4,9 juta) dan US$449 (sekira 6,4 juta) di laman webnya.

Informasi, Apple pertama kali meluncurkan iPhone SE pada Maret 2016 dan langsung populer di kalangan pengguna yang tidak suka memiliki smartphone berlayar besar.

Mengingat Apple diam-diam mendaftarkan kembali iPhone SE untuk dijual lagi, kemungkinan perusahaan ingin membuang sisa persedian di gudang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apple Tak Lagi Produksi iPhone X, 6s, dan SE

(sumber: Apple)

Peluncuran trio iPhone terbaru, iPhone XS, XS Max, dan XR, ternyata harus membuat Apple mengorbankan sederet iPhone lawasnya.

Dilansir Ubergizmo pada Kamis (20/9/2019), dengan dirilisnya ketiga iPhone generasi anyar tersebut, Apple harus menyetop produksi iPhone 6s, 6s Plus, dan SE.

Yang mengejutkan lagi, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini juga memutuskan untuk mengakhiri produksi iPhone X. Padahal, iPhone X sendiri terbilang baru, mengingat smartphone itu dirilis pada tahun lalu.

Pantauan Tekno Liputan6.com, semua seri iPhone yang disebutkan di atas, tak bisa lagi dibeli di toko online resmi milik Apple mulai sekarang.

Ini artinya, Apple memang tidak akan menjual semua iPhone tersebut. Memang, masih ada kesempatan untuk membeli iPhone itu di toko ritel non resmi selagi masih ada.

Sekadar informasi, iPhone 6s, 6s Plus, dan SE adalah seri iPhone terakhir Apple yang mengusung lubang headphone jack 3,5 mm.

Pada seri iPhone 7 dan 7 Plus, Apple memutuskan untuk menghilangkannya, dan mengganti lubang lightning port sebagai colokan untuk memasang adaptor yang dihubungkan ke earphone.

3 dari 3 halaman

iPhone SE Diklaim Jadi Smartphone Termurah Apple

Sesuai dengan rumor yang beredar, desain iPhone SE tetap setia dengan konsep iPhone 5/5s. Sementara spesifikasinya sama dengan iPhone 6s.

iPhone SE dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk versi 16GB saja, iPhone SE dipatok US$ 399 (setara dengan Rp 5,2 juta) dalam versi unlocked alias tanpa kontrak operator.

Meski masih dalam kategori harga di atas Rp 5 juta, iPhone SE rupanya diklaim menjadi smartphone termurah Apple.

Seperti dilansir Forbes, Rabu (23/3/2016), seorang pakar teknologi Mark Rogowsky mengatakan Apple tidak pernah mematok harga serendah itu untuk produk terbarunya.

"Harga ini memang belum bisa dikatakan terjangkau karena smartphone Android sudah ada yang dibanderol di bawah harga US$ 100 (Rp 3 juta)," kata Rogowsky.

"Sementara, smartphone bagus seperti seri Moto G saja sudah bisa dibeli dengan harga US$ 200 (Rp 4 juta), tetapi iPhone SE memang dinilai paling murah untuk ukuran Apple."

Meski murah, Rogowsky berasumsi ini merupakan salah satu strategi Apple untuk bisa menyentuh konsumen yang tidak bisa membeli poerangkat iPhone dengan harga yang tinggi. 

Oleh karena itu, Apple mengakalinya dengan mengemas smartphone 4 inci yang desainnya sama persis iPhone 5/5s, namun memiliki spesifikasi mumpuni sekelas iPhone 6s.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.