Sukses

Smartphone Kamu Mati Total? Berikut 5 Cara Mudah Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu mimpi buruk yang terkadang dihadapi pengguna smartphone Android adalah ketika perangkatnya tidak dapat menyala atau mati total. Ambil contoh, tampilan layar hanya hitam padahal tombol power sudah ditekan cukup lama.

Melihat kondisi tersebut, wajar jika kamu panik dan frustasi. Alasannya, smartphone saat ini sudah menjadi perangkat utama yang digunakan tak cuma untuk berkomunikasi, tetapi juga menyimpan foto atau hal penting lain.

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa smartphone Android tiba-tiba mati dan tidak menyala lagi.

Oleh sebab itu, dengan mengetahui penyebabnya, kamu dapat pula menemukan solusi yang tepat untuk masalah tersebut.

Nah, untuk mengetahui penyebab dan solusi dari smartphone Android yang tiba-tiba mati dan tidak menyala, simak solusi berikut ini seperti dikutip dari Make Use Of, Selasa (15/1/2019).

1. Masalah pada Charger

Dalam sejumlah kasus, masalah pada charger menjadi penyebab smartphone tidak dapat diisi ulang sehingga tidak bisa menyala. Oleh sebab itu, ada beberapa cara untuk mengatasi charger yang bermasalah.

Cara pertama, kamu dapat mengecek debu dan kotoran yang ada di port charger. Selain itu, pastikan apakah kabel charger-mu baik-baik saja. Jika tidak, kamu perlu mengganti kabel tersebut.

2 dari 3 halaman

2. Lakukan Power Cycle

Saat smartphone tiba-tiba tidak merespon dan tidak menyala, cara yang dapat kamu lakukan adalah melakukan power cycle.

Maksudnya, kamu perlu mencabut sumber dayanya langsung, yakni baterai.

Apabila smartphone-mu memiliki baterai removable, kamu cukup mencabutnya dan tunggu beberapa detik sebelum memasukkanya kembali. Setelah itu, kamu dapat mencoba untuk menyalakannya kembali.

Sementara bagi kamu yang memiliki smartphone dengan baterai non-removable, ada sedikit trik untuk melakukan power cycle.

Kamu harus menekan dan menahan tombol power selama beberapa detik, kira-kira 10 hingga 30 detik.

3. Cek Kondisi Baterai

Selain dua di atas, ada kemungkinan baterai menjadi penyebab smartphone-mu tidak dapat menyala. Seperti diketahui, baterai di smartphone memiliki masa hidup dan setiap tahun kualitasnya terus menurun.

Oleh sebab itu, coba hubungkan smartphone-mu dengan charger dan lihat respon yang diberikan. Jika saat dihubungkan ke charger, ikon baterai muncul berarti tidak ada masalah.

Namun, jika saat dihubungkan tidak ada respon, berarti ada masalah dengan baterai smartphone-mu. Nah, cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti baterai.

3 dari 3 halaman

4. Periksa Layar

Tidak hanya masalah daya, ada kemungkinan masalah lain terjadi pada layarmu. Tidak jarang, smartphone yang tidak dapat menyala tiba-tiba disebabkan masalah pada layar.

Sebagai cara untuk mengetahui apakah layar bermasalah atau tidak, kamu cukup menekan tombol Power selama 30 detik dan tunggu reaksinya.

Apabila layar tidak menampilkan proses boot, ada kemungkinan memang layarmu bermasalah.

Sama seperti pada baterai, cara untuk mengatasi masalah pada layar adalah dengan menggantinya. Namun perlu diingat, untuk mengganti layar sebaiknya diserahkan pada pihak profesional.

5. Reset Perangkat Android-mu

Setelah mencoba salah satu cara di atas, ada kemungkinan smartphone-mu dapat menyala kembali.

Namun terkadang, smartphone-mu tidak dapat masuk ke proses boot atau ke menu awal.

Salah satu penyebab masalah ini biasanya karena ada ROM yang bermasalah. Solusi untuk mengatasi ini adalah dengan melakukan reset perangkat Android-mu.

Kendati demikian, pastikan terlebih dulu bahwa datamu sudah di-backup.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Mobil Angkut Tabung Gas Meledak, Sopir Tewas
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Ampuh agar Smartphone Kamu Enggak Bergantung pada Powerbank
Artikel Selanjutnya
5 Trik Mudah Bikin Foto Bokeh dengan Smartphone Android