Sukses

5 Trik Mudah Bikin Foto Bokeh dengan Smartphone Android

Liputan6.com, Jakarta - Tren foto bokeh harus diakui tengah menjamur di smartphone Android. Alasannya, bukan tidak lain karena foto yang dihasilkan lebih menarik dan menonjol karena objek utama dibuat lebih fokus.

Sayang, efek bokeh biasanya dibuat dengan memanfaatkan dua lensa di smartphone. Hal itu perlu dilakukan karena dibutuhkan lensa untuk menangkap depth-of-field gambar.

Kendati demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk mendapatkan hasil foto bokeh menggunakan satu kamera di smartphone. Penasaran seperti apa caranya? Berikut ini tips untuk melakukannya.

1. Mendekat dengan Objek Foto

Syarat dari foto bokeh adalah objek yang memenuhi frame. Karenanya, kamu perlu mendekat objek foto yang hendak dipotret.

Pastikan jarak kamera smartphone dengan objek foto setidaknya 1,5 sampai 2,5 meter. Setelah itu, kamu harus mengatur jarak objek dengan latar belakang .

Jadi, hindari latar belakang yang terlalu dekat dengan objek. Pada dasarnya, semakin jauh jarak latar belakang, semakin blur foto bokeh yang didapatkan.

2 dari 3 halaman

2. Hindari Banyak Objek Foto dan Latar Belakang Ramai

Untuk mengoptimalkan foto bokeh, kamu harus menghindari terlalu banyak objek yang berada dalam satu frame.

Selain itu, pastikan semua objek berada dalam posisi yang sejajar. Apabila ingin melakukan foto grup, sebaiknya dilakukan dalam jumlah kecil, seperti dua atau tiga orang saja.

3. Pilih Tap Objek dan Gunakan Fokus Manual

Agar dapat mendapatkan hasil optimal, kamu harus mengatur fokus objek terlebih. Kamu dapat melakukan tap pada objek yang ingin dijadikan fokus.

Dalam beberapa smartphone, kamu juga dapat memanfaatkan fitur fokus manual. Dengan fitur ini, kamu dapat mengatur tingkat blur dan jarak fokus smartphone.

Sebagai catatan, kamu juga perlu mengatur komposisi foto dengan menerapkan rule of third. Untuk membantu, kamu perlu mengaktifkan grid pada layar sebagai acuan.

3 dari 3 halaman

4. Pakai Fitur Lens Blur di Google Camera

Tidak hanya cara di atas, kamu juga memanfaatkan fitur Lens Blur yang ada di aplikasi Google Camera. Namun sebelumnya, kamu perlu mengambil jarak 1,5 meter dari objek.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu cukup mengikuti petunjuk yang ditampilkan di layar. Meski tak terlalu sempurna, cara ini dapat kamu gunakan apabila tidak ingin mendapatkan hasil foto bokeh tanpa repot.

5. Pakai Aplikasi Pihak Ketiga

Cara terakhir yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan hasil foto bokeh adalah memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Terlebih, sejumlah smartphone Android saat ini sudah dibekali kamera mumpuni.

Sejumlah aplikasi yang dapat kamu pakai adalah AfterFocus, PicsArt, dan Lens Blur. Dari sejumlah aplikasi tersebut kamu dapat memilih yang sesuai kebutuhan.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading