Sukses

10 Kelebihan dan Kelemahan HP Xiaomi, Harga Murah dengan Spesifikasi Canggih

Liputan6.com, Jakarta Setiap handphone (HP) pasti memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Begitu juga dengan HP Xiaomi. Bahkan kelebihan dan kelemahan HP Xiaomi cukup menjadi sorotan publik, mengingat ponsel ini merupakan favorit banyak orang. Di jajaran hp China Xiaomi memang menjadi salah satu yang paling dikenal dengan jumlah pengguna yang cukup banyak.

Xiaomi merupakan vendor smartphone asal China yang menggunakan logo bertulisakan "MI" yang memiliki makna Mobile Internet. Singkatan ini juga memiliki arti lain yaitu Mission Impossible. Hal ini tak lepas dari HP Xiaomi yang hadir dengan yang murah namun memiliki spesifikasi yang canggih.

Xiaomi sendiri adalah sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 dan saat ini telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di China. Di pasar Indonesia sendiri Xiaomi berhasil menduduki posisi kedua mengalahkan Oppo dan Vivo. Salah satu yang menjadi daya tarik dari HP Xiaomi ini adalah harganya yang cenderung murah. Tidak hanya murah, namun kualitas yang diberikan pun juga baik.

Namun, dibalik larisnya penjualan HP Xiaomi di Indonesia, HP Xiaomi yang dikenal murah tapi canggih ini ternyata memiliki kelebihan dan kelemahan. Buat Anda yang ingin memiliki salah satu HP Xiaomi, sebelum membeli perlu banget memperhatikan kelebihan dan kelemahan HP Xiaomi. Nah, berikut ini Liputan6.com, Rabu (9/1/2019) ulas daftar kelebihan dan kelemahan HP Xiaomi yang dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Kelebihan HP Xiaomi

1. Harga Murah

HP keluaran Xiaomi hampir semuanya ditawarkan dengan harga murah. Bisa dibilang harganya lebih murah dibanding HP dengan spesifikasi yang sama dari vendor lain. Ini merupakan kelebihan HP Xiaomi yang paling menonjol.

Penerapan harga murah ini merupakan hal yang wajar mengingat segmen pasar yang disasar Xiaomi adalah menengah ke bawah.

Usut punya usut, harga HP Xiaomi bisa murah seperti ini karena menggunakan strategi hungry marketing. Hungry marketing adalah cara suatu pengelola/perusahaan membawa produknya ke pasaran dengan harga menarik untuk memikat pelanggan potensial, kemudian membatasi pasokannya. Pembatasan pasokan ini membuat rasa penasaran di pasar, sehingga permintaan naik.

Dalam penerapan strategi tersebut, Xiaomi menggunakan cara penjualan flash sale dengan jumlah barang terbatas.

2. Dukungan Komunitas yang Kuat

Harga HP Xiaomi yang murah lantas membuat orang menjadi penasaran dengan produk asal China ini. Sampai akhirnya ada banyak pengguna HP Xiaomi dan memunculkan komunitas yang disebut dengan Mi Fans.

Hadirnya komunitas Xiaomi ini menjadi salah satu strategi marketing Xiaomi. Xiaomi pun akhirnya lebih memanjakan komunitas dibanding harus melakukan pemasaran ke media. Hal ini terlihat dari diizinkannya para pengguna untuk melakukan root tanpa menghanguskan garansi.

Tidak hanya itu, Xiaomi juga memberikan keuntungan lain bagi komunitasnya. Di mana mereka memanjakan orang-orang di komunitas dengan melibatkannya ke event peluncuran produk Xiaomi. Sudah sering sekali Xiaomi melibatkan Mi Fans dalam peluncuran produk terbarunya. Komunitas ini pun semakin kuat karena tiap daerah membentuk Mi Fans lokal.

3 dari 5 halaman

Hasil produksi perusahaan yang inovatif

3. MIUI

Selain komunitas, kelebihan HP Xiaomi lainnya dapat ditemukan pada perlengkapannya. Xiaomi memiliki MIUI. Merupakan firmware dari Xiaomi, atau yang bisa dibilang sebagai OS yang berbasis Android.

Sebelum Xiaomi terkenal dengan produknya, MIUI lebih dikenal terlebih dahulu. MIUI memiliki tampilan yang mirip dengan iOS pada produk Apple dan TouchWiz milik Samsung. MIUI juga memiliki berbagai aplikasi yang tidak tersedia pada sistem operasi Android bawaan, karena tampilan MIUI ini HP Xiaomi semakin banyak digandrungi.

4. Diproduksi oleh Perusahaan Inovatif

Xiaomi banyak melakukan gebrakan dalam perkembangan teknologinya. Hal itu membuat Xiaomi banyak dilirik dan diperbincangkan. Bahkan Xiaomi mampu mengungguli perusahaan besar seperti Dell, Honda, Intel dan Huawei.

Diakui sebagai perusahaan yang inovatif, dapat dikatakan produk dari Xiaomi khususnya HP memiliki value yang tinggi. Hal inilah yang membuat Xiaomi terkenal tidak hanya di Indonesia, melainkan juga dunia.

5. Desain HP yang Elegan

Kelebihan HP Xiaomi selanjutnya terletak pada sektor desain. HP yang diproduksi oleh Xiaomi hadir dengan desain yang unik nan elegan. Xiaomi tidak meniru desain HP yang melebihi Xiaomi. Desain yang dirancang untuk HP Xiaomi ini ingin menunjukkan identitas agar dikenali dan menjadi kelebihan tersendiri dari HP Xiaomi lainnya.

4 dari 5 halaman

Kelemahan HP Xiaomi

Meski memiliki banyak kelebihan, ponsel ini juga tak luput dari kekurangan. Nah, berikut ini beberapa kelemahan HP Xiaomi.

1. Permasalahan Hardware dan Software

Bagi Anda yang ingin memiliki ponsel ini harap memperhatikan kelemahan Hp Xiaomi ini. Pasalnya, meski kecil kekurangan ini bisa berakibat fatal. Misalnya HP panas pada Xiaomi Redmi 2. Ada juga kasus Xiaomi Mi A1, HP pertama Xiaomi yang menggunakan stock Android.

2. Terlalu Banyak Distributor

Di balik kepopuleran Xiaomi di Indonesia, banyak tipe HP yang akhirnya masuk melalui jalur yang tidak resmi atau biasa disebut dengan garansi distributor. Xiaomi dengan tipe ini tidak memiliki garansi resmi dari Xiaomi Indonesia, melainkan hanya garansi dari distributor. Imbasnya, jika ada kendala atau kerusakan pada HP Xiaomi tidak akan bisa diperbaiki di gerai resmi.

3. ROM Abal-abal

Kalau Anda membeli HP Xiaomi dengan garansi resmi maka tidak akan mendapatkan ROM yang abal-abal. Tapi berbeda kasus jika lewat distributor, karena ada ROM abal-abal, meski tidak semuanya. Tapi rata-rata HP Xiaomi dengan garansi distributor menggunakan ROM abal-abal.

Hadirnya HP Xiaomi dengan ROM abal-abal ini merupakan efek dari terbatasnya jumlah ponsel Xiaomi yang masuk ke Indonesia, padahal permintaanya cukup tinggi. Untuk menyiasati hal tersebut, banyak distributor yang mengambil langsung HP Xiaomi langsung dari China dan agar bisa dibawa ke Indonesia maka ROM-nya diganti menjadi versi distributor atau abal-abal. Jika begini maka Anda tidak bisa melakukan upgrade MIUI. Banyaknya ROM Abal-abal ini merupakan kelemahan HP Xiaomi yang patut diwaspadai.

5 dari 5 halaman

Harga jual anjlok

4. Build Quality Kurang Solid

Kelemahan HP Xiaomi selanjutnya adalah memiliki build quality yang kurang. Terdapat beberapa build quality yang kurang solid, namun belakangan ini pihak Xiaomi melakukan perbaikan pada build quality-nya.

5. Harga Jual Rendah

Jika Anda berniat menjual kembali HP Xiaomi lamamu, maka sebaiknya tidak berharap banyak soal harganya. Pasalnya, harga jual HP Xiaomi lama dikenal cukup anjlok. Ini dikarenakan Xiaomi sering mengeluarkan hp baru.

Penurunan HP Xiaomi bekas dengan garansi resmi sekitar 30 persen. Namun harga jual kembali HP Xiaomi dengan garansi distributor sangat rendah.

 

Reporter: Nisa Mutia Sari

Beri Makan Kucing Pakai Mulut, Bibir Perempuan Ini Digigit

Tutup Video