Sukses

7 Trik Jepretan Fotografi Berkualitas Cuma dengan Ponsel

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak momen yang sangat disayangkan bila terlewat begitu saja sehingga setiap momen perlu diabadikan. Nah, mengabadikan setiap momen dengan kamera ponsel tentunya sudah biasa dilakukan banyak orang.

Akan tetapi, tak sedikit orang yang beranggapan bahwa kamera ponsel tidak memadai untuk menghasilkan foto dengan kualitas baik.

Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak kamera ponsel yang tak kalah canggih bila dibandingkan dengan kamera mirrorless atau DSLR sekali pun.

Tentunya untuk menghasilkan jepretan foto yang berkualitas menggunakan ponsel layaknya kamera profesional, membutuhkan usaha yang lebih disertai teknik dan trik.

Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin menghasilkan foto kece dengan kamera ponsel, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pastikan Pencahayaan Cukup

Tahukah kamu bahwa fotografi dalam arti yang sesungguhnya adalah “melukis dengan cahaya”? Oleh karena itu, cahaya merupakan salah satu komponen terpenting dalam memotret.

Sebelum membidik objek yang ingin diabadikan, pastikan pencahayaan yang meliputi objek cukup terang.

Jika merasa ruangan tak cukup terang, gunakan flash. Namun, perlu diingat bahwa jarak efektif flash hanyalah sekitar 2-3 meter.

2 dari 4 halaman

2. Jaga Kestabilan Kamera

Hasil foto yang diabadikan akan semakin bagus jika memotretnya dengan stabil. Agar hasil foto stabil atau tidak buram, usahakan tangan kamu tidak goyang atau gemetar saat memotret.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan tripod untuk menyangga ponsel agar hasil foto lebih stabil dan berkualitas.

3. Dekati Objeknya, Jangan Zoom

Salah satu kesalahan yang sering terjadi saat memotret dengan kamera ponsel adalah hasil foto yang blurry (buram). Hasil foto yang tidak jelas seperti ini biasanya karena kamu menggunakan zoom.

Bila menggunakan zoom, bukannya membuat foto semakin jelas, hasil foto malah menjadi buram dan pecah.

Untuk mengatasinya, posisikan diri kamu pada jarak yang cukup di mana seluruh bidikan terkena kamera ponsel kamu tanpa zoom.

3 dari 4 halaman

4. Bidik dari Berbagai Angle

Sudut atau angle pemotretan tentunya sangat memengaruhi hasil foto. Jika kamu memotret dari sudut potret yang biasa, hasil foto juga akan biasa saja.

Cobalah untuk membidik objek dari berbagai sudut yang tidak biasa dan beragam guna mendapatkan hasil foto dengan sentuhan yang unik dan berbeda.

5. Manfaatkan High Resolution

Sekarang ini umumnya kamera ponsel sudah tersedia fitur yang membolehkan kamu memilih resolusi gambar yang ingin digunakan. Untuk menghasilkan kualitas yang baik, pilihlah resolusi yang tinggi sebelum memotret.

Akan tetapi, kamu perlu mengecek terlebih dahulu kapasitas memori pada ponsel. Sebab semakin tinggi resolusi yang dipilih, semakin besar pula ukuran file dari hasil foto kamu.

4 dari 4 halaman

6. Percantik dengan Aplikasi Photo Editor

Hasil foto akan semakin kece jika kamu beri sentuhan berbagai filter pada aplikasi photo editor yang bisa diunduh di ponsel.

Selain sentuhan filter, kamu juga bisa menyempurnakan hasil potret dengan mengatur brightness, contrast, hingga cropping.

Akan tetapi, dalam mengedit foto jangan terlalu berlebihan sehingga menghilangkan originalitas hasil foto. Ingatlah bahwa photo editor hanya untuk mempercantik, bukan mengubah.

7. Dapatkan Hasil Foto yang Memuaskan Hanya dari Ponsel

Kini Anda sudah tahu trik-trik jitu dalam mengabadikan momen dengan kamera ponsel. Akan tetapi, keindahan dalam foto terletak pada kemampuan mengabadikan momen dengan bereksperimen melalui berbagai komposisi yang berbeda dalam satu frame.

Jangan takut untuk memotret sesering mungkin untuk mengasah kemampuan fotografi Anda. Semakin sering memotret, makin baik pula hasilnya. Jangan lupa terapkan juga trik-trik jitu di atas ya!

Menjajal Tol Trans Jawa dengan Bus Tingkat

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ingin Berkarier di Dunia Seni? Ini Caranya
Artikel Selanjutnya
Tips Analisis Keuangan Agar Keluarga Harmonis