Sukses

5G Masuk Indonesia, Ini Dampak yang Bakal Dirasakan

Teknologi 5G dipastikan akan membawa perubahan yang cukup signifikan terhadap pengguna internet di Indonesia.

Liputan6.com, Ubud - Teknologi 5G dipastikan akan membawa perubahan yang cukup signifikan terhadap pengguna internet di Indonesia.

Meski penerapan teknologi internet super cepat tersebut belum bisa diaplikasikan dalam waktu dekat, Senior Expert ICT Strategy & Business Huawei Indonesia, Mohamad Rosidi mengakui ada beberapa aspek yang bakal mendapat dampak paling besar. Industri 4.0 berbasis IoT (Internet of Things) salah satunya.

Kehadiran 5G akan mempengaruhi efisiensi dalam digitalisasi industri tersebut. Dengan mengedepankan manufacturing berbasis otomasi robotik yang terintegrasi, niscaya produktivitas akan meningkat.

"Kemudian kita bicara mengenai tracking. Yang paling gampang misalnya pada rental mobil. Dengan adanya teknologi 5G, sekian banyak mobil akan lebih mudah dilacak. Dampaknya luar biasa," ujar dia saat ditemui di Media Camp Huawei, Ubud pada Rabu (19/12/2018).

Dia juga melanjutkan bahwa 5G nantinya akan memengaruhi bidang agrobisnis.

Jumlah petani serta lahan yang semakin berkurang, kelak akan terbantu dengan teknologi tersebut.

Tak jauh berbeda dengan industri 4.0, diharapkan produktivitas akan meningkat dengan adanya 5G.

"Salah satu idenya adalah bagaimana kita menaruh IOD. Dengan itu kita tahu bagaimana pH tanahnya, kapan harus dipupuk, kapan tanah itu pH-nya naik, itu dengan bisa diketahui dengan konektivitas serta dibantu dengan big data dari 5G," tambah Rosid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Skenario Huawei dalam Pemanfaatan 5G

Di sisi lain, Huawei juga telah menyiapkan empat skenario pemanfaatan 5G nantinya.

Pemanfaatan realitas virtual (Virtual Reality, VR) dan realitas buatan (Augmented Reality, AR) akan menjadi salah satu skenario tersebut.

Pemanfaatan VR misalnya, telah diujicobakan pada ajang Piala Dunia 2018.

Pada saat itu, sejumlah media pemegang hak siar menggelar siaran multi-kamera yang memberikan pengalaman berbeda bagi penonton di negara-negara tertentu.

Sementara AR, dapat diaplikasikan pada kacamata polisi yang dapat mengenali wajah, kendaraan, kartu identitas saat tengah bertugas.

Skenario alat transportasi dengan pengemudi otomatis juga dapat menjadi perhatian.

Pemanfaatan shuttle bus intra kompleks di tempat umum seperti kampus, tempat wisata, bandar udara, serta pelabuhan adalah contoh skenario tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Konsep Rumah Digital

Tak hanya itu, kapasitas data besar yang didukung oleh teknologi 5G juga dapat diwujudkan dalam bentuk konsep rumah digital dengan siaran televisi berbasis internet protocol (IPTV) beresolusi 4K, gim berbasis VR, juga integrasi sistem keamanan dan utilitas rumah berbasis IoT.

"Skenario terakhir, Industri 4.0 dengan mengedepanan otomasi robotik terintegrasi serta sensoring dalam produktivitas. Ini semua skenario yang telah kami rancang untuk mendukung dunia serba cerdas tersebut," pungkasnya.

(Sulung Lahitani/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.