Sukses

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 5S, Masih Diburu hingga Kini

Liputan6.com, Jakarta iPhone 5S dirilis Apple pada tahun 2013 lalu. Artinya, smartphone ini sudah beredar di pasaran sejak 5 tahun lalu. Kendati demikian iPhone 5S masih menjadi buruan. Padahal iPhone 5S ini versi barunya sudah tak beredar secara resmi. Artinya di pasaran ponsel ini hanya tersedia iPhone 5S second.

Hal ini tentu tak lepas dari spesifikasi yang mumpuni yang dimiliki iPhone 5S. Kelebihan iPhone 5S ini datang dengan berbagai kelebihan baru dibandingkan dengan iPhone generasi sebelumnya, yaitu dari segi kamera dan juga prosesor. Di banyak kasus, bahkan performa iPhone 5S ini bisa lebih baik dari Android keluaran yang lebih baru.

Kendati smartphone ini hadir dengan spesifikasi yang mewah, namun nyatanya iPhone 5S juga memiliki kelebihan dan kekurangan lho. Nah, berikut ini Liputan6 rangkum dari berbagai sumber, kelebihan dan kekurangan iPhone 5s.

2 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan iPhone 5S dari sektor desain dan tampilan

Kelebihan iPhone terkenal sebagai vendor yang mengkreasikan berbagai desain yang jadi trendsetter. Begitu juga dengan kelebihan iPhone 5s yang memiliki desain yang terlihat mewah dan elegan, sama seperti produk Apple yang lainnya. Bagian pinggir bergaris tegas dengan warna emas membuatnya terlihat premium. Selain itu dengan frame metal dan ketebalan yang pas, iPhone 5S nampak elegan dibanding banyak kompetitor di kelasnya.

iPhone ini memiliki dimensi berukuran 123.8 x 58.6 x 7.6 mm dan beratnya mencapai 112 gram. iPhone 5S hadir dengan layar IPS LCD dengan bentang 4 inci. Kelebihan iPhone 5s dari segi layar adalah sudah ditambahkan dengan lapisan Corning Gorilla Glass + oleophobic coating. Layar tersebut beresolusi 136x640 pixels dengan kerapatan 326 ppi. Dengan resolusi tesebut warna yang dihasilkan pun tajam dan jernih. Rasio layar 16:9 membuat tampilan iPhone 5S semakin nyaman saat digunakan.

3 dari 7 halaman

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 5S dari segi dapur pacu

Kelebihan iPhone 5S adalah satu smartphone pertama yang mengusung prosesor quad-core 64bit dengan kecepatan clock 1.3GHz dengan ARMv8 Dual Core. Prosesor A7 besutan Apple ini memiliki performa dan kinerja grafis dua kali lebih cepat ketimbang generasi iPhone sebelumnya. Selain itu juga terdapat prosesor 'gandengan' dari A7 yakni M7 yang menangani berbagai fitur baru bawaan iPhone seperti accelerometer, gyroscope, dan lainnya.

Untuk kinerja yang powerful proseseor tersebut dipadukan dengan RAM DDR3 sebesar 1 GB. Sedangkan untuk memori penyimpanannya ditawarkan dalam tiga pilihan kapasitas, 16/32/64 GB.

iPhone 5S ini disematkan iOS versi 7. iOS ini memiliki warna dan tampilan yang lebih modern jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. iOS versi ini juga user friendly sehingga mudah digunakan.

4 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan iPhone 5s dari segi baterai

Untuk menunjang kinerjanya, iPhone 5S dibekali baterai berdaya 1560 mAh yang bisa bertahan 10 Jam saat dalam kondisi 3G. Salah satu kekurangan iPhone 5S ialah pada jenis baterai yang diusungnya merupakan jenis baterai pendam. Sehingga ketika baterai smartphone ini rusak, diharuskan mengunjungi service center untuk melepas dan menggantinya dengan yang baru.

5 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan iPhone 5s dari sektor kamera

Kamera menjadi salah satu kelebihan iPhone 5S yang paling utama, dengan mengusung sensor paling besar ketimbang smartphone sekelas dan dengan tahun lahir sama, sehingga foto yang dihasilkan pun lebih superior. Bahkan, salah satu kelebihan iPhone 5S yang mungkin tak banyak dimiliki smartphone-smartphone zaman sekarang adalah kemampuan merekam video slow-motion dengan frame-rate 120 fps di resolusi HD.

iPhone 5S dibekali kamera beresolusi 8MP dengan aperture f/2.2 serta dilengkapi autofocus, dual LED flash3. Smartphone ini memiliki kamera dengan performa terbaik di kondisi kurang cahaya atau low-light sehingga foto yang dihasilkan pun lebih superior. Untuk flash, kelebihan iPhone 5S memiliki fitur baru yakni True Tone Flash yang mampu manganalisis cahaya sekitar dan menyesuaikan kekuatan flash sehingga cahaya flash yang menerpa kita nampak alami.

Kekurangan iPhone 5S dari sektor fotografi terletak pada kamera depan yang resolusinya hanya 1,2 MP. Ukuran tersebut dirasa standar dan kurang memanjakan para penikmat selfie.

6 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan dari sektor fitur pendukung

Salah satu kelebihan iPhone 5S adalah fitur Apple Pay yang bisa jadi platform cashless. Selain itu iPhone 5S memiliki skema purna jual Apple yang dianggap terbaik. Dengan membayar AppleCare yang merupakan semacam asuransi, biaya-biaya reparasi jika iPhone rusak bisa dipangkas.

Kelebihan iPhone 5S ini juga telah dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol home. iPhone 5S juga sudah dilengkapi berbagai teknologi seperti GPS, WiFi Hotspot, TV Out, Gyroscope, serta koneksi 4G LTE.

7 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan iPhone 5S

Kelebihan iPhone 5s

1. iPhone 5S hadir menjadi smartphone pertama di dunia yang dilengkapi prosesor 64 bit dalam bentuk chip Apple A7. Apple mengklaim bahwa prosesor ini memiliki kinerja olah data dan grafis dua kali lebih kencang dibandingkan pendahulunya, Apple A6 pada iPhone 5. Ponsel ini juga mampu menjalankan judul-judul software 32-bit yang didesain untuk pendahulunya.

2. iPhone 5S memiliki prosesor pendamping untuk memantau sensor gerak. Di samping prosesor utama A7, Apple juga turut membenamkan prosesor pendamping bernama M7. Tugasnya adalah secara khusus menangani input dari berbagai macam sensor di iPhone tersebut, termasuk accelerometer, gyroscope, dan kompas. Prosesor pendamping ini mengurangi beban pemrosesan dari prosesor utama dan membuka kemungkinan pemanfaatan oleh aplikasi-aplikasi navigasi dan kesehatan, misalnya Nike+ Move.

3. Kelebihan iPhone 5s dari segi kamera "iSight" baru. Unit kamera pada iPhone 5S memiliki sensor yang ukurannya 15 persen lebih besar dibandingkan pendahulunya. Sensor yang lebih besar ini turut memperbesar ukuran tiap-tiap fotodioda (pixel) yang pada gilirannya meningkatkan kualitas foto yang dihasilkan.

4. iPhone 5s dilengkapi flash dengan dua warna yang secara otomatis mampu menyesuaikan keluaran white balance dari flash sehingga selaras dengan kondisi cahaya lingkungan. Selain itu, ada juga kemampuan merekam video slow-motion dengan frame rate 120 FPS pada resolusi 1280 x 720.

5. Untuk keamanan, iPhone 5s sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jari. tombol ini dibuat dari bahan safir yang anti-gores dan mampu memindai sidik jari pengguna dari berbagai arah.

 

Kekurangan iPhone 5s

1. Ukuran layar yang tidak berubah

Di saat kompetitor sedang berlomba-lomba untuk menghadirkan ponsel pintar dengan bentang layar sebesar mungkin, Apple tidak bergeming dengan ukuran yang ada sekarang. Ukuran layar iPhone 5S tidak berubah dari iPhone 5S, yaitu sama-sama 4 inci. Ukuran tersebut hanya setengah inci lebih besar dibandingkan iPhone 4S.

2. Ukuran baterai terlalu kecil jika disandingkan dengan prosesornya yang serba canggih

Dengan prosesor yang lebih cepat tentunya akan membuat iPhone 5S lebih bertenaga dan tentunya akan mengonsumsi daya baterai yang lebih besar.

4. Tidak ada model dengan kapasitas yang lebih besar

Kekurangan iPhone 5S hanya hadir dalam kapasitas 16, 32, dan 64 GB. Sayangnya, ia tidak dipersenjatai dengan kapasitas yang lebih besar dari itu, seperti 128 GB. Padahal, sudah banyak ponsel berbasis Android yang telah dilengkapi dengan dukungan terhadap kartu microSD berkapasitas hingga 64 GB.

5. Hanya mendukung Single SIM saja.