Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Neo 7, Smartphone Entry Level

Liputan6.com, Jakarta Oppo merupakan merk smartphone asal China ini sangat terkenal di Indonesia dengan fitur unggulannya dalam hal kamera selfie dan harganya yang cukup terjangkau. Komitmen tersebut dituangkan dengan hadirnya Oppo Neo 7 yang ramah di kantong namun memiliki dapur pacu yang tangguh. Kendati demikian kelebihan dan kekurangan Oppo Neo 7 harus anda perhatikan jika ingin memboyong ponsel ini.

Meski terhitung sebagai merk baru di pasar smartphone Tanah Air, Oppo langsung membuktikan diri sebagai penguasa pasar ponsel pintar terbesar di Tanah Air. Terbukti sejak tahun 2017 lalu, market share Oppo terus mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Bahkan dari lembaga riset pasar Canalys untuk kuartal I-2018 di Indonesia, Oppo berhasil menduduki peringkat tiga dengan penjualan mencapai angka 1,5 juta unit.

Sejak awal kehadirannya, Oppo membangun kekuatannya pada teknologi selfie expert dan camera phone. Dengan mengusung slogan 'Selfie Expert' Oppo menempatkan dirinya khusus merancang teknologi fotografi selfie. Menariknya, selain mengandalkan kemampuan kamera ponselnya untuk bersaing dengan kompetitor lain, Oppo juga hadir dengan harga yang terjangkau. Seperti Oppo Neo 7.

Oppo Neo 7 resmi diluncurkan pada bulan 5 Oktober 2015. Melalui pameran gadget dan tekno yang dilaksanakan di beberapa Negara, Oppo Neo 7 sengaja ditempatkan di pasar gadget kelas entry level. Dibandingkan dengan keluaran yang sebelumnya, Oppo Neo 7 ini membawa perbaikan pada beberapa sektor. Kendati demikian masih ada beberapa kekurangan Oppo Neo 7 yang masih ditemukan. Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com ulas kelebihan dan kekurangan Oppo Neo 7 yang dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (08/12/2018).

2 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Oppo Neo 7 pada sektor desain dan layar

Dilihat dari kualitas desain body, kelebihan Oppo Neo 7 adalah memiliki kualitas desain yang menawan dengan berbagai sentuhan mewah khas Opppo. Sebagai perangkat yang ditujukan untuk kalangan entry level, Oppo Neo 7 membawa desain premium yang cukup menggiurkan. Casing belakang dari Oppo Neo 7 ini telah menggunakan lapisan optik dan serat kaca untuk meningkatkan elastisitas dan kekuatannya, selain itu dengan proses laminating khusus membuat Neo 7 ini terlihat halus dan bisa memantulkan cahaya seperti cermin.

Kelebihan Oppo Neo 7 menawarkan penampilan cantik dan elegan dengan bodi ramping berketebalan hanya 7.6 mm saja sehingga menghasilkan kesan slim dan stylish. Oppo Neo 7 ini hadir dalam varian warna biru dan putih dipermanis bingkai berwarna gold dan silver. Dimensi Oppo Neo 7 mencapai 142.7 x 71.7 mm dan menawarkan bobot yang lumayan ringan, yakni hanya 141 gram.

Pada bagian layarnya, Oppo Neo 7 membawakan bentang layar dalam diagonal 5 inchi. Kekurangan Oppo Neo 7 hanya memiliki resolusi layar resolusi 540 x 960 pixels dengan kepadatan layarnya 220 ppi. Resolusi yang ditawarkan smartphone ini terlalu rendah mengingat banyak kompetitor lain yang sudah menggunakan resolusi layar yang lebih tinggi.

Kelebihan Oppo Neo 7 lainnya adalah penggunaan panel layar IPS LCD capacitive touchscreen 16 juta warna yang memiliki sudut pandang luas dan mengasilkan tampilan layar cemerlang. Layar Oppo Neo 7 juga sudah mendukung fitur multitouch dan antarmuka Color OS 2.1 sehingga tampilan layar akan semakin terlihat canggih.

3 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Oppo Neo 7 dari segi performa

Kelebihan Oppo Neo 7 ditenagai dengan mesin yang cukup canggih karena membawa prosesor berkekuatan Quad-core yang mampu melaju hingga kecepatan 1.3 GHz Cortex-A7, mesin tersebut bahkan diselaraskan dengan chipset MediaTek MT6582. Dengan adanya mesin bertenaga seperti itu, maka pengguna akan merasakan ponsel yang responsif, dan multitasking. Untuk mendukung performa mesinnya tersebut, smartphone Oppo Neo 7 ini juga dibekali dengan sistem Android v5.1 Lollipop.

Sementara kekurangan Oppo Neo 7 dari sektor ini terletak pada grafis yang ditawarkan. Pasalnya, smartphone ini hanya mengandalkan GPU Adreno 306. Selain itu, ponsel ini hadir dengan dibekali RAM berkapasitas kecil, yakni hanya 1 GB. Kapasitsa RAM yang terlalu kecil tersebut merupakan kekurangan Oppo Neo 7. Pasalnya, dengan kapastias RAM tersebut, membuat aktivitas gadget tidak maksimal dan akan sering lag saat menjalankan banyak aplikasi.

4 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Oppo Neo 7 pada sektor kamera

Untuk sektor fotografi, Oppo Neo 7 ini telah disematkan dual kamera. Kelebihan Oppo Neo 7 dari segi fotografi terdapat lensa berukuran 8 MP atau setara dengan 3264 x 2448 pixels. Dengan dukungan teknologi back-illuminated sensor serta bidang peka cahaya hingga 1/4 inci, bukaan diafragma F/2.0 yang memungkinkan lebih banyak cahaya masuk. Adanya dukungan fitur ini maka memungkinkan Oppo Neo 7 dapat menghasilkan gambar yang memukau seperti yang diinginkan. Kamera utamanya tersebut didukung dengan beberapa fitur seperti Autofocus, Touch Focus, 1/4” sensor size, Geo-Tagging, LED Flash, Face Detection dan HDR sehingga hasil jepretan kameranya jernih, tajam dan terlihat natural.

Sementara untuk kamera depan, terdapat lensa dengan ukuran 5 MP dengan Screen Flash dalam aperture F/2.4 yang memiliki sudut pandang lebih luas. Kehadiran fitur Screen Flash ini merupakan kelebihan Oppo Neo 7. Fitur ini membuat layar smartphone akan menjadi pengganti LED Flash saat Anda mengambil gambar dengan kamera depan dalam kondisi gelap atau minim pencahayaan.

5 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Oppo Neo 7 pada konektivitas

Kelebihan Oppo Neo 7 didukung jaringan 4G LTE dengan kecepatan internet yang cukup cepat dalam speed LTE Cat4 150/50 Mbps sehingga lebih nyaman saat browsing dan streaming video langsung. Selain itu Oppo Neo 7 ini didukung jaringan 3G HSDPA dengan speed internet HSPA 42.2/5.76 Mbps.

Tak hanya itu kelebihan Oppo Neo 7 hadir dalam Dual SIM bertipe Nano dan Micro yang dapat disiagakan bersama. Konektivitas Oppo Neo 7 juga didukung dengan Wi-Fi, Hotspot, Bluetooth, microUSB, GPS navigasi dan browser.

Untuk menyimpan segala bentuk file termasuk musik, foto, video, aplikasi dan lain sebagainya, tersedia kapasitas penyimpanan internal yang sangat luas yakni 16 GB dengan kemampuan ekspansi memori hingga 128 GB.

6 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Oppo Neo 7 dari segi Baterai

Pada sektor baterai, kelebihan Oppo Neo 7 mengandalkan sumber daya baterai dengan teknologi Li-Po (Lithium-Polymer) 2420 mAh. Kekurangan Oppo Neo7 baterai tersebut tertanam dan tidak dapat dilepas pasang.

Namun baterai tersebut mampu menghasilkan waktu siaga hingga 218 jam dan waktu bicara hingga 16 jam lamanya. Sayangnya, kekurangan Oppo Neo 7 dari sektor ini adalah tidak adanya fitur fast charging. Artinya, waktu pengisian ponsel ini memakan waktu yang cukup lama.

7 dari 7 halaman

Rangkuman kelebihan dan kekurangan Oppo Neo 7

Kelebihan Oppo Neo 7:

Jaringan 2G GSM SIM 1 & SIM 2, 3G HSDPA dan 4G LTE

Dual SIM (Nano-SIM/ Micro-SIM)

IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

Ukuran layar 5.0 inches

Android OS, v5.1 (Lollipop)

Chipset Mediatek MT6582 – 3G model atau Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 – 4G model

Prosesor Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 – 3G model atau Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 – 4G model

MicroSD, up to 128 GB (32 GB for 3G model) dan 16 GB,

Kamera utama 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus,

Kamera depan 5 MP dengan LED flash

Kapasitas baterai Non-removable Li-Po 2420 mAh

 

Kekurangan Oppo Neo 7:

Resolusi layar 540 x 960 pixels (~220 ppi pixel density)

Tidak memiliki pelindung layarRAM hanya 1 GB

Tidak ada fitur fast charging

Nah, itu tadi rangkuman kelebihan dan kekurangan Oppo Neo 7. Dengan melihat spesifikasi yang disematkan di dalamnya, Anda bisa menentukan apakah ponsel ini sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Loading