Sukses

Menpora ke IeSPA: Pemerintah Akan Dukung Esports

Liputan6.com, Jakarta - Kesuksesan Indonesia dalam penyelenggaraan turnamen esports di Asian Games 2018 beberapa bulan lalu berbuah manis.

Walau hanya sebatas ajang eksibisi, tim esports Tanah Air tampil total bertanding melawan negara-negara yang berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

Alhasil, salah satu gamer Indonesia yang bertanding di kategori gim Hearthstone, Hendry 'Joth3' Handisurya, berhasil meraih medali perak.

Berkaca dari prestasi atlet esports Tanah Air dan sebagai persiapan untuk menyambut SEA Games 2019, Menpora mengundang Pengurus Nasional Perkumpulan Olahraga Elektronik Indonesia (IeSPA) ke kantor Kemenpora di Senayan, Jakarta.

Bertempat di Ruang Kerja Lantai 10 Kemenpora pada Selasa (4/12/2018), Menpora Imam Nahrawi memberi dukungannya mendukung para pengurus IeSPA dalam mengembangkan cabor baru esports di Indonesia.

"Persiapkan dan rencanakan dengan baik, pemerintah akan dukung dan suport secara kebijakan maupun anggaran yang diperlukan, khususnya guna raihan prestasi medali emas untuk kategori esports di SEA Games 2019," kata Menpora dalam keterangan resminya, Rabu (5/12/2018).

2 dari 3 halaman

Jaring Atlet Esports untuk SEA Games 2019

Menpora Imam Nahrawi bertemu dengan para pengurus IeSPA di Senayan, Jakarta, Selasa (4/12/2018). (Doc: IeSPA)

"Esports menjadi salah satu cabor dipertandingkan merupakan kabar gembira, dan ini merupakan momen tepat bagi esports sebagai cabor baru dapat mengibarkan merah putih dan mengumandangkan Indonesia Raya," kata Menpora.

Oleh karenanya, untuk terus menumbuhkembangkan talenta-talenta baru di 2019, akan digelar even Liga Mahasiswa dan Kejuaraan Open antar provinsi guna menjaring atlet yang akan dipertandingkan di SEA Games.

"Atlet esports adalah mereka yang membela Merah-Putih, sehingga perlu dibina dan diperhatikan fisik, mental, dan hal-hal lainnya," ujarnya.

Ia menambahkan, "Pemerintah sangat mendukung penuh adanya kejuaraan esports tingkat nasional ataupun internasional."

Karena hal tersebut, Menpora menargetkan tim esports Indonesia yang bakal bertanding di SEA Games 2019 untuk mampu menjuarai 3 dari 6 cabor esports yang dipertandingkan nanti.

 

3 dari 3 halaman

Isu 6 Judul Gim Esports di SEA Games 2019

Turnamen eSports. (Doc: AFP)

Walau masih belum ada konfirmasi resmi, beberapa sumber menyebutkan kemungkinan besar gim-gim, seperti Mobile Legends, Dota 2, Hearthstone, FIFA, Clash Royale, dan NBA 2K19 bakal dipertandingkan di SEA Games 2019.

"Kita tunggu pengumuman resminya 1-2 minggu kedepan, ini pertama dipertandingkan menjadi cabor resmi di SEA Games 2019," ucap Ketum IeSPA, Eddy Lim.

"Dari kekuatan atlet kita yang sekarang ada, saya 90% lebih optimis mendapat 2-4 medali emas," katanya.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
Pertama Kali, Tiongkok Jadi Tuan Rumah Turnamen Esports Dota 2
Artikel Selanjutnya
Resmi, Mobile Legends Bakal Tampil di SEA Games 2019