Sukses

Gelar TELMIN ke-18, Menkominfo Ajak Menteri TIK ASEAN Tanam Pohon di Ubud

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengajak para menteri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kawasan ASEAN untuk menanam pohon di Ubud, Bali.

Penanaman pohon ini mengawali Telecommunications and Information Technology Ministers Meeting (TELMIN) ke-18, yang digelar di tempat sama pada 5-6 Desember 2018.

Penanaman pohon ini merupakan bentuk kepedulian para pelaku digital terhadap lingkungan. Rudiantara selaku ketua penyelenggara TELMIN pada tahun ini memilih menanam pohon Juet.

Pohon lain yang ditanam termasuk Dewadaru, Buni, Kayu Manis, dan Kepundung.

"Ini merupakan bagian dari ekosistem, dan walaupun kami semua di bidang teknologi, tapi kami juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Jadi yang kami tanam ini adalah tanaman-tanaman langka di Indonesia," kata Rudiantara saat ditemui dalam acara TELMIN ke-18 di Ubud, Bali (5/12/2018).

Penanaman pohon tidak hanya dilakukan oleh 10 menteri di kawasan ASEAN, tapi juga Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU), Houlin Zhao.

 

2 dari 3 halaman

Rapat Lebih Casual

Rudiantara pun sempat berseloroh tentang penanaman pohon merupakan hal yang penting, dan lebih mudah dilakukan ketimbang membangun jaringan fiber optik.

"Ini (menanam pohon) lebih mudah daripada membantun fiber optik," katanya.

Adapun TELMIN ke-18 di gelar di Mandapa, Ritz Carlton, Ubud, Bali. Pemilihan lokasi disebut karena Kemkominfo ingin membuat suasana rapat yang lebih santai, tapi tetap fokus kepada berbagai isu yang dibahas.

"Rapatnya lebih casual, karena yang penting adalah fokus ke substansinya (ekosistem digital di ASEAN)," jelas Rudiantara.

 

3 dari 3 halaman

Enam Sub-isu Prioritas

Dalam pertemuan ini, ada enam sub-isu prioritas yang akan diutamakan oleh Rudiantara, yakni soal layanan Over the Top (OTT), perlindungan data pribadi, literasi digital, transfer data antar negara, revolusi industri 4.0, dan keamanan jaringan.

Tema acara tahunan ini adalah Aiming the Future of Digital Ecosystem for ASEAN prosperity.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
Bahas Ekosistem Digital, Indonesia Gelar Pertemuan Menteri TIK ASEAN di Bali
Artikel Selanjutnya
Kemkominfo Dinilai Tak Adil Soal Revisi PP 82