Sukses

Kreatif dan Menggelitik, Warganet Indonesia Pakai Emoji untuk Rangkai Bahasa Gaul

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan teknologi, penggunaan bahasa semakin berkembang. Berbagai macam kosa kata baru bermunculan karena banyak instrumen baru di media sosial, seperti emoji.

Di dunia maya, kini mulai menjamur bahasa baru yang dianggap 'gaul' oleh sebagian warganet. Bahasa baru tersebut terbilang kreatif, karena menggabungkan huruf dan emoji.

Akun Twitter @partweetcipant pertama kali mengunggah gabungan bahasa unik tersebut. Dia mengeluhkan percakapan yang dibuat di aplikasi chatting WhatsApp.

" t (emoticon api)" adalah tulisan yang barusan dipakai teman WA, sontak membuat ku mensenyapkan story-nya," tulis akun tersebut.

Dari akun tersebut, penggunaan bahasa gabungan itu mulai bermunculan. Akun @RDeridho, membalas komentar @partweetcipant dengan menulis, " Mencoba mere (emoticon kepala sapi) arti emoticon di atas."

Dari balasan cuitan yang muncul, para warganet rupanya tertarik dengan gabungan emoji dan huruf tersebut.

"Kita memang tidak pernah be(emoticon kepala rubah)," tulis @deninohadip.

Lucunya, tak sedikit warganet yang kebingungan. Salah satunya akun @asnikviyanti.

"Aku mikir (emoticon kera)s bacanya," tulis @asniokviyanti.

2 dari 3 halaman

iOS 12.1 Gulirkan 70 Emoji Baru, Apa Saja?

Sistem operasi terbaru Apple, iOS 12, baru saja mendapatkan pembaruan. Pembaruan versi iOS 12.1 ini membawa beberapa perubahan kecil, salah satunya adalah kehadiran 70 jenis emoji baru.

Seperti dilansir BGR, Minggu (7/10/2018), nantinya akan ada lebih dari 70 karakter emoji yang bakal meramaikan iOS 12.1.

Ini artinya, pengguna iPhone dan iPad yang sudah memperbarui sistem operasinya ke iOS 12.1 sudah bisa menjajal deretan emoji anyar ini. Tak cuma itu, emoji baru ini nanti juga akan tersedia di sistem operasi macOS dan watchOS.

Adapun 70 jenis emoji baru tersebut hadir dalam desain baru dan unik. Mulai dari emoji kepala botak, orang kasmaran, sepatu hiking, moon cake, softball, skateboard, firesbee, salt shaker, roti bagel, selada, dan beberapa hewan dan serangga seperti rakun, angsa, llama, dan nyamuk.

"Kini, ratusan emoji sudah tersedia lengkap di iOS, watchOS, dan macOS, termasuk emoji smiley, kesetaraan gender, busana, makanan dan minuman, hewan, makhluk misis, dan masih banyak lagi," ujar Apple dalam pernyataan resminya.

"Sementara deretan emoji baru ini sudah disepakati oleh Unicode 11.1. Kami juga telah bekerja sama dengan Unicode Consortium untuk menambah lebih banyak emoji dengan tema disabilitas dalam versi Unicode 12.0 pada tahun depan," tambahnya.

 

3 dari 3 halaman

Ups, iOS 12 Ternyata Sudah Bisa Di-jailbreak

iOS 12 ternyata sudah bisa di-jailbreak. Ini artinya, sistem operasi teranyar besutan Apple untuk iPhone dan iPad itu bisa dikatakan tak sepenuhnya aman. 

Informasi iOS 12 sudah bisa di-jailbreak terkuak dari Pandora Labs, divisi keamanan siber Alibaba.

Hanya dalam kurang dari 24 jam setelah iOS 12 bergulir ke perangkat, Pandora Labs langsung mencoba untuk men-jailbreak iOS 12.

Uji jailbreak sistem operasi ini pun diperlihatkan dalam sebuah video yang bocor di media sosial Weibo.

Dari video tersebut, tim Pandora Labs sukses melakukan jailbreak kepada iOS 12 yang terpasang di perangkat iPhone X. 

Setelah di-jailbreak, software jailbreak iOS 12 mampu terinstal dan me-restart iPhone X. Saat menyala iPhone X yang sudah di-jailbreak memperlihatkan tulisan “Your phone is pwned”.

Meski demikian, tim Pandora Labs tidak mengungkap apakah jailbreak ini sudah bisa dilakukan oleh publik atau tidak. Apple sendiri belum memberikan komentar terkait jailbreak ini.

Reporter: Dream

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
iOS 12.1 Gulirkan 70 Emoji Baru, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
Asyik, Stiker Gemas Gboard Kini Hadir di iOS dan Android