Sukses

Demo Mahasiswa di Kawasan Istana Kepresidenan

Microsoft Siapkan Kontroler Gim untuk Perangkat Mobile

Liputan6.com, Jakarta - Tren gim mobile yang tengah menjamur ternyata memikat Microsoft untuk ikut terjun ke bidang tersebut. Namun bukan sebagai pengembang gim, Microsoft dikabarkan memilih jalur hardware untuk meramaikan pasar gim mobile.

Informasi ini pertama kali diketahui oleh Windows Central yang menemukan Microsoft tengah mengembangkan purwarupa sebuah kontroler untuk perangkat mobile. Keberadaan purwarupa ini terungkap dari jurnal penelitian Microsoft.

Dikutip dari Tech Radar, Rabu (31/10/2018), kontroler ini berfungsi untuk menggantikan tombol virtual yang ada di layar sentuh smartphone atau tablet. Jadi, pengguna perangkat mobile dapat merasakan pengalaman bermain gim lebih baik.

Deskrips Microsoft dalam studi menyebut kontroler ini mengombinasikan desain yang ringkas dan mudah dibawa, tapi tetap menawarkan kenyamanan kontroler klasik. Microsoft menuturkan purwarupa kontroler ini dibuat dari busa yang lantas dicetak secara 3D.

Microsoft siap luncurkan kontroler untuk perangkat gim mobile. (Doc: IGN)

Kehadiran kontroler ini, diakui Microsoft, terinspirasi oleh kesuksesan perangkat gim mobile, seperti Nintendo Switch dan PlayStation Portable (PSP). Secara khusus, Microsoft menyebut Switch merupakan bukti keberhasilan gim mobile dengan tombol fisik.

Terlebih, aksesoris kontroler gim mobile yang ada saat ini masih dianggap terlalu besar dan tidak fleksibel. Sayangnya, belum dapat dipastikan apakah Microsoft akan benar-benar merilis aksesoris ini ke publik. 

2 dari 3 halaman

Xbox Generasi Terbaru Bakal Meluncur 2020?

Sebelumnya, Microsoft juga disebut sedang mempersiapkan konsol Xbox generasi terbaru. Berdasarkan rumor yang beredar, Xbox generasi terbaru ini akan meluncur setidaknya dua tahun lagi.

Dikutip dari The Verge, Kepala Divisi Xbox Phil Spencer mengakui perusahaan tengah merancang Xbox generasi selanjutnya. Dari laporan terkini, konsol itu disebut akan merilis pada 2020.

Microsoft sendiri disebut telah menyiapkan konsol ini dengan kode nama 'Scarlett'. Lebih lanjut disebutkan proyek ini tak akan menghadirkan satu perangkat saja, melainkan sebuah platform.

Sayangnya, tidak banyak informasi yang diungkap soal Xbox terbaru ini. Namun ada kemungkinan Microsoft mulai beralih dari sekadar konsol tapi juga menghadirkan layanan streaming gim.

3 dari 3 halaman

Fokus Pada Layanan

Meski perusahaan tak menyebut informasi seputar konsol baru ini, Spencer memastikan pengalaman pengguna akan menjadi perhatian utama perusahaan.

"Kami berkomitmen, kalian akan memiliki pengalaman terbaik saat bermain di Xbox," tuturnya saat berbicara dalam gelaran E3 2018. 

Laporan semacam ini sebenarnya pernah diketahui menjelang gelaran E3 2016. Ketika itu, Microsoft disebut akan memperkenalkan Xbox TV.

Namun, hingga saat ini perangkat mirip Chromecast tersebut tak pernah diperkenalkan. Memiliki kode Project Hobart, perangkat ini awalnya diperuntukkan untuk mengakses gim Xbox One langsung melalui TV.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Microsoft Gulirkan Pratinjau Project xCloud
Artikel Selanjutnya
Yu-Gi-Oh! Duel Links Hadir di Indonesia Comic Con 2019