Sukses

Huawei Nova 2 Lite vs Samsung Galaxy J6. Lebih Keren Mana?

Huawei Nova 2 Lite sering diperbandingkan ponsel sejenis di kelasnya, yaitu Samsung Galaxy J6. Kira-kira lebih keren Huawei Nova 2 Lite atau Samsung Galaxy J6?

Liputan6.com, Jakarta Beberapa bulan yang lalu, Huawei baru saja memperkenalkan seri smartphone terbarunya, yaitu Huawei Nova 2 Lite. Baru lebih kurang enam bulan beredar di pasaran, ponsel ini cukup diminati anak-anak muda.

Bagaimana tidak, Huawei Nova 2 Lite bagaikan paket lengkap untuk kebutuhan teknologi generasi milenial yang dijual dengan harga terjangkau. Mulai dari ukuran layar, dual camera, hingga desainnya dirancang untuk menjawab keinginan anak muda.

Smartphone tersebut semakin digandrungi karena memiliki begitu banyak spesifikasi mumpuni tetapi dapat diperoleh dengan harga yang cukup terjangkau. Harga Huawei Nova 2 Lite sudah turun dari Rp 2.599.000 menjadi Rp 2.299.000. Sangat sesuai dengan kantong anak-anak muda.

Walaupun harganya cukup murah, kualitas Huawei Nova 2 Lite tak kalah dibandingkan pesaing di kelasnya. Smartphone ini cukup sering dibandingkan dengan pesaing di kelasnya, Samsung Galaxy J6 yang dijual seharga Rp 2,9 juta.

Sama-sama menyasar generasi milenial, smartphone manakah yang kira-kira lebih unggul? Apakah Huawei Nova 2 Lite atau Samsung Galaxy J6? Yuk, kita cari tahu jawabannya!

Ukuran layar Huawei Nova 2 Lite vs Samsung Galaxy J6

Samsung Galaxy J6 memiliki layar infinity display dengan bingkai (bezel) tipis berukuran 5,9 inch dengan aspek rasio 18,5:9. Layarnya ini juga dilengkapi dengan panel super AMOLED, dengan sensitifitas touchscreen yang cukup baik.

Lebih lanjut, layar Samsung Galaxy J6 juga difasilitasi dengan resolusi gambar HD plus 720x1480 pixel. Fitur ini pun mampu memberikan pengalaman visual yang cukup jernih dan tajam bagi pengguna.

Sementara itu, Huawei Nova 2 Lite mengusung tema FullView Display. Ukuran layarnya tak jauh berbeda dengan Samsung J6 , yaitu 5,99 inch dan aspek rasio 18:9 inch. Namun demikian, ponsel ini memiliki bingkai bezel-less, sehingga mampu menghasilkan tampilan 12,5 persen lebih besar daripada ponsel lain pada umumnya.

Pengguna pun dapat menikmati pengalaman menonton video, bermain games, dan video call yang begitu memuaskan. Bagaimanapun juga, tak bisa dipungkiri bahwa tiga kegiatan ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup anak muda. Hampir sebagian besar waktu generasi milenial sehari-hari dihabiskan untuk melakukan tiga kegiatan ini.

Selain itu, layar Huawei Nova 2 Lite juga dilengkapi dengan panel kaca lengkung 2,5D. Fasilitas ini membuat penampilan smartphone ini semakin stylish dan elegan.

Kamera Huawei Nova 2 Lite vs Samsung Galaxy J6

Kegiatan fotografi juga tak bisa dipisahkan dengan gaya hidup anak muda masa kini. Mereka hobi foto atau selfie di manapun dan kapanpun. Karena itu, kualitas kamera menjadi salah satu faktor pertimbangan utama dalam memilih smartphone.

Lalu, bagaimana dengan kualitas kamera Huawei Nova 2 Lite dan Samsung Galaxy J6?

Samsung Galaxy J6 memiliki satu kamera belakang dengan resolusi 13 MP dan aperture f/1.9. Resolusi ini cukup untuk menghasilkan foto yang jernih. Lebih lanjut, kamera belakangnya juga dilengkapi dengan fitur panorama dan HDR.

Kamera depannya sendiri dibekali dengan resolusi 8 MP dan bukaan f/1.9. Sama dengan kamera belakang, kamera depannya juga dilengkapi dengan flash. Jadi, pengguna tak harus khawatir saat harus selfie di tempat gelap.

Berbeda dengan Samsung Galaxy J6, Huawei Nova 2 Lite, memiliki kamera ganda di bagian belakangnya. Masing-masing kamera ini beresolusi 13 MP dan 2 MP dengan bukaan lebar.

Kehadiran kamera kedua dengan resolusi 2 MP tersebut memungkinkan pengguna menghasilkan foto bokeh dengan tingkat bukaan hingga 7. Pengguna pun bisa mengatur fokus secara manual sesuai keinginan.

"Tampilan layar FullView baru HUAWEI nova 2 lite dilengkapi dengan dual camera ini, kami yakini merupakan smartphone yang sesuai dengan gaya hidup mobile generasi milenial saat ini," ujar Country Director Huawei Device Indonesia, Fisher Jiang, seperti dikutip dari liputan6.com (1/5/2018). 

Sementara itu, kamera depannya beresolusi 8 MP dan memiliki fitur Smart Selfie dan Selfie Toning Flash. Kehadiran Selfie Toning Flash membuat pengguna dapat menyesuaikan tingkat kecerahan, sehingga selfie terlihat lebih natural.

Belum lagi, fitur 10-selfie mode yang membantu pengguna mengambil selfie kapan saja dan di mana saja. Cocok banget nih buat generasi milenial yang gemar selfie dan mengunggahnya di media sosial.

Desain Huawei Nova 2 Lite vs Samsung J6

Dalam segi material, Samsung Galaxy J6 terbuat dari bahan plastik. Walaupun begitu, smartphone yang tersedia dalam warna hitam, biru, dan gold ini tak terkesan murahan.

Di sisi-sisi bodinya, terdapat dua slot SIM Card berukuran nano yang dual stand-by, colokan micro-USB untuk mengisi daya dan transfer data, serta audio jack 3,5 mm.

Apabila Samsung Galaxy J6 materialnya terbuat dari plastik, bodi Huawei Nova 2 Lite terbuat dari bahan mirror. Material ini mampu menciptakan kesan mewah tersendiri pada ponsel ini.

Huawei Nova 2 Lite tersedia dalam dua warna, yaitu hitam dan glossy blue. Warna glossy blue ini dihadirkan oleh Huawei untuk memenuhi kebutuhan anak muda yang gemar warna unik dan menarik. Huawei mengklaim biru merupakan warna favorit banyak orang, terutama kaum milenial yang disasar Huawei.

"Nova 2 lite Glossy Blue akan membuat mereka terlihat lebih bergaya sementara tetap merasakan banyak manfaat dari teknologi dan fitur yang terintegrasi di dalam smartphone ini," ucap Deputi Country Director Huawei Device Indonesia, Lo Khing Seng, seperti dikutip dari Liputan6.com, (15/5/2018).

 

Kelengkapan lain di bodinya, terdapat slot untuk dua kartu SIM berukuran nano dan satu kartu microSD yang bisa diisi dengan memori hingga 256GB, colokan microUSB, dan audio jack. Juga tombol volume dan on/off di sisi kanan ponsel. Kedua tombol ini memiliki sedikit jarak di antara keduanya, sehingga pengguna dapat membedakannya dengan mudah tanpa harus melihat.

Harga Huawei Nova 2 Lite vs Samsung Galaxy J6

Perbandingan terakhir adalah dari segi harga. Dalam segi ini Huawei Nove 2 Lite jadi juaranya. Dengan spesifikasi canggih yang dipaparkan di atas, Huawei 2 Lite dibandrol lebih terjangkau, yaitu hanya Rp 2.299.000 di online shopping Lazada.co.id. Sementara itu, Samsung J6 dengan RAM 3/32GB dijual seharga Rp 2.699.000. 

Itu adalah sebagian aspek yang bisa diperbandingkan antara Huawei Nova 2 Lite dan Samsung Galaxy J6. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua kembali lagi kepada selera dan kebutuhan Anda.

Jadi, mau pilih yang mana?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini