Sukses

Facebook Luncurkan Portal, Speaker Pintar dengan Kemampuan Video Call

Liputan6.com, Jakarta - Facebook akhirnya meluncurkan produk hardware terbarunya. Sesuai dengan rumor yang beredar, perangkat bernama Portal ini merupakan speaker pintar dengan kemampuan melakukan video call.

Dikutip dari Financial Times, Kamis (11/10/2018), ada dua model perangkat yang siap dipasarkan Facebook, yakni Portal dan Portal+. Masing-masing perangkat itu dibanderol dengan harga US$ 199 (Rp 3 juta) dan US$ 349 (Rp 5,3 juta).

Menurut Facebook, perangkat ini hadir untuk mengatasi masalah yang ada video call saat ini. "Tujuan kami membuat pengguna merasa berada di ruang yang sama dengan orang lain yang sedang ditelpon," tutur VP Facebook Portal Rafa Camargo.

Secara garis besar, kedua perangkat ini memiliki spesifikasi yang mirip. Keduanya sudah terintegrasi dengan asisten virtual besutan Amazon, Alexa, untuk melakukan perintah berbasis suara.

Selain itu, keduanya juga dapat menampilkan foto dan notifikasi dari Facebook termasuk memutar lagu dari Spotify. Portal menjalankan Android versi open-source, mirip dengan yang dibenamkan di perangkat besutan Amazon.

Perbedaan mencolok dari kedua model ini adalah ukuran layar yang digunakan. Untuk Portal yang dibanderol lebih mahal, perangkat ini memiliki layar berukuran 15,6, sedangkan varian yang lebih murah hadir dengan layar lebih kecil, yakni 10 inci.

Tidak hanya itu, varian Portal yang lebih mahal juga dilengkapi dengan kamera wide angle. Kamera ini juga akan merekam fokus secara otomatis apabila pengguna bergerak. 

Rencananya, perangkat ini akan dijual melalui situs Facebook, Amazon, dan Best Buy. Facebook menyebut Portal mulai dikirimkan pada November untuk pasar Amerika Serikat, tapi belum diketahui apakah perangkat ini akan rilis secara global. 

2 dari 3 halaman

Speaker Pintar Facebook Terungkap Sejak Tahun Lalu

Keberadaan speaker pintar besutan Facebook ini sebenarnya sudah terungkap sejak tahun lalu. Dari kabar yang diketahui tahun lalu, speaker ini diproduksi oleh salah satu pabrikan iPhone asal Tiongkok, Pegatron.

Perangkat ini dilengkapi layar sentuh buatan LG, dan didesain oleh Building 8, sebuah laboratorium rahasia perangkat keras Facebook. 

Berdasarkan laporan saat itu, speaker Facebook ini memungkinkan pengguna berkirim pesan lewat suara. Sementara layar sentuhnya menjadi alternatif telepon rumah yang bisa digunakan anak-anak dan orang yang lanjut usia.

3 dari 3 halaman

Facebook Siap Rilis Speaker Pintar

Informasi soal speaker pintar Facebook ini juga santer terdengar sejak September 2018. Adalah portal Cheddar yang memberitakan informasi tersebut. 

Secara garis besar, perangkat ini akan memiliki fungsi yang sama dengan Amazon Echo Show. Jadi, Facebook mendesain perangkat ini untuk melakukan sejumlah hal dengan perintah suara.

Tidak hanya itu, perangkat ini juga memiliki fitur penutup lensa fisik. Dengan begini, kamera Portal tidak dapat menangkap gambar pengguna tanpa izin terlebih dulu.

Perangkat ini juga akan menjadi perangkat keras pertama yang mengusung nama Facebook. Alasannya, saat merilis Rift, Facebook sebenarnya menggunakan nama Oculus yang merupakan anak perusahaannya. 

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Kemkominfo Bakal Blokir Grup Facebook LGBT Berkonten Pornografi
Artikel Selanjutnya
Facebook Akhirnya Beri Penjelasan ke Kemkominfo Soal Peretasan