Sukses

Nokia 6.1 Bakal Cicipi Android Pie Bulan Ini

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global (HMD) tengah bersiap merilis pembaruan OS Android untuk smartphone Nokia 6.1 dan 6.1 Plus.

Menurut laporan, kedua smartphone akan bisa mencicipi Android Pie pada bulan ini.

Dilansir GSM Arena, Rabu (10/10/2018), peluncuran OS Android Pie ini sejalan dengan janji HMD, tentang pembaruan sistem untuk jajaran smartphone Nokia.

Seri Nokia 6.1 merupakan salah satu smartphone HMD yang akan mendapatkan pembaruan OS ke Android Pie.

Nokia 6.1 dan 6.1 Plus menjadi smartphone pertama HMD yang mendapatkan pembaruan ke Android Pie pada bulan ini. Selanjutnya, Nokia 8 dan 8 Sirocco juga akan mendapatkannya pada November 2018.

Android 9 Pie merupakan versi terbaru OS Android. Google pertama kali mengumumkannya pada 7 Maret 2018, dan versi developer preview pertama dirilis pada hari yang sama.

Android P secara resmi dirilis pada 6 Agustus 2018 sebagai Android 9 Pie. Deretan smartphone pertama yang mencicipi OS tersebut adalah smartphone Pixel, OnePlus 6, Nokia 7 Plus, dan Essential Phone.

2 dari 3 halaman

Nokia 9 PureView Bakal Jadi Flagship Baru HMD?

Terlepas dari Nokia 6.1 dan Android Pie, HMD dilaporkan akan merilis smartphone flagship barunya dengan nama Nokia 9 PureView.

Informasi ini muncul setelah HMD dipastikan sudah memperoleh merek dagang PureView, sehingga bisa digunakan untuk jajaran produknya.

Setelah mendapatkan hak menggunakan merek dagang PureView, HMD pun disebut akan segera memulai pemasaran untuk smartphone flagship itu.

Laporan ini bertolak belakang dari kabar sebelumnya, yang menyebutkan peluncurannya mundur sampai tahun depan.

Nokia 9 PureView kemungkinan besar diumumkan pada 11 Oktober 2018. Pihak HMD belum memberikan pernyataan resmi tentang kehadiran Nokia 9 Pureview.

Perusahaan asal Finlandia itu pun belum mengonfirmasi tentang nama smartphone flagship barunya.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Nokia 9 PureView

Sebelumnya, smartphone flagship HMD ini disebut memiliki nama Nokia 9. Berdasarkan sejumlah informasi, Nokia 9 PureView atau Nokia 9 akan hadir dengan layar 5,7 inci.

Sejauh ini, rumor yang paling menarik adalah dukungan modul kamera penta-lens atau lima kamera belakang.

Selain itu, Nokia 9 PureView juga digadang-gadang akan menjadi perangkat pertama HMD dengan pemindai sidik jari di dalam layar.

Menurut kabar yang beredar, Nokia 9 PureView juga memiliki perbedaan signifikan dengan Nokia 8 Sirocco yang dirilis HMD Global di konferensi Mobile World Congress (MWC) 2018.

Smartphone ini akan memiliki desain layar edge-to-edge seperti Nokia 8 Sirocco, tapi aspek rasionya 18:9.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Nokia 7.1 Plus Akan Hadir dengan Layar Lebih Besar?
Artikel Selanjutnya
Siap-Siap, 4 Smartphone Nokia Bakal Cicipi Android 9 Pie