Sukses

Xiaomi Mi A1 Meledak Saat Diisi Daya?

Liputan6.com, Jakarta - Produsen smartphone kini berupaya untuk meningkatkan kapasitas baterai dan kecepatan waktu pengisian daya. Namun ada beberapa kasus ledakan baterai hingga menimbulkan korban jiwa.

Misalnya saja pada kasus ledakan baterai Galaxy Note 7 yang terjadi masif sehingga perusahaan memutuskan untuk tak meneruskan penjualan perangkat tersebut.

Kini, sebuah kasus ledakan terjadi pada smartphone Xiaomi di luar Tiongkok. Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com, Rabu (3/10/2018), perangkat yang dimaksud diduga merupakan Mi A1. Perangkat ini dikabarkan mengalami ledakan saat diisi daya, yakni ketika si pemilik tengah tertidur.

Keluhan ini pertama kali disampaikan oleh teman korban yang menaruh smartphone-nya di meja dekat dengan tempat tidur. Perangkat diduga Mi A1 itu tengah diisi daya.

Unit Mi A1 tersebut meledak, untung saja si pemilik tidak terluka lantaran smartphone ditempatkan dalam casing. Untungnya, casing pelindung mampu melindungi pengguna dari efek ledakan.

Tidak dijelaskan di mana lokasi kejadian, yang pasti bukanlah di Tiongkok, sebab Mi A1 yang dirilis tahun lalu dengan OS Android murni tidaklah dijual di Tiongkok.

Ini merupakan kasus ledakan pertama yang melibatkan Mi A1, sehingga tak seharusnya membuat seluruh pengguna Mi A1 jadi panik.

2 dari 3 halaman

Sudah Dilaporkan ke Customer Service

Sumber tersebut mengatakan, insiden ini telah dilaporkan ke customer service Xiaomi. Sayangnya belum ada tanggapan yang dikeluarkan.

Pengguna mengklaim, mereka menggunakan smartphone-nya dengan cara yang aman dan menghindari tidur di dekat smartphone.

Melihat kasus ini, pengguna disarankan untuk tidak tidur sembari membiarkan perangkatnya diisi daya semalaman.

Tentunya, hal ini bukanlah insiden pertama yang disebabkan oleh ponsel saat mengisi daya.

3 dari 3 halaman

Penyebab Meledaknya Mi A1

Ada beberapa alasan yang membuat baterai smartphone bisa meledak. Misalnya baterai yang rusak, adaptor pengisian daya yang tak bagus, pola pengisian, dan sejumlah hal lainnya.

Saat ini belum jelas kondisi smartphone yang meledak saat diisi daya atau pun pola penggunaan smartphone.

Namun berdasarkan keterangan pelapor, Mi A1 itu sudah dipakai selama 8 bulan dan dibiarkan tetap mengisi daya saat si pemilik tidur. Hal ini disebut-sebut telah rutin terjadi.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading