Sukses

5 Planet Asing Paling Misterius di Alam Semesta

Karakter sejumlah exoplanet mendefinisikan ulang konsep neraka, sebagian dihantam badai kaca, ada juga bersuhu 1700 derajat Celcius. Inilah daftar eksoplanet paling misterius di alam semesta

Jakarta - Planet asing alias exoplanet merupakan benda alami yang paling disorot peneliti selama beberapa tahun terakhir.

Bagaimana tidak, beberapa dari planet asing ini diduga kuat memiliki karakteristik alam yang mirip dengan Bumi sehingga bisa dihuni manusia kelak.

Beberapa planet asing bahkan mungkin namanya tidak begitu familier terdengar. Mereka memiliki karakteristik alam yang berbeda-beda.

Laman DW pada Sabtu (29/9/2018), mencatat ada lima (5) planet asing yang hingga saat ini karakteristik alamnya masih misterius dan dipelajari. Apa saja kelima planet tersebut? Lekas simak daftarnya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Planet 'Cincin Monster'

Berlokasi 434 tahun cahaya dari Bumi dan memiliki massa 40 kali lipat lebih besar ketimbang Jupiter, J1407B mendapat julukan planet Cincin Monster lantaran cincin kosmiknya yang mirip dengan Saturnus.

Berbeda dengan Saturnus, cincin J14070B membentang sepanjang 120 juta kilometer, alias 200 kali lipat lebih besar ketimbang planet terindah di sistem Tata Surya itu. Ilmuwan berspekulasi J1407B sedang dalam proses membentuk bulan.

3 dari 6 halaman

Planet Es Terbakar

Planet ini memiliki inti batuan dan permukaan yang diselimuti es. Planet bernama Gliese 436b itu, mengorbit bintang induknya dalam jarak dekat.

Tak heran jika temperatur di permukaannya mencapai 439 derajat Celcius.

Keunikan Gliese 436b adalah awan hidrogen yang menyelimuti planet dan menyisakan jejak di sepanjang jalur orbitnya. Karenanya, planet ini dijuluki planet es yang terbakar

4 dari 6 halaman

Planet Paling Gelap

Di antara semua exoplanet yang ada, TrES-2b adalah yang paling misterius. Pasalnya planet ini hanya memantulkan 1 persen cahaya dari bintang induknya.

Tak heran jika TrES-2b dicatat sebagai planet paling gelap di semesta dan memiliki permukaan yang lebih pekat ketimbang arang. Ilmuwan meyakini TrES-2b adalah raksasa gas serupa Jupiter.

5 dari 6 halaman

Planet Mengorbit Tiga Bintang

HD 188753 Ab merupakan planet pertama yang diketahui mengorbit tiga bintang induk sekaligus.

Planet ini ditemukan oleh seorang ilmuwan Polandia pada 2005 setelah melakukan observasi dengan teleskop raksasa di Mauna Kea, Hawaii.

Namun, upaya lanjutan untuk menemukan kembali planet misterius ini gagal, meski menggunakan metode yang sama.

6 dari 6 halaman

Planet Berselimut Uap

Planet GJ1214b serupa dengan kolam panas. Pasalnya, permukaan planet dilapisi samudera berukuran raksasa, tetapi temperatur di permukannya mencapai 230 derajat Celcius.

Tak heran jika hasil observasi menujukkan GJ1214b diselimuti atmosfir yang terbuat dari uap dan awan tebal.

Reporter: DW

Sumber: DW.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.