Sukses

Google Maps Kini Bisa Beri Saran Tempat Parkir Terdekat ke Pengguna

Liputan6.com, Jakarta - Google Maps menghadirkan rekomendasi tempat parkir terdekat dengan tujuan pengguna.

Misalnya, jika pengguna ingin menuju sebuah taman, begitu sudah dekat dengan taman yang ingin dituju, Maps bisa memberikan saran tempat parkir yang mungkin bisa digunakan untuk memarkir kendaraan.

Sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Senin (24/9/2018), saat ini belum jelas proses uji coba yang dilakukan terkait dengan fitur parkir ini.

Namun, mungkin fitur tersebut akan lebih mudah dilihat langsung di aplikasi Google Maps.

Rekomendasi tempat parkir akan muncul dalam bentuk pop up di aplikasi ketika pengguna sudah setengah jalan dari tempat tujuan (dengan bantuan navigasi dari Google Maps).

Jika pengguna memilih untuk tidak mengikuti saran tempat parkir itu, rekomendasi pun akan langsung hilang.

Notifikasi tempat parkir ini bisa dilihat di Maps, saat pengguna masih setengah jalan.

Di samping tempat tujuan, bakal ada sebuah tanda P yang diartikan sebagai tempat parkir terdekat dengan tempat tujuan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Notifikasi

Selain itu, akan ada notifikasi pop-up nama tempat parkir tersebut beserta keterangan berapa lama waktu berjalan kaki tempat parkir yang disarankan dengan tempat tujuan.

Jika mengikuti saran untuk parkir, kamu bisa menambahkan tempat berhenti (add stop) pada tempat parkir yang dimaksud.

Selanjutnya, setelah memilih tempat parkir, Google Maps bakal menavigasi pengguna ke tempat itu dan menyertakan petunjuk arah berjalan kaki dari mobil ke tujuan akhir.

3 dari 3 halaman

Rute Khusus Motor

Sebelumnya, Google Maps juga menghadirkan fitur yang memudahkan pengguna kendaraan roda dua di Indonesia. 

Fitur ini hadir sebagai upaya Google memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan lokal sesuai dengan kebutuhannya, dalam hal ini pengendara sepeda motor.

Group Product Manager Google Maps Krish Vitaldevara mengatakan, fitur rute khusus motor ini hadir di seluruh Indonesia, terutama kota-kota besar yang padat. Misalnya Jakarta, Medan, dan Surabaya.

Setelah memperbarui aplikasi, pengendara sepeda motor bisa memasukkan rute yang ingin mereka tuju. Misalnya, menuju Mal Grand Indonesia, kemudian memilih Direction atau mengarahkan dari lokasi saat ini ke lokasi yang dituju.

Pengguna bisa melihat opsi moda yang digunakan untuk mencapai rute tersebut dalam hal ini mobil pribadi, transportasi publik (Transjakarta dan commuter line), jalan kaki, dan yang terbaru adalah sepeda motor.

Pengguna bisa memilih opsi sepeda motor dan rute yang disajikan pun bakal berbeda dengan opsi mobil pribadi.

Menariknya, dengan fitur rute khusus motor, jika ada tol terdekat yang menghubungkan lokasi dengan tempat tujuan, Google Maps tidak akan mengarahkan pengguna untuk memasuki tol.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.