Sukses

LIVE REPORT:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI DAN WAKIL PRESIDEN MA'RUF AMIN

PUBG Bakal Sambangi PS4?

Liputan6.com, Jakarta - PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) tak dimungkiri telah menjadi salah satu gim terpopuler saat ini. Sayangnya, gim ini sebenarnya belum tersedia untuk seluruh platfrom.

Saat ini, PUBG baru tersedia untuk perangkat mobile, PC, dan eksklusif tersedia di Xbox One. Namun, laporan terbaru dari Eurogamer menyebut bahwa ada indikasi gim ini akan hadir pula di PlayStation 4.

Dikutip dari The Verge, Jumat (21/9/2018), temuan soal PUBG di PS4 ini terungkap pertama kali oleh Korean Game Rating Board.

Sebelumnya, portal itu juga sempat membocorkan soal kehadiran Fortnite di Nintendo Switch, sebelum akhirnya resmi diumumkan Juni 2018.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut seputar fitur dan maps yang akan tersedia di PUBG untuk PS4. Di samping itu, mengingat belum ada pengumuman resmi, menarik untuk menunggu kabar lebih lanjut dari Epic Games selaku pengembang.

Sekadar informasi, PUBG awalnya rilis untuk PC pada Maret 2017. Seiring kesuksesan gim tersebut, Microsoft lantas merilis gim itu secara ekslusif di Xbox One dan dilaporkan sudah terjual 8 juta kopi.

PUBG sendiri kerap disebut-sebut sebagai pionir gim bergenre battle royale. Sebelumnya banyak judul anyar atau judul lawas  yang mengadopsi sistem permainan tersebut.

2 dari 3 halaman

PUBG Kantongi 400 Juta Pemain dari Seluruh Dunia

Baru-baru ini, Blueholes selaku pengembang PUBG mengungkap gim ber-genre battle royale tersebut telah mengantongi jumlah pemain yang sangat banyak.

Dilansir Ubergizmo pada Rabu (20/6/2018), PUBG kini sudah memiliki 400 juta pemain di seluruh dunia dari berbagai jenis platform.

Tak cuma itu, Bluehole juga mengobral PUBG versi PC dengan diskon 33,33 persen. Diskon tersebut sudah termasuk Erangel dan Miramal serta map Sanhok terbaru.

PUBG sendiri baru saja dirilis secara global setelah sebelumnya dirilis dalam versi early access. Adapun jumlah 400 juta pemain tersebut berasal dari platform iOS, Android, PC, serta Xbox One.

Lewat PUBG, banyak gamer untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan genre battle royale. Saking populernya, gim dengan konsep serupa pun mulai bermunculan. salah satunya gim tersebut adalah Fortnite.

Meski mengantongi 400 juta pemain, nyatanya popularitas PUBG semakin redup dengan berjalannya waktu. Dilansir Gamerant, jumlah pemain konkuren PUBG di platform Steam mengalami penurunan dari angka puncaknya sebanyak 3,236,027 pada Januari 2018.

Angka terkini, selama 24 jam hanya ada sekitar 1,5 juta pemain PUBG yang tercatat di Steam. Ini berarti hampir separuh orang bermain gim tersebut secara teratur.

Tak hanya itu, jumlah rata-rata pemain PUBG pun juga mengalami penurunan sejak Januari, dengan hanya 854,115 pemain dalam 30 hari terakhir.

3 dari 3 halaman

Alasan Pemain Tinggalkan PUBG

Sebagai salah satu gim paling populer, wajar jika banyak gamer yang mempertanyakan alasan kenapa PUBG mulai ditinggal pemain setianya.

Yang pasti, ada beberapa kemungkinan besar yang menjadi alasan mengapa pemain tak lagi main PUBG. Salah satu alasan pertama adalah semakin menjamurnya gamer yang berbuat curang, dan software hack yang membuat pemainnya kebal ketika diserang.

Mengatasi hal tersebut, PUBG Corp, telah secara agresif menangkal gamer yang berbuat curang dan peredaran software hack di dalam permainan. Tetapi, masalah itu masih tetap ada.

Alasan lainnya adalah semakin populernya gim pesaing PUBG, yakni Fortnite. Sejak diperkenalkan, jumlah pemain yang main gim Fortnite sudah melampaui gamer PUBG.

Tak hanya itu, pendapatan yang Fortnite peroleh pun lebih tinggi ketimbang gim PUBG. Luar biasanya, hal tersebut dicapai hanya dalam kurun waktu yang terbilang singkat.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Turnamen PUBG Mobile Antarkampus Kembali Bergulir di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Wakil Indonesia Dominasi PUGB Mobile Club Open 2019 Tahap ASEAN