Sukses

Inikah Wujud Smartphone Kamera Lima Lensa Nokia?

Liputan6.com, Jakarta - Rumor soal HMD Global bakal membesut smartphone Nokia dengan kamera lima lensa (penta-lens) telah berseliweran selama beberapa waktu terakhir.

Perusahaan memang belum mengeluarkan secuil informasi pun terkait smartphone yang satu ini, apalagi bocoran soal desainnya.

Namun terbaru, bocoran desain smartphone Nokia dengan lima lensa tersebut belum lama ini terkuak di internet.

Dari gambar yang diperlihatkan, tampak desain smartphone memperlihatkan kover belakang bertuliskan "Nokia" di tengah.

Sementara, di atasnya bertengger kamera dengan lima lensa, dilengkapi dengan satu lampu LED Flash dan sensor yang ditempatkan dalam bentuk lingkaran.

Pun begitu, menurut informasi yang dilansir Ubergizmo, Kamis (6/9/2018), belum bisa dipastikan soal keaslian bocoran desain ini.

Bisa jadi, desain tersebut cuma rekayasa photoshop semata. Pasalnya, HMD Global tidak memberikan konfirmasi resmi terkait bocoran desain tersebut.

Sebelumnya, smartphone Nokia dengan lima lensa ini disebut akan memiliki konsep yang sama dengan konsep Nokia OZO yang sebelumnya hadir dengan delapan lensa.

 

2 dari 3 halaman

Bukan Tugas Mudah

Bukan tugas mudah bagi HMD Global untuk menciptakan lima lensa kamera sekaligus ke dalam satu smartphone.

Karena itu, mereka juga akan menggandeng pusat riset dan pengembangan Foxconn demi memantapkan konsep ini.

Bahkan, HMD Global juga disebut telah menciptakan prototype smartphone teranyar Nokia tersebut. Jika lancar, tahap produksi smartphone yang dilakukan Foxconn baru bisa dimulai.

 

3 dari 3 halaman

Smartphone Nokia Kian Populer, Ini Buktinya

HMD Global baru berdiri kurang dari dua tahun, meski perusahaan menjual ponsel dengan merek Nokia. Kendati demikian, perusahaan sejauh ini dinilai membuahkan hasil yang baik di pasar smartphone.

Dilansir GSM Arena, Kamis (2/8/2018), berdasarkan data perusahaan riset Counterpoint, HMD Global dengan merek Nokia kini merupakan salah satu dari 10 vendor smartphone top di dunia berdasarkan pengapalan produk.

Perusahaan asal Finlandia itu menempati posisi sembilan dengan pengapalan smartphone 4,5 juta unit dan 1 persen pangsa pasar.

Pangapalan smartphone HMD Global mengalami pertumbuhan YoY sebesar 782 persen. HMD Global merupakan pemain baru dengan merek lama di pasar smartphone. Perusahaan ini berdiri pada Desember 2016.

Adapun posisi tiga besar ditempati oleh Samsung, Huawei dan Apple. Samsung memimpin dengan 20 persen pangsa pasar, diikuti Huawei 15 persen dan Apple 11 persen.

Posisi 10 besar lainnya di luar ke empat perusahaan tersebut ditempati oleh Xiaomi, Oppo, Vivo, LG, Lenovo dan Tecno. Total pengapalan smartphone global pada kuartal II 2018 mencapai 360 juta unit, turun 2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Saksikan Live Streaming EGTC Malang 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Nama PureView Siap Kembali Terpampang di Smartphone Nokia
Artikel Selanjutnya
Pakai Poni dan 5 Kamera, Inikah Tampilan LG V40 ThinQ?