Sukses

Gara-Gara Foto TKP Palsu Dikirim ke iPhone, Penerbangan Pesawat Mendadak Delay

Gara-gara satu foto yang dikirim secara tak sengaja ke semua iPhone di dalam pesawat, pihak maskapai harus menunda penerbangan pesawat itu.

Liputan6.com, Jakarta - Penerbangan pesawat Hawaii Airlines tujuan Maui dari Oakland, Amerika Serikat (AS), mendadak ditunda untuk terbang.

Adapun alasan penundaan penerbangan disebabkan oleh seorang remaja perempuan 15 tahun yang mengirim satu foto yang dikirim secara tak sengaja ke semua iPhone di dalam pesawat. 

Tak main-main, foto yang dikirim memperlihatkan sebuah tempat kejadian perkara (TKP) kasus kriminal.

Foto yang belakangan diketahui merupakan TKP palsu ini dikirim menggunakan AirDrop, fitur berbagi file milik Apple.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Softpedia, Rabu (5/9/2018), gadis yang berada di pesawat bersama ibunya ini berupaya untuk mengirim sebuah foto tentang kelas yang baru diambilnya ke iPhone sang ibu.

Lantaran tidak menemukan perangkat milik ibunya di daftar AirDrop, gadis tersebut malah mengirim foto ke 15 iPhone lain yang fitur AirDrop-nya juga sedang aktif.

Dia menge-tap semua iPhone yang terdeteksi kemudian tak sengaja mengirimkan foto yang menyerupai TKP kriminal tersebut ke setiap iPhone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seperti Apa TKP Palsu?

Rupanya, foto yang dikirim memperlihatkan sebuah manekin yang tergeletak di lantai.

Sejumlah orang yang dikirimi foto itu pun menduga kalau sedang ada kasus serangan terorisme di pesawat mereka.

Para penumpang yang mendapatkan foto itu lantas melaporkan ke kru pesawat. Para kru pun melaporkan kasus ini ke pilot.

Pesawat yang tadinya sudah melewati taxi way dan bersiap untuk mengudara pun batal terbang, lantaran pilot memutuskan menunda penerbangan untuk proses investigasi lebih lanjut.

"Tentu hal ini membuat sejumlah orang merasa tidak nyaman. Untungnya semua penumpang melakukan hal tepat, yakni menginformasikan kepada pramugari. Selain itu para kru melakukan hal tepat dengan menyelidiki lebih lanjut apakah ada masalah atau tidak," ujar petugas bernama Ray Kelly.

3 dari 3 halaman

Ditunda 90 Menit

Penerbangan pun harus ditunda selama 90 menit gara-gara kasus salah kirim itu. Setelah dinyatakan aman, pesawat diizinkan mengudara.

Sayang, si ibu dan remaja putri yang menyebabkan masalah tak diperbolehkan ikut dalam penerbangan menuju Maui itu. Keduanya harus menunggu penerbangan lain keesokan harinya.

Parahnya lagi, kejadian aneh terjadi kembali di pesawat yang sama. Sebuah botol berisi semprotan lada sempat terbuka saat pesawat hampir mengudara dan membuat semua penumpang terbatuk-batuk. Ada juga penumpang yang mengalami gangguan pernapasan.

Para penumpang panik dan pilot pun memutuskan untuk mengirim seluruh penumpang ke luar pesawat hingga kondisi normal.

Beberapa waktu kemudian, pesawat berhasil mendarat di Mau. Namun, 12 orang dan tiga kru pesawat harus menjalani pemeriksaan kesehatan lanjutan.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.