Sukses

iPhone Generasi Pertama Dilelang di eBay, Harganya Selangit

Liputan6.com, Jakarta - Seakan tidak pernah habis, barang-barang lawas besutan Apple tak dimungkiri selalu laku terjual. Terbaru, barang jadul besutan Apple yang dilelang adalah purwarupa iPhone versi perdana.

Dikutip dari The Next Web, Senin (3/9/2018), kali ini lelang dilakukan melalui eBay. Seorang penjual dengan akun 321dady mengaku perangkat ini merupakan versi paling awal dari iPhone.

Dari keterangan yang ditulis, iPhone ini merupakan versi 1.1.1 dan dibuat pada 2006 di Cupertino.

Perangkat memiliki baterai dan spesifikasi berbeda dari versi yang dirilis ke publik. Selain itu, model awal ini lebih berat dari yang dijual Apple. 

Tampilan antarmuka perangkat juga berbeda dari iOS yang kita kenal sekarang. Ketika itu, Apple belum memperkenalkan iOS dan menggunakan OS X. Sayangnya, tak ada garansi apakah iPhone ini asli besutan Apple.

Kendati demikian, peminat perangkat ini ternyata sangat banyak. Saat ini, ada lebih dari 100 penawar yang berniat membeli perangkat ini dan ada lima penawar dengan harga tertinggi.

Saat ini, penawar tertinggi ada di kisaran US$ 25 ribu atau sekitar Rp 367 juta. Menurut prediksi, harga perangkat dapat lebih tinggi karena proses lelang sendiri masih berjalan.

Sebelumnya, perangkat ini sempat dijual melalui lelang yang dilakukan di eBay pada 2015. Saat itu, nilai penawar tertinggi mencapai US$ 61 ribu atau sekitar Rp 898 juta.

Akan tetapi, laman penjualan itu kemudian ditutup dan iPhone ini dijual secara pribadi dengan harga US$ 8.000 atau sekitar Rp 117 juta.

Oleh sebab itu, banyak yang menyebut perangkat terebut merupakan unit Apple yang paling langka saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Apple-1 Kembali Dilelang

Sebelumnya, ada pula produk lawas Apple yang juga dilelang, yakni Apple-1. Perangkat ini merupakan komputer pertama Apple yang dikembangkan langsung oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak.

Mengingat nilai sejarahnya, Apple-1 pun kerap tetap menjadi incaran para penggemar Apple. Baru-baru ini, RR Auction, badan lelang tersebut dilaporkan kembali akan melelang perangkat lawas milik Apple itu.

Dikutip dari CNET, Rabu (29/8/2018), perangkat Apple-1 yang dilelang kali ini merupakan koleksi dari Byte-Shop. Sekadar informasi, Byte-Shop merupakan salah satu toko komputer pertama di dunia.

Dari informasi yang dihimpun, Jobs dan Wozniak memasok sekitar 50 unit Apple-1 yang disiapkan khusus untuk Byte-Shop.

Sementara jumlah Apple-1 yang dibuat keduanya pada tahun 1970-an sekitar 200 unit dan 60 unit di antaranya masih ada hingga sekarang.

Menurut prediksi, komputer lawas ini bakal terjual dengan nilai mencapai lebih dari US$ 300 ribu atau sekitar Rp 4 miliar. Sebagai perbandingan, harga itu setara dengan mobil super terbaru dari Aston Martin, yakni DBS Superleggera.

Lelang ini tidak hanya menawarkan motherboard yang digunakan komputer tersebut, tapi termasuk monitor dan keyboard asli Apple-1. Kedua aksesoris menjadi tanda komputer ini tergolong perangkat paling maju pada masanya.

Selain Apple-1, RR Auction juga melelang sejumlah barang pribadi milik Jobs, seperti laporan pribadi dan tanda tangan. Laporan itu terbilang unik karena Jobs salah menuliskan kata-kata dalam bahasa Inggris. Alih-alih menulis 'you're', Jobs malah menuliskan 'your' yang memiliki arti berbeda.

3 dari 3 halaman

Komputer Apple-1 dan Tanda Tangan Steve Jobs Dilelang

Sebelumnya, RR Auction juga sempat melelang produk serupa pada September 2017. Ketika itu, produk Apple-1 yang dilelang merupakan milik mantan karyawan Apple bernama Adam Schoolsky yang dijual pada donor lelang sekaligus kolektor komputer David Larsen. 

Larsend diketahui membeli komputer tersebut dengan harga US$ 3.500 (sekitar Rp 46 juta) pada 1955. Dikutip Phone Arena, Senin (25/9/2017), perangkat itu berharga US$ 700 ribu (sekitar Rp 9,3 miliar).

Kelengkapan lain yang dilelang bersama Apple-1 adalah buku petunjuk asli, tag harga, kotak asli, dan penyimpanan kaset. Benda-benda ini dianggap sebagai bagian dari sejarah Apple.

Perusahaan juga melelang sebuah majalah Newsweek edisi 24 Oktober 1988 dengan sampul Steve Jobs muda. Majalah tersebut hadir dengan tajuk "Mr Chips, Steve Jobs Puts The Wow Back in Computers".

Uniknya, pada sampul majalah itu juga terdapat tanda tangan Jobs dengan tulisan tangan Jobs yang berbunyi "I love manufacturing". Majalah ini diperkirakan akan mendapat tawaran antara US$ 10.000 (sekitar Rp 133 juta) hingga US$ 15.000 (sekitar Rp 200 juta). 

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS