Sukses

Ejek Notch iPhone X, Huawei Justru Dikritik

Liputan6.com, Jakarta - Saling ejek antar vendor smartphone bukan lagi hal baru, Huawei termasuk salah satu yang melakukannya. Kali ini, Huawei dilaporkan mengejek iPhone X dengan membandingkan ukuran notch produknya, P20.

Dilansir Softpedia, Selasa (4/9/2018), pihak Huawei dalam sebuah acara menggambarkan desain notch P20 jauh lebih baik daripada iPhone X.

Ukuran notch Huawei P20 yang lebih kecil bisa menyuguhkan "lebih banyak informasi". Gambar tentang cara Huawei membandingkan produknya dengan iPhone X itu telah beredar di internet.

Sayangnya, taktik Huawei itu justru dinilai menjadi bumerang. Setelah gambar tersebut diunggah oleh Oliur Rahman di Twitter, muncul beberapa pendapat bahwa desain notch itu menunjukkan iPhone X "lebih bersih" daripada P20.

Ada beberapa yang berpendapat promosi Huawei tersebut pada akhirnya menjadi iklan gratis untuk Apple.

Terlepas dari berbagai kritik, Apple akan tetap setia dengan desain notch yang ada. Menurut laporan, iPhone terbaru akan memiliki desain yang sama.

Apple dilaporkan akan mengumumkan tiga varian iPhone pada 12 September 2018. Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu juga telah menyebar undangan acara pengumuman iPhone 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Singkirkan Apple, Huawei Jadi Vendor Smartphone Terbesar Kedua Dunia

Huawei kian menguatkan posisinya di pasar smartphone. Berdasarkan data International Data Corporation (IDC), Huawei berhasil melengserkan Apple dengan menempati posisi nomor dua di pasar smartphone global per kuartal II 2018.

IDC mencatat per kuartal II 2018, Huawei mengapalkan 54,2 juta unit smartphone dengan 15,8 persen pangsa pasar. Pangsa pasarnya naik 40,9 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, tapi saat itu posisinya di nomor tiga.

Peringkat nomor satu saat ini masih diduduki Samsung dengan pengapalan produk 71,5 juta unit dan 20,9 persen pangsa pasar pada kuartal II 2018. Apple kini di peringkat ketiga dengan pengapalan 41,3 juta unit dan 12,1 persen pangsa pasar.

Adapun posisi lima besar lain ditempati Xiaomi dan Oppo. Xiaomi mengapalkan 31,9 juta unit dengan 9,3 persen pangsa pasar, sedangkan Oppo 29,4 juta dengan 8,6 persen.

Huawei boleh jadi berhasil melengserkan posisi Apple, tapi Xiaomi justru merupakan vendor smartphone dengan pertumbuhan terbaik di antara merek lima besar. Pangsa pasar Xiaomi tumbuh 48,8 persen dibanding kuartal II 2017, dengan 21,4 juta pengapalan smartphone kala itu.

3 dari 3 halaman

Huawei Nova 3i Resmi Meluncur di Indonesia

Huawei membuktikan komitmennya di Indonesia dengan kembali merilis smartphone baru. Setelah merilis flagship P20 Pro di Indonesia, Huawei menghadirkan andalan barunya, Nova 3i.

Telepon pintar generasi ketiga seri Nova i ini, memiliki desain fashionable seperti keunggulan pendahulunya. Selain itu, terdapat peningkatan kualitas fotografi dengan empat kamera yang didukung teknologi Artificial Intelligence (AI).

"Nova 3i merupakan smartphone andalan Huawei untuk anak muda. Smartphone ini mulai populer sejak 2015 hingga sekarang," ungkap Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, Lo Khing Seng, dalam acara peluncuran Huawei Nova 3i di kawasan Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Huawei Nova 3i hadir dengan layar fullview berukuran 6,3 inci (2.340 x 1.080 piksel), yang memiliki rasio 19,5:9, empat kamera dengan kombinasi dua lensa 24MP dan 2MP di depan, serta 16MP dan 2MP di belakang.

Di kategori performa, smartphone ini disokong prosesor Kirin 710 dengan kemampuan AI dan antarmuka EMUI 8.2. Selain itu, ponsel ini dilengkapi RAM 4GB dan memori internal 128GB. Huawei Nova 3i hadir dengan dua slot kartu SIM yang masing-masing kompatibel dengan jaringan 4G LTE.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS