Sukses

iPhone Baru di Tahun Depan Tak Lagi Adopsi 3D Touch?

3D Touch adalah teknologi yang membuat layar iPhone dapat mengenali tingkat tekanan.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone terbaru yang bakal meluncur pada 2019, dilaporkan tak akan lagi mengadopsi fitur 3D Touch.

Informasi tersebut berasal dari catatan investor yang terkuak dari MacRumors pada Rabu (29/8/2018). 

Sekadar informasi, fitur 3D Touch ini sebetulnya dikabarkan akan lebih dulu absen pada salah satu varian iPhone baru di 2018 (ukuran layar 6,1 inci dengan LCD).

Namun tampaknya, ketiga iPhone teranyar yang meluncur pada tahun ini tetap dilengkapi dengan 3D Touch.

Tidak dijelaskan soal alasan mengapa iPhone 2019 bakal absen dengan 3D Touch. Yang  pasti, catatan investor tersebut menegaskan kalau hal tersebut masih dalam rencana dan belum diputuskan oleh perusahaan.

Sekadar kilas balik, 3D Touch sendiri adalah teknologi yang membuat layar iPhone dapat mengenali tingkat tekanan.

Artinya, pengguna bisa melakukan berbagai hal berbeda tergantung dari seberapa keras mereka menekan layar. Semakin keras dan lama layar ditekan, akan menghasilkan efek berbeda dibandingkan tekanan layar biasa.

Beragam tekanan yang dirasakan layar bisa dikatakan seperti shortcut atau jalan pintas yang bisa digunakan oleh pengguna.

Jadi misalnya, jika pengguna ingin mendapatkan petunjuk arah ke rumah, cukup tekan selama beberapa waktu (long-pressing) aplikasi Maps di homescreen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membaca Pikiran Pengguna

SVP Software Engineering di Apple, Craig Federighi, pun menggambarkan fitur 3D Touch itu seperti 'pembaca pikiran'.

"Hal ini dimulai dari ide bahwa Anda ingin bisa mendeteksi kekuatan di sebuah perangkat yang tipis. Maksudnya, Anda pikir Anda ingin mendeteksi kekuatan, tapi sesungguhnya apa yang Anda ingin lakukan adalah merasakan tujuan. Jadi Anda mencoba membaca pikiran," jelas Federighi.

Untuk bisa menghadirkan fitur 3D Touch, katanya, itu bukan perkara mudah. Ada banyak rintangan dari sisi teknis, mengingat apa yang dilihat oleh sensor di dalam ponsel dipengaruhi oleh apa yang dilakukan (tekanan) oleh jari-jari pengguna.

"Ada pengguna yang mungkin menggunakan jempolnya dan jarinya yang lain, dengan emosi berbeda. Hal-hal itu tidak mengubah tujuan, tapi apa yang mereka lakukan mempengaruhi apa yang dilihat oleh sensor yang ada di dalam ponsel. Jadi ada banyak kendala teknisnya," tutur Federighi, seperti dilansir Business Insider.

3 dari 3 halaman

Catat, Ini Tanggal Peluncuran iPhone Terbaru

Tak terasa, September sudah di depan mata. Ini artinya, iPhone terbaru siap kembali diperkenalkan oleh Apple.

Memang, biasanya perusahaan selalu memperkenalkan varian iPhone teranyarnya pada September setiap tahunnya.

Pada tahun lalu misalnya, iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus, meluncur pada 13 September 2017. 

Dan kini, berdasarkan informasi yang diungkap dari stasiun radio Prancis Europe 1 via MacRumors, Selasa (28/8/2018), debut iPhone edisi 2018 dilaporkan akan berlangsung pada 12 September 2018.

Europe 1 menyebut informasi tersebut didapat dari dua sumber kredibel, yang sayangnya tidak diungkap siapa.

Informasi lebih lanjut membeberkan kalau peluncuran iPhone terbaru ini akan dilangsungkan di markas Apple, tepatnya di auditorium Steve Jobs Theater. Acara peluncuran sendiri akan dimulai pukul 10.00 pagi waktu setempat.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.