Sukses

Yuk, Coba 5 Teknologi Berguna Ini Ketika ke Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan ke luar negeri memang cukup menantang, apa lagi jika kamu belum pernah atau jarang melakukannya. Di luar dari urusan utama seperti menyiapkan passport dan visa, membawa "perlengkapan teknologi" juga tak kalah penting untuk memperlancar perjalanan.

Perkembangan teknologi membuat kehidupan trip kini menjadi lebih mudah. Nah, ada beberapa hal terkait teknologi ,yang sebaiknya kamu siapkan untuk membuat perjalanan ke luar negeri menjadi lebih menyenangkan. Berikut rangkumannya, seperti dikutip dari Cnet, Kamis (30/8/2018):

1. Persiapkan Ponsel dan Kartu SIM

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan ponsel kamu dapat berfungsi di luar negeri. Terlepas dari penggunaan WiFi, kamu harus memastikan ponsel bisa kompatibel di negara yang akan dikunjungi.

Di Amerika Serikat (AS), misalnya, ada operator AT&T dan T-Mobile yang menjalankan jaringan GSMA, sedangkan Sprint adan Verizon menggunakan CDMA. Di luar negeri, kebanyakan negara menggunakan GSM.

Namun jangan khawatir karena kebanyakan ponsel sekarang, termasuk generasi terbaru dari Apple, Google, Motorola dan Samsung, sudah mendukung kedua jenis jaringan tersebut.

Terlepas dari ponsel, tips lain adalah kamu bisa menggunakan kartu SIM negara tujuan jika tidak ingin menggunakan paket roaming dari operator dalam negeri.

Namun jika ingin lebih mudah, pasang paket seluler, terutama data roaming sebelum ke luar negeri untuk mempermudah perjalanan. Biasanya, operator dalam negeri bekerja sama dengan banyak operator di berbagai negara untuk layanan roaming ini.

Setelahnya, kamu hanya tinggal mengaktifkan pengaturan roaming ketika sudah sampai di luar negeri dan menggunakan layanan telekomunikasi seperti biasa.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

2 dari 3 halaman

2. Pakai Aplikasi Pesan Pihak Ketiga

Mengirim SMS dari luar negeri akan memakan biaya yang cukup mahal dibandingkan biasanya. Untuk memangkas biaya, sebaiknya pakai aplikasi pesan ketiga seperti BBM, Facebook Messenger dan WhatsApp.

Jika memasang paket data roaming, tentu komunikasi melalui internet akan lebih murah dibandingkan mengirim SMS atau telepon. Aplikasi pesan kini juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan video.

3. Google Translate

Jika ada kendala bahasa, sebaiknya kamu memasang aplikasi penerjemah Google Translate. Aplikasi ini setidaknya bisa membantu komunikasi dengan orang asing. Selain itu, Google Translate juga memiliki mode kamera yang bisa menerjemahkan teks secara langsung. Mode kamera ini juga tersedia untuk menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia.

Google Translate bisa bekerja secara online dan offline. Untuk menghemat waktu dan data, unduh terlebih dahulu bahasa yang diinginkan. Caranya, tap ikon Settings, lalu pilih Offline translation, kemudian pilih bahasa yang ingin diunduh.

3 dari 3 halaman

4. Google Maps

Google Maps juga memiliki mode offline, sehingga tetap dapat digunakan jika terkendala sinyal di lokasi-lokasi tertentu. Kamu bisa memilih terlebih dahulu data area yang akan diunduh, lalu akses menu Offline maps untuk mengunduhnya.

Fitur offline ini berfungsi petunjuk arah mengemudi, tapi tidak untuk bersepeda dan berjalan kaki.

5. Universal Power Adapter

Perangkat ini sangat penting untuk dibawa ke luar negeri. Universal power adapter ini mempermudah kamu untuk mengisi daya baterai ketika di luar negeri, mengingat beberapa negara memiliki desain charger berbeda.

Sebaiknya bawa adapter charger, yang tidak hanya bisa digunakan untuk satu perangkat saja. Saat ini banyak tersedia di pasaran universal power adapter dengan dua atau empat port USB, sehingga kamu bisa mengisi daya sejumlah perangkat sekaligus.

Itu tadi deretan perangkat dan aplikasi terkait teknologi yang bisa membantu kamu berlibur di luar negeri. Selamat berlibur!

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Bikin Foto Bidikan Samsung Galaxy Note 9 Makin Kece
Artikel Selanjutnya
Orangtua, Simak 5 Tips Ini Agar Buah Hati Aman Main Instagram