Sukses

Android 9 Pie Go Edition Bakal Hadir di Lebih dari 120 Negara

Liputan6.com, Jakarta - Setelah merilis Android 9 Pie, Google kini tengah mengerjakan versi Android Go dari OS tersebut. Sama seperti varian sebelumnya, Android 9 Pie Go Edition akan dihadirkan untuk ponsel entry-level.

Dilansir Softpedia, Selasa (21/8/2018), Google berjanji akan segera merilis varian Go Edition tersebut pada tahun ini dan akan menghadirkan sejumlah fitur Android 9 Pie.

Selain itu, Google juga akan menyematkan beberapa fitur baru untuk memperkaya pengalaman pengguna.

Android 9 Pie Go Edition rencananya dirilis untuk lebih dari 200 perangkat di lebih dari 120 negara, termasuk Amerika Serikat (AS), India, Brasil, Afrika Selatan, dan Nigeria.

OS ini akan kompatibel untuk perangkat dengan layar HD atau VGA biasa, RAM 4GB, 8GB, atau 16GB, serta jaringan 3G atau 4G.

"Dengan lebih dari 100 manufaktur berencana merilis perangkat sebelum akhir tahun ini, kalian dapat berekspektasi lebih ketika memilih perangkat Go edition pertama," ungkap Director of Product Management Android, Sagar Kamdar.

Adapun perangkat Android 9 Pie Go Edition memiliki memori penyimpanan 500MB lebih besar dibandingkan Android 8 Oreo Go Edition.

OS ini akan tersedia di banyak perangkat pada musim gugur 2018, yang artinya pengguna akan memiliki memori penyimpanan gratis 5,5GB dengan memori internal 8GB.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 dari 3 halaman

Desain Android 9 Pie Go Edition

Sorotan utama lainnya dari Android 9 Pie Edition, yaitu kumpulan aplikasi Google akan hadir dengan desain baru. Salah satunya versi YouTube Go baru, yang memiliki mode galeri untuk konten unduhan dan mengonsumsi lebih sedikit data ketika memainkan video.

Sebuah Map Go baru juga akan tersedia dengan dukungan navigasi, sehingga pengguna bisa menggunakan petunjuk arah turn-by-turn ketika melakukan perjalanan dengan kaki, bus, atau mobil. Phone App di dalam Android 9 Pie Go Edition kini memiliki caller ID dan pendeteksi spam.

Selain itu, aplikasi Assistant Go diperbarui dengan dukungan berbagai tambahan bahasa seperti Spanyol dan Indonesia. Android 9 Pie Go Edition juga akan hadir dengan berbagai fitur keamanan.

 

3 dari 3 halaman

Serba-serbi Peluncuran Android 9 Pie

Android Pie sendiri adalah nama resmi dari OS baru Google, Android 9. OS baru ini telah tersedia untuk ponsel Pixel dan Essential Phone, sedang peluncuran untuk perangkat lain akan menyusul pada tahun ini dan 2019.

OS Android 9 Pie hadir dengan serangkaian perubahan desain, fitur, serta memiliki fokus besar pada Artificial Intelligence (AI, kecerdasan buatan). Google disebut berusaha membuat ponsel lebih personal, efisien dan mudah digunakan.

Android 9 Pie memang telah dirilis, tapi masih banyak pengguna harus bersabar untuk bisa mencicipinya dan kemungkinan menunggu sampai tahun depan.

Berikut informasi tentang rincian peluncuran Android 9 Pie, seperti dikutip dari Tech Radar, Selasa (7/8/2018):

1. Peluncuran Android 9 Pie Perdana

Android P telah resmi dirilis, setelah sebelumnya Google menghadirkannya dalam versi beta.

Para pengguna ponsel Pixel bisa mendapatkan Android Pie secara gratis melalui over-the-air. Essential Phone juga mendapatkan OS tersebut mulai hari ini.

"Kami bangga membawa Android 9 Pie untuk Essential Phone di hari yang sama dengan peluncurannya," tulis Essential dalam pengumumannya.

Lima smartphone Android pertama yang bisa mencicipi OS ini adalah Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel, Pixel XL dan Essential Phone.

2. Peluncuran Android 9 Pie Sebelum Akhir Tahun

Kabar baik untuk Sony, Xiaomi, HMD Global, Oppo, Vivo dan One Plus dan sejumlah perangkat Android One. Google mengatakan perusahaan-perusahaan tersebut, yang berpartisipasi dalam program Android Pie beta, akan mendapatkan pembaruan OS pada akhir musim gugur.

Jika merujuk pada kisaran waktu tersebut, smartphoe Sony cs yang kompatibel akan mendapatkan pembaruan ke Android 9 Pie sebelum 21 Desember 2018.

3. Peluncuran Android 9 Pie Akhir 2018-2019

Lalu bagaimana nasib smartphone Samsung, LG, Motorola dan lainnya? Jajaran vendor itu kemungkinan akan mengumumkan tanggal peluncuran Android 9 Pie untuk produknya beberapa bulan lagi hingga tahun depan.

Beragamnya waktu peluncuran ini sudah biasa bagi pembaruan Android, khususnya di Amerika Serikat (AS) karena membutuhkan persetujuan operator seluler.

Lebih lanjut, ada sejumlah ponsel lain yang dilaporkan menerima Android 9 Pie lebih awal yakni seri Pixel 3.

Google diyakini akan mengumumkan smartphone Pixel 3 dan Pixel 3 XL pada Oktober 2018. Sama seperti peluncuran seri Pixel lain, Pixel 3 dan 3XL akan melenggang dengan OS Android terbaru.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pengguna Pixel Keluhkan Android Pie Bikin Smartphone Lemot
Artikel Selanjutnya
Semua Smartphone Nokia Bakal Cicipi Android Pie