Sukses

Google Siap RIlis Android Go Pie Akhir 2018

Liputan6.com, Jakarta Google diketahui makin serius menggarap sistem operasi 'adik' Android O yang lebih dikenal sebagai Android Go. Hal itu ditunjukkan dengan rencana perusahaan untuk merilis versi terbaru dari Android 9 Pie (Go edition)

Dikutip dari The Verge, Senin (20/8/2018), perubahan besar-besaran yang dilakukan Google terletak pada kapasitas memori perangkat. Google menuturkan, Android Go versi Pie ini akan menambah kapasitas pengguna sebesar 500MB, dibanding versi sebelumnya.

Sebagai tambahan, Google juga menjanjikan waktu boot perangkat yang lebih cepat untuk versi terbaru Android Go ini. Tidak hanya itu, fitur keamanan di sistem operasi ini juga diperbaiki, termasuk boot yang sudah terverifikasi.

Sama seperti versi Android Pie reguler, versi Go ini juga menyertakan fitur dashboard bagi pengguna. Dashboard tersebut membantu pengguna untuk melacak dan mengamati penggunaan data.

Sayangnya, Google belum memberikan waktu pasti kapan versi terbaru ini akan meluncur. Berdasarkan data Google, Android Go kini sudah tersedia di 200 perangkat dan tersebar di lebih dari 120 negara.

Sekadar informasi, Android Go merupakan upaya Google untuk mencetak satu miliar pengguna. Konsep ini disebut sebagai “The Next Billion Users”, di mana menargetkan lebih banyak pengguna Android di sejumlah negara berkembang termasuk Indonesia. .

Sameer Samat, VP Product Management Android, menuturkan Android Go merupakan versi ‘ringan’ Android O yang dikhususkan beroperasi pada perangkat Android dengan harga terjangkau dan spesifikasi kelas rendah. 

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Smartphone Android Go Samsung Terkuak

Salah satu vendor yang diketahui sedang menyiapkan versi Android Go terbaru adalah Samsung. Bahkan, bocoran spesifikasi perangkat ini sudah sempat beredar di internet beberapa waktu lalu.

Berdasarkan laporan, perangkat ini memiliki kode nomor model J260F. Berdasarkan gambar tersebut, smartphone ini memiliki layar Super AMOLED 5 inci, prosesor quad-core 1,4GHz Exynos 7570, RAM 1GB dan memori internal 16GB.

Spesifikasi lainnya termasuk kamera belakang 8MP, kamera depan 5MP dan baterai 2.600mAh. Smartphone Android Go ini akan hadir dengan OS Android Oreo 8.1.

Sayangnya, bocoran baru ini tidak dilengkapi infromasi tentang perkiraan waktu peluncuran dan harga jualnya.

Namun, merujuk pada perangkat Android Go lain, smartphone tersebut akan menjadi produk low-end dan dijual dengan harga terjangkau.

Lebih lanjut, berdasarkan informasi sebelumnya smartphone SM-J260F dilaporkan akan dipasarkan di beberapa negara seperti Inggris, Uzbekistan, Jerman, Italia, Prancis dan Polandia. Smartphone ini sedang dalam proses pengujian.

3 dari 3 halaman

Samsung Uji Coba Ponsel Android Go di Berbagai Negara

Samsung dilaporkan tidak hanya akan merilis smartphone Android Go untuk pasar India, tapi juga beberapa negara lainnya.

Perusahaan asal Negeri Ginseng itu pun disebut tengah menguji handset tersebut di beberapa negara.

Menurut laporan, Samsung setidaknya tengah menguji perangkat Android Go dengan tiga nomor model berbeda. SM-J260G diyakini merupakan salah satunya, yang ditargetkan untuk Kamboja, Thailand, Singapura, Malaysia dan Vietnam.

Smartphone dengan nomor model SM-J260F disiapkan untuk pasar Inggris, Uzbekistan, negara-negara Kaukasus, Jerman, Italia, Ukraina, Kazakhstan, Prancis, serta Polandia. SM-J260M untuk Argentina, Bolivia, Chili, Kolombia, Trinidad dan Tobago, Panada, serta Paraguay.

Mengingat peluncuran dalam skala besar, Samsung dinilai ingin melihat terlebih dahulu bagaimana reaksi konsumen terhadap perangkat Android stock pada perangkat low-end besutannya.

Reaksi tersebut akan menjadi pertimbangan Samsung dalam berinvestasi untuk lini Android Go selanjutnya.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Artikel Selanjutnya
Semua Smartphone Nokia Bakal Cicipi Android Pie
Artikel Selanjutnya
Yuk, Unduh Aplikasi Resmi Asian Games 2018