Sukses

Instagram Rilis Cara Baru Mengajukan Verifikasi Akun

Liputan6.com, Jakarta - Instagram merilis cara baru bagi pengguna mengajukan veifikasi akun langsung dari aplikasi. Verifikasi yang dimaksud ini adalah verification badge (lencana verifikasi) dengan simbol centang biru di samping nama akun untuk menandakan keasliannya.

Lencana verifikasi ini bertujuan membantu pengguna mengetahui keaslian dari akun publik figur terkenal, merek global atau entitas terkenal lainnya.

Untuk mendapatkan verifikasi, sebuah akun harus memenuhi syarat dan ketentuan, serta panduan komunitas Instagram. Pengguna tidak perlu mengeluarkan dana untuk mengajukan verfikasi akun.

"Instagram akan meninjau permintaan verifikasi untuk mengonfirmasikan keaslian, kelengkapan, dan kelayakan setiap akun," tulis pihak Instagram dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (14/8/2018).

Ada tiga pertimbangan utama sebelum Instagram memberikan lencana verifikasi kepada sebuah akun, yaitu:

1. Keaslian: Akun Anda harus mewakili orang asli, atau bisnis dan entitas yang terdaftar

2. Kelengkapan: Akun harus dalam pengaturan publik, memiliki bio, foto profil, dan setidaknya satu unggahan

3. Kelayakan: Akun harus mewakili individu, merek, tau entitas terkenal dankerap dicari orang

"Kami juga meninjau kelayakan akun dari berita yang diterbitkan oleh beberapa media massa. Kami tidak mempertimbangkan konten berbayar sebagai syarat kelayakan," jelas Instagram.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengajukan Verifikasi

Untuk mengajukan verifikasi kepada Instagram, pengguna hanya perlu melakukan beberap langkah sederhana.

Langkah pertama, kamu harus membuka menu Opsi dan akan menemukan keterangan "Minta Verifikasi". Kemudian klik "Minta Verfikasi", lalu bisa langsung mendaftar untuk diverifikasi Instagram.

Cara baru mengajukan verifikasi Instagram (Foto: Instagram)

Ada beberapa data yang harus disertakan, seperti nama pengguna dan nama lengkap. Selain itu, kamu juga harus melampirkan foto tanda pengenal.

Setelah semua data lengkap, kamu bisa menekan menu "Kirim" untuk mengakhiri proses pendaftaran verifikasi akun.

Cara baru mengajukan verifikasi Instagram (Foto: Instagram)

Fitur baru ini tampaknya sedang dalam proses peluncuran, sehingga belum semua pengguna mendapatkannya. Namun seiring waktu, semua pengguna bisa mendapatkannya.

3 dari 3 halaman

Ditinjau Instagram

Mengajukan verifikasi tidak menjamin semua akun akan mendapatkan simbol centang biru di samping nama penggunanya.

Setelah permintaan diterima dan ditinjau lebih lanjut, kamu akan mendapatkan pemberitahuan di tab notifikasi berupa persetujuan atau penolakan.

Telepas hal itu, Instagram berharap cara baru ini bisa lebih melindungi para pengguna Instagram dari iming-iming verifikasi pihak lain.

"Kami juga berharap dapat membantu pengguna di seluruh dunia untuk memahami dan menavigasi proses verfikasi di Instagram," tulis Instagram.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.