Sukses

Emoji Baru di Tahun Depan Bakal Bawa Kehidupan Difabel

Liputan6.com, Jakarta - Kumpulan emoji baru yang bakal meluncur pada 2019 akan mengusung tema unik.

Unicode Consortium, lembaga yang melegalkan penggunaan emoji, dilaporkan tengah memilih kandidat emoji yang akan meluncur ke iOS dan Android di tahun depan.

Menurut informasi yang dilansir Mashable pada Selasa (14/8/2018), kumpulan emoji anyar tersebut akan mengusung tema kehidupan difabel, mulai dari emoji orang tuli, emoji telinga dengan alat bantu dengar, emoji kursi roda, emoji anjing pelacak, dan masih banyak lagi. 

Tak cuma difabel, emoji baru ini juga akan menitikberatkan ke tema keberagaman dan kesetaraan gender, seperti emoji pasangan dengan ras yang berbeda. 

Adapun emoji lain yang tak kalah menariknya seperti beberapa objek dan ekspresi unik, seperti emoji orang mengantuk, emoji sepatu balet, emoji berang-berang, dan beberapa lainnya. 

Walau meluncur di tahun depan, emoji ini masih akan memasuki tahap seleksi lagi dalam Unicode 12. Tahap seleksi diketahui akan berlangsung pada September 2018.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 dari 3 halaman

Emoji iOS 12

Sekadar informasi, iOS 12 merupakan sistem operasi yang lebih dulu kedapatan paket emoji baru edisi 2018.

Dilansir Business Insider pada Senin (3/6/2018), diperkirakan akan ada 157 emoji baru yang akan hadir dalam pembaruan Unicode Emoji 11.0 ini. 

Beberapa di antaranya bahkan akan hadir dengan bentuk dan karakter unik, seperti emoji ginger (orang berambut merah), cupcake, superhero, roti bagel, kangguru, llama, nyamuk, hingga tisu.

Informasi ini sudah resmi diumumkan oleh lembaga yang melegalkan pengguna emoji, yakni Unicode Consortium pada Februari 2018.

Jika 157 emoji sudah hadir, total emoji secara keseluruhan akan mencapai 2.823 jenis emoji. Demikian menurut keterangan laman Emojipedia.

Tak cuma iOS, Twitter pun menjadi salah satu platform tercepat yang memperbarui ketersediaan emoji mereka. 

Untuk Android, sepertinya para pengguna harus bersabar. Pasalnya, ketersediaan emoji baru selalu menjadi paling lambat untuk sistem operasi robot hijau ini.

3 dari 3 halaman

Apple Usulkan Emoji yang Tampilkan Kehidupan Difabel

Harus diakui, emoji sudah menjadi salah satu cara baru dalam berkomunikasi di era sekarang ini. Karena itu, setiap tahun, sejumlah perusahaan selalu mengusulkan emoji anyar untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. 

Sebelumnya, Apple dilaporkan mengusulkan ide untuk emoji yang menggambarkan pengalaman penyandang disabilitas. Hal ini diketahui dari unggahan di blog Emojipedia.

Dikutip dari BBC, Senin (26/3/2018), perusahaan yang berbasis di Cupertino itu menuturkan saat ini masih sangat sedikit pilihan emoji yang menampikan pengalaman hidup para difabel.

"Menambahkan emoji yang melambangkan pengalaman hidup pengguna membantu menumbuhkan budaya beragam yang inklusif terhadap penyandang disabilitas," tulis Apple. 

Apple sendiri sudah mendaftarkan proposal emoji ini pada Unicode Consortium, organisasi yang mengulas permintaan untuk karakter emoji baru. Jika disetujui, emoji ini dapat mulai digunakan tahun depan. 

Beberapa emoji yang disarankan Apple dalam proposal ini adalah anjing pelayan yang biasanya digunakan untuk membantu sejumlah penyandang disabilitas, lengan prostetik, hingga telinga dengan alat bantu dengar. 

Meski tak melambangkan seluruh disabilitas yang ada, Apple menyebut hal ini tetap penting sebagai permulaan untuk menampilkan keragaman dalam dunia emoji.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Ini Alasan Penyanyi Sia Selalu Tutupi Muka Pakai Wig
Loading
Artikel Selanjutnya
Kisah Anak-Anak Difabel di Yogyakarta Mengeksplorasi Titik Lewat Pameran Seni Rupa
Artikel Selanjutnya
25 Kaum Difabel Dilatih Jadi Guru Kebencanaan