Sukses

Sebelum Populer, 7 Perusahaan Teknologi Ini Punya Nama Aneh bin Ajaib

Liputan6.com, Jakarta - Banyak di antara kita yang sangat akrab dengan nama-nama perusahaan teknologi seperti Google, Apple, ataupun Facebook.

Namun, jauh sebelum nama-nama perusahaan teknologi tersebut tenar seperti sekarang, ternyata para pendirinya sempat memberikan nama lain yang terdengar cukup aneh.

Kamu penasaran? Berikut tujuh (7) nama perusahaan teknologi populer di kala mereka belum melejit sepeti sekarang ini.

1 dari 6 halaman

Apple Macintosh

Menurut buku biografi Steve Jobs, pendiri Apple itu awalnya tidak ingin menggunakan Macintosh untuk produk komputer rumahan mereka.

Jobs awalnya bersikeras untuk menggunakan brand Bicycle untuk produk komputer mereka.

Sang legenda dunia teknologi itu memang terpikat dengan sepeda. Untungnya salah seorang karyawan Apple kala itu, Jeff Raskin, menyarankan untuk menggunakan brand Mac.

2 dari 6 halaman

Twitter

Twitter kini menjadi media sosial microblogging yang digemari banyak orang.

Lucunya, perusahaan yang didirikan oleh Jack Dorsey tersebut sudah berkali-kali gonta-ganti nama.

Awalnya Twitter sempat menggunakan nama Jitter, lalu berubah menjadi Twicth. Dan yang paling terakhir adalah TWTTR, sebelum akhirnya menggunakan nama Twitter.

3 dari 6 halaman

Google

Dua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin bertemu di Stanford University. Keduanya mulai mengerjakan sistem mesin pencari pada 1996.

Kedua founding father ini awalnya tidak berencana memberi nama Google, mereka justru ingin menggunakan nama BackRub.

Setahun kemudian, mereka mengubahnya menjadi Googol, sebuah kata yang berasal dari referensi matematika untuk menyebut angka 1 yang diikuti oleh seratus angka 0. Dan pada akhirnya dipatenkan menjadi Google.

4 dari 6 halaman

Facebook

Seperti yang sudah banyak diketahui orang dari cerita film Social Networks, Mark Zuckerberg pada awalnya mengunakan nama TheFacebook.com pada 2004 khusus untuk para mahasiswa Harvard.

Ketika situs media sosial ini berkembang ke banyak kampus, maka Zuck memutuskan untuk mengganti namanya menjadi lebih simpel, Facebook.com. Domain ini dibeli Zuck pada 2005 dengan harga US$ 200 ribu.

5 dari 6 halaman

Yahoo

Yahoo adalah salah satu perusahaan berbasis internet terbesar di dunia. Sebelum era Google, Yahoo merajai hampir seluruh lini bisnis informasi di dunia maya, mulai dari mesin pencari, portal berita, hingga ramalan cuaca.

Sebelum populer, Yahoo ternyata memiliki nama lain. Saat pertama kali dipublikasikan, duo pendiri Yahoo, Jerry Yang dan David Filo, menamai situs mesin pencari mereka ini dengan nama yang aneh dan cuku panjang, yakni Jerry and David's Guide to the World Wide Web.

Cukup panjang dan tidak akrab di telinga bukan? Nama yang aneh itu dipakai sepanjang tahun 1994, tetapi di tahun 1995 akhirnya duo pendiri itu mengubah nama perusahaannya menjadi Yahoo yang merupakan kependekan dari Yet Another Hierarchically Organized Oracle.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Catat, 5 Gadget Ini Dianggap Berbahaya untuk Anak-anak
Artikel Selanjutnya
Apple Jadi Perusahaan Teknologi Pertama dengan Nilai 1 Triliun Dolar