Sukses

Video Salat Saat Gempa Lombok Tuai Pujian Warganet

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu 5 Agustus 2018 menyisakan duka bagi warganet Indonesia.

Kendati demikian, ada hal yang juga menarik perhatian warganet, yakni video yang memperlihatkan jemaah sedang salat saat gempa terjadi.

Pantauan Tekno Liputan6.com di linimasa jejaring sosial, ada dua video beredar. Pertama video yang memperlihatkan imam dan sejumlah jemaahnya tetap khusyuk salat isya, meskipun guncangan gempa terasa cukup kencang.

 

Disebut-sebut, video ini direkam di sebuah masjid di Bali. Bali sendiri ikut terdampak guncangan gempa berskala 7SR tersebut.

Video kedua adalah potongan rekaman CCTV yang menunjukkan jemaah salat isya di sebuah masjid lari berhamburan menyelamatkan diri saat gempa melanda Lombok.

Warganet pun mengunggah ulang video ini dengan berbagai pujian. Pengguna dengan akun @dinsahran mencuit, "Saat solat isya di salah sebuah masjid di Lombok semalam. Imam tetap meneruskan solat walaupun berdepan saat cemas dilanda gempa bumi kuat. MasyaAllah, moga Allah pelihara mereka."

Pengguna Twitter dengan akun @oryzasativasp pun menuturkan hal serupa. "Ini diambil pas gempa lombok di Masjid Agung Bali. Imamnya tetap stay solat aja. Subhanallah," tuturnya.

Demikian juga dengan pemilik akun @FirdaSyeban yang menuliskan dirinya terharu dan merinding melihat video imam dan sebagian jemaah yang tetap lanjut salat meski dilanda gempa.

Gempa bumi berkekuatan 7 skala Richter (SR) mengguncang kawasan Lombok Utara, NTB, Minggu (5/8/2018) malam.

Akibatnya, warga yang berada di Lombok hingga sampai dengan Pulau Bali dapat merasakan gempa ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa memiliki kedalaman 15 km. BMKG juga mengeluarkan peringatan tsunami untuk daerah Lombok.

Kejadian ini sontak menuai perhatian warganet di media sosial, terutama pengguna Twitter.

Berbagai ucapan dukacita dan doa untuk korban gempa pun mengalir deras di linimasa platfom realtime Twitter di Indonesia.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Lombok dan Berpotensi Tsunami menjadi trending topic di linimasa Twitter Indonesia.

Berikut adalah beberapa cuitan yang sudah dihimpun.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Rasakan Gempa Lombok, Anak-Anak Nana Mirdad Menangis
Artikel Selanjutnya
Usai Gempa Lombok, Bali Process 2018 di Nusa Dua Tetap Berlangsung