Sukses

Agar Tak Kecanduan, Pengguna Bisa Atur Berapa Lama Main Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial kini jadi bagian dari gaya hidup pengguna smartphone. Bagaimana tidak, sehari tanpa meng-update status di Facebook atau mengunggah story di Instagram adalah hal yang 'janggal' buat sejumlah orang.

Layaknya smartphone, media sosial pun bisa membuat orang kecanduan, jika tak bisa mengontrol diri berapa lama mereka membukanya.

Guna mengatasi hal tersebut, beberapa waktu yang lalu Instagram mengumumkan sebuah tool baru yang membantu pengguna mengatur seberapa lama waktu yang mereka habiskan di platform berbagi foto dan video singkat itu.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tekno Liputan6.com, tool yang dimaksud adalah activity dashboard.

Instagram menyebut, mereka kini memiliki pengingat harian (reminder) dan cara baru untuk membatasi notifikasi.

"Fitur ini kami kembangkan lewat kolaborasi dengan pakar dan organisasi kesehatan mental dan para akademisi, didukung dengan riset mendalam dan saran langsung dari para pengguna Instagram. Kami ingin waktu yang Anda habiskan di Instagram menjadi waktu yang positif dan menginspirasi," kata Product Management Director Instagram, Ameet Ranadive.

Dia mengatakan, dengan fitur ini pengguna bisa memiliki kontrol terhadap waktu yang ingin dihabiskan di platform Instagram.

Selain itu, fitur juga bisa digunakan untuk mendukung percakapan orangtua dan anak-anak tentang kebiasaan bermedia sosial yang tepat untuk mereka.

2 dari 2 halaman

Cara Membatasi Waktu di Instagram

Untuk menggunakan perangkat ini, pengguna bisa membuka opsi Setting di aplikasi Instagram. Kemudian, pilih opsi "Your Activity", kemudian, pilih "Your Time on Facebook".

Pada bagian paling atas, pengguna akan melihat dashboard berisi waktu rata-rata yang mereka habiskan di aplikasi Instagram.

Di bawah dashboard, pengguna bisa mengatur pengingat harian untuk mengingatkan jika sudah mencapai waktu maksimum untuk menggunakan Instagram di hari tersebut.

Uniknya, pengguna bisa mengubah atau mengganti pengingat ini kapan saja.

Pengguna juga bisa mengetuk “Notification Settings” untuk mengakses pilihan “Mute Push Notifications” guna membatasi notifikasi dari Instagram pada saat-saat di mana mereka tidak ingin diganggu.

"Fitur ini bukan hanya menampilkan jumlah waktu yang Anda habiskan di Instagram, tetapi juga apa yang Anda nikmati di platform kami," kata Ranadive.

Dia mengatakan, kehadiran tool ini akan membantu pengguna memanfaatkan Instagram secara bijak.

"Tool ini adalah langkah awal yang penting bagi kami, dan kami akan terus melanjutkan usaha kami dalam membangun komunitas yang aman, positif, dan mendukung bagi semua pengguna kami," pungkasnya.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Kalung Kerang, Tren Kekinian yang Wajib Dimiliki
Artikel Selanjutnya
Saham Merosot, Facebook Tak Bisa Bergantung pada Instagram