Sukses

Lagi, Proyek Laptop Rahasia Microsoft Bocor di Internet

Kali ini, proyek laptop rahasia yang disebut-sebut sebagai seri Surface terbaru kembali muncul dari bocoran dokumen internal Microsoft.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft diketahui sudah cukup lama mengembangkan sebuah proyek rahasia untuk seri terbaru Surface-nya. Informasi ini diketahui dari sejumlah laporan dan paten yang sempat bocor.

Terkini, informasi seputar perangkat ini kembali terungkap. Berdasarkan informasi dari dokumen internal Microsoft, perangkat berkode nama Andromeda ini merupakan Surface berukuran mungil dengan kata lain dapat dikantongi layaknya smartphone.

Dikutip dari The Verge, Senin (2/7/2018), Microsoft menyebut Andromeda sebagai proyek yang dikembangkan diam-diam oleh internal perusahaan. Proyek ini disebut akan menghasilkan kategori perangkat baru dan benar-benar berbeda.

"Perangkat saku baru ini akan menyatukan pengalaman hardware dan software yang inovatif sehingga menciptakan pengalaman komputasi yang pribadi dan serbaguna," tulis Microsoft dalam deskripsinya tentang perangkat ini.

Dengan kata lain, perangkat ini disebut akan mengaburkan batasan antara PC dan smartphone. Sayangnya, hingga saat ini Microsoft belum memberikan pernyatan resmi mengenai perangkat tersebut.

Sekadar diketahui, kabar mengenai proyek Andromeda ini memang mulai terdengar lagi sejak awal tahun ini. Dari laporan yang diperoleh, perangkat ini memang akan hadir dengan gaya berbeda.

Mengutip The Inquisitr, perangkat yang disebut-sebut bernama Surface Phone ini hadir dengan perubahan besar-besaran. Informasi ini diketahui dari sejumlah paten yang didaftarkan Microsoft.

Berdasarkan informasi paten Microsoft, perangkat ini memiliki desain yang membuatnya dapat dilipat. Tak hanya itu, perangkat ini akan didukung dengan spesifikasi mumpuni dan sistem operasi kaya fitur.

Laporan terkini menyebut sistem operasi di perangkat ini akan bernama Andromeda OS. Sistem operasi ini digadang-gadang sebagai versi hybrid dari Windows 10 Mobile.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karyawan Microsoft Buka Suara soal Surface Phone

Sebelumnya, pegawai Microsoft juga sempat mengungkapi informasi seputar keberadaan Surface Phone. Dilansir Softpedia, Rabu (10/1/2018), seorang insinyur yang bekerja di Microsoft Tiongkok mengatakan Surface Phone sedang disiapkan. 

Perangkat ini disebut akan menyuguhkan pengalaman yang lebih baik dengan asisten digital Cortana, dibandingkan pada perangkat berbasis OS Android.

Karyawan tersebut diyakini memiliki keterlibatan di dalam pengembangan Surface Phone karena mengetahui cukup banyak soal proses pengembangannya.

"Kami mencari performa sempurna untuk Surface Phone. Sebagai sebuah asisten pintar, kecepatan pengembangan masih relatif pelan, tapi tim Cortana akan bekerja keras untuk membuatnya menjadi lebih baik," tulis karyawan tersebut di situs web Zhihu.

Sayangnya, tak lama setelah para penggemar Windows Phone menyambut baik kabar tersebut, sang insinyar segera melakukan klarifikasi. Ia diduga menyampaikan informasi tanpa persetujuan perusahaan sebelumnya.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.