Sukses

Google Guyur Rp 316 Miliar untuk Kembangkan OS Feature Phone

Google menginvestasikan Rp 316 miliar untuk mengembangkan KaiOS, sebuah sistem operasi untuk feature phone.

Liputan6.com, Jakarta - Google dilaporkan mulai berinvestasi pada KaiOS. Tidak tanggung-tanggung, nilai investasi Google untuk sistem operasi yang dipakai di feature phone itu mencapai angka USD 22 juta atau setara Rp 316 miliar.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Jumat (29/6/2018), KaiOS merupakan OS yang terafiliasi dengan OS Mozilla Firefox.

Jika Google memimpin OS smartphone dengan Android-nya, KaiOS mulai tumbuh menjadi OS pilihan bagi feature phone, terutama di sejumlah negara berkembang.

KaiOS mulai pada tahun lalu sebagai versi OS mobile dari Firefox OS. KaiOS digunakan di sejumlah feature phone Nokia, misalnya Nokia 8110.

Tidak hanya itu, beberapa perangkat dari TCL dan Micromax juga didukung oleh KaiOS.

Ada yang menganggap investasi Google di KaiOS aneh, mengingat Google memiliki Android yang mendominasi smartphone di dunia. Apalagi, Google juga mengembangkan Android Go.

Meski begitu, CEO KaiOS Sebastien Codeville mengatakan, Google dan KaiOS telah sepakat untuk bekerja sama membuat beberapa fitur baru bagi pengguna KaiOS.

"Google dan KaiOS telah bersepakat membuat Google Assistant, Google Maps, YouTube, dan Google Search tersedia bagi pengguna KaiOS," tutur Codeville.

KaiOS merupakan OS berbasis web yang didesain untuk para pengembang agar menggunakan bahasa pemrograman HTML5, Javascript, dan CSS untuk aplikasi-aplikasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadirkan Aplikasi Google di Feature Phone

Hal ini membuat Google lebih mudah untuk menjalankan berbagi aplikasinya di KaiOS serta memastikan feature phone dibekali berbagai layanan Google, bukannya layanan serupa milik kompetitor.

Sekadar diketahui, saat ini ada lebih dari 40 juta perangkat dengan KaiOS yang telah dikapalkan.

Angka ini tentu cukup mencengangkan, mengingat feature phone rupanya masih memiliki pasar yang cukup besar.

Apalagi, saat ini dunia telah gandrung menggunakan smartphone, dan mayoritas penjualan perangkat didominasi oleh smartphone.

Saat ini Google juga telah menambah dukungan untuk Android, di mana Android saat ini merambah ke perangkat dengan RAM 1GB sebagai smartphone dengan terjangkau.

Sementara, KaiOS bisa digunakan di perangkat Nokia 8110 yang dibekali RAM 512MB dan memori internal 4GB saja.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.