Sukses

Pesawat Listrik Norwegia Siap Mengudara 2025

Liputan6.com, Jakarta Norwegia baru menguji coba pesawat listrik dengan dua penumpang pada Senin lalu.

Pesawat itu diberi nama Alpha Electro G2. Direncanakan jika tak terkendala apapun, pesawat listrik ini bisa mulai beroperasi pada tahun 2025.

Dilaporkan Reuters, Kamis (21/6/2018), ujicoba pesawat listrik itu dilakukan oleh Menteri Transportasi Ketil Solvik-Oslen dan Kepala Avinor Bandara Norwegia Dag Falk-Petersen. Keduanya mencoba pesawat tersebut dengan mengelilingi bandara Oslo.

"Ini adalah contoh langkah kami melaju cepat dalam hal penerbangan yang ramah lingkungan," ujar Oslen.

Di sisi lain, dilanjutkannya, pihaknya juga harus memastikan terlebih dahulu bahwa pesawat listrik ini aman untuk ditumpangi.

"Orang-orang pastinya tak akan melakukan penerbangan jika mereka tak mempercayai bahwa pesawat ini aman," jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dirinya terima, produsen pesawat seperti Boeing dan Airbus pun tengah mengembangkan pesawat listrik.

Tidak ada yang tidak mungkin, bila kedua produsen besar pesawat telah menerapkannya, maka akan berdampak pula pada harga baterai yang terjangkau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerbangan Domestik Bakal Pakai Pesawat Listrik

Jika ini terjadi, tujuan pemerintah Norwegia menerapkan semua penerbangan domestik menggunakan pesawat listrik akan terwujud pada 2040.

"Saya memperkirakan, ini bisa tercapai sebelum 2025. Semua pesawat yang terbang di Norwegia adalah pesawat listrik pada 2040 nanti," kata pilot Falk-Petersen.

Selain itu, keduanya juga mengatakan bahwa pesawat dengan berat lepas landas 570 kg, jauh lebih tenang daripada pesawat yang menggunakan bahan bakar fosil.

Sekadar diketahui, untuk urusan kendaraan listrik, Norwegia berada di urutan teratas dalam hal penjualan per kapita mobil listrik seperti Tesla, Nissan Leaf atau Volkswagen Golf.

Pemerintahnya mendukung dari segi insentif dengan memberikan potongan pajak yang besar, parkir gratis dan pengecualian dari jalan tol.

Pada Mei 2018, 56 persen dari semua mobil yang dijual di Norwegia adalah mobil listrik murni atau hibrida.

Jadi, bukan hal yang mustahil jika Norwegia menjadi negara pertama yang nantinya akan menerapkan penerbangan dengan pesawat listrik.

Reporter: Fauzan Jamaludin

Sumber: Merdeka.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.