Sukses

Mobile Legends Jadi Gim Favorit Pelanggan Tri Saat Libur Mudik

Liputan6.com, Jakarta - Usai musim libur Idul Fitri yang baru saja berlangsung, Tri  melaporkan ada fenomena menarik yang terjadi pada pelanggannya.

Operator telekomunikasi itu menyebut, ada lonjakan penggunaan dari aplikasi media sosial dan gim.

Salah satu lonjakan lalu lintas data didapat dari pengguna yang mengakses gim Mobile Legends. Data mencatat mayoritas lonjakan hingga 91 persen didominasi oleh aplikasi ini.

Selain itu, aktivitas menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri, baik chat teks atau panggilan video melalui aplikasi WhatsApp berada di urutan kedua. Lalu aplikasi lain yang turut menyumbang lonjakan lalu lintas data adalah YouTube.

Fenomena ini menunjukkan paket data yang ditawarkan Tri mampu membuat para pengguna tetap menikmati liburan maupun perjalanan ke kota asal.

Hal itu bukannya tanpa alasan sebab Tri sudah mengoptimalkan jaringannya di sepanjang jalur mudik di Jawa dan Sumatera.

Menurut Tri, akses Mobile Legends yang terbilang besar tak lepas dari kemudahan yang ditawarkan untuk membeli diamond dengan pulsa. Nantinya, diamond tersebut dapat digunakan untuk membeli hero favorit. 

"Sebagai bagian dari upaya kami meningkatkan kualitas dan menghadirkan kenyamanan layanan, kami berhasil mentransformasikan core network system yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan lalu lintas komunikasi data Tri tidak terpusat," tutur CTO Tri Indonesia Desmond Chung dalam keterangan resminya, Rabu (20/6/2018).

Dengan cara ini, pelanggan Tri dapat mengakses gim, Instagram, Facebook, termasuk aplikasi chatting dengan lebih cepat. Kondisi ini dapat dilakukan secara lancar bahkan di saat lalu lintas sedang padat.

2 dari 2 halaman

Optimalisasi Jaringan Tri

Tri juga menggelar penambahan kapasitas jaringan di 5.300 BTS yang terdiri dari 2.500 unit BTS 4G LTE dan 2.800 BTS 3G, dengan memanfaatkan kanal baru di 2.100Mhz.

Total BTS Tri sendiri saat ini ada 55 ribu unit, termasuk 15 ribu di antaranya adalah BTS 4G LTE.

Jaringan yang sudah ada juga dioptimalkan, dengan dipusatkan sepanjang jalur mudik utama, seperti Jakarta-Surabaya, Jakarta-Merak, Jakarta-Bandung, Bandung-Yogyakarta, Jalur Pantura, dan Selatan.

Peningkatan kualitas juga dilakukan dengan penempatan mobile BTS di Jawa dan Sumatra dan disebut untuk menjangkau jalan utama.

Jangkauan itu termasuk jalan tol baru ditambah optimalisasi layanan di sejumlah point of interest, daerah wisata, dan pusat keramaian lainnya.

"Kami bersyukur pelanggan kami tidak mengalami kendala yang sangat berarti dalam menggunakan layanan kami selama mudik dan merayakan Idul Fitri. Kami ucapkan terima kasih atas kesetiaan dan kepercayaan pelanggan pada solusi komunikasi Tri," tutur Desmond.

Sekadar informasi, peningkatan trafik di jaringan Tri ini juga terjadi di tahun lalu. Ketika itu, peningkatan terjadi hingga 90 persen dari tahun sebelumnya atau hampir 11 persen dari hari biasa.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading