Sukses

Bos Apple Terkejut Tahu Dirinya Kecanduan Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - CEO Apple Tim Cook terkejut mengetahui seberapa lama dirinya menghabiskan waktu menggunakan smartphone.

Dikutip Tekno Liputan6.com dari CNN, Rabu (6/4/2018), dalam sebuah wawancara, Cook mengakui dirinya mendapatkan data terkait kebiasaannya di depan gadget.

Data tersebut mengungkap seberapa lama pengguna menghabiskan waktunya di depan iPhone dan iPad.

"Saya telah menggunakan dan harus beritahu kalian, saya pikir saya cukup disiplin (dalam menggunakan perangkat). Saya salah," kata Cook di ajang konferensi pengembang tahunan Apple.

Fitur bernama Screen Time itu mampu menunjukkan kepada pengguna, seberapa lama mereka menggunakan perangkat dalam sehari atau seminggu.

Uniknya, Screen Time juga bisa membaca kebiasaan pengguna saat memakai tiap aplikasi, Dengan begitu, pengguna bisa tahu aplikasi mana yang paling bikin ketagihan serta memberikan batasan waktu penggunaan.

Pengguna juga bisa mengetahui seberapa banyak notifikasi yang didapatkannya di tiap aplikasi.

 

2 dari 3 halaman

Lebih Sehat

"Saat pertama mendapatkan data itu, saya baru tahu, saya menghabiskan waktu yang lebih banyak dibandingkan seharusnya. Tidak hanya itu, jumlah telepon yang saya terima juga sangatlah banyak," kata Cook.

Screen Time menjadi salah satu fitur yang paling ditonjolkan pada acara konferensi pengembang itu.

Pasalnya Apple ingin membangun hubungan antara pengguna dengan perangkat yang lebih sehat. Salah satu caranya dengan membantu pengguna mengatur waktu penggunaan perangkatnya.

Tidak hanya itu, Apple juga meningkatkan fitur Do Not Disturb-nya untuk menyembunyikan semua notifikasi pada layar utama di malam hari, saat para pengguna bersiap tidur.

Bukan hanya malam hari, pengguna juga bisa mengatur Do Not Disturb agar secara otomatis aktif saat mereka sedang berada dalam sebuah kegiatan.

3 dari 3 halaman

Dorongan Investor

Sebelumnya, pada awal Januari, para investor Apple menekan perusahaan untuk membantu membatasi penggunaan smartphone di kalangan anak-anak dan remaja.

Senada, mantan pejabat Apple juga setuju akan hal ini.

"Perangkat bukanlah candu namun apa yang kamu lakukan dengan perangkatlah yang membuat kecanduan," kata Cook.

Oleh karenanya, kata Cook, tiap orang harus membuat keputusan sendiri terkait apa yang dilakukan dengan perangkat serta membatasi dirinya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bos Apple Imbau Jangan Gadaikan Privasi demi Teknologi
Artikel Selanjutnya
Apple Klaim Konsumen Sangat Puas dengan iPhone X