Sukses

Warganet Gaungkan #HariLingkunganHidupSedunia di Twitter

Liputan6.com, Jakarta - 5 Juni selalu diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Melalui peringatan ini, negara di seluruh diajak untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan hidup sekitarnya.

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini adalah 'Kalahkan Polusi Plastik'. India dipilih sebagai penyelenggara peringatan yang jatuh pada hari ini.

Selain sejumlah kegiatan yang dilakukan secara langsung, pembahasan mengenai Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini juga ramai dibicarakan di media sosial, terutama Twitter.

Banyak dari kicauan tersebut mengajak warganet untuk mulai mencintai lingkungan.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (5/6/2018), bahasan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini berada di puncak Trending Topic Twitter Indonesia. Tagar #WorldEnvironmentDay juga turut bergema di media sosial tersebut.

Bersama tagar itu, disematkan pula ajakan untuk mengurangi sampah plastik yang menjadi tema tahun ini. Berikut ini adalah beberapa kicauan dari warganet yang sudah dirangkum.

 

2 dari 3 halaman

Minggu Kedua Ramadan, Ini Tagar Favorit Warganet di Twitter

Sebelumnya, Twitter juga merilis infografis #RamadanDiTwitter edisi pekan kedua. Twitter mengumumkan informasi menarik yang sayang untuk dilewatkan selama Ramadan berlangsung.

Selain mengumumkan akun-akun pengguna yang wajib diikuti, media sosial microblogging tersebut juga mengumumkan deretan tagar favorit pengguna di minggu kedua Ramadan

Tagar yang digunakan tak jauh berbeda dengan tagar populer pada minggu pertama. Beberapa di antaranya seperti #ramadhan1439, #inspirasinamakue, #semangatpuasa, #ramadan, #ramadhan, #bukber, dan juga #ngabuburit.

Seperti diketahui, beberapa akun yang bisa diikuti merupakan akun yang cukup populer di Twitter.

Pertama adalah Twitter milik @TravellerKaskus dengan sejumlah kisah tentang bagaimana masyarakat Indonesia di berbagai daerah merayakan Ramadan dengan ciri khas daerah masing-masing.

Selain @TravellerKaskus, akun rekomendasi lain yang dihadirkan pada minggu ini adalah @MasakTV. Di akun tersebut, hadir sejumlah resep khusus kuliner Ramadan, seperti resep makanan dan minuman untuk berbuka puasa dan sahur.

Tak cuma @TravellerKaskus dan @MasakTV, ada juga dua akun lain yang cuitannya tak kalah menarik untuk disimak. Kedua akun tersebut adalah @PEMBIMBINGUTAMA dan @dsuperboy milik Boy Candra.

Pada minggu ini juga, linimasa media sosial microblogging tersebut juga disemarakkan oleh Trivia Ramadan dan gerakan #KebaikanRamadan. Gerakan tersebut dipelopori oleh @St_agustaf dan @halief untuk mengajak masyrakat berbuat kebaikan di bulan suci Ramadan.

3 dari 3 halaman

#RamadanDiTwitter Minggu Pertama

Twitter Indonesia juga telah merilis infografis mingguan momen awal Ramadan 2018. Infografis ini berisi beragam informasi yang menyoroti akun, cuitan, tagar dan trivia mengenai Ramadan di Indonesia.

Infografis akan dirilis setiap pekan hingga mendekati Hari Raya Idul Fitri. Rangkaian infografis mingguan ini dimulai dengan "Serunya Tradisi Minggu Pertama Ramadan", yang berisi berbagai cuitan tentang Ramadan dari beberapa akun terkenal di Indonesia.

Salah satu akun informatif yang perlu diikuti selama Ramadan adalah @Liputan6.com, serta juga ada tagar favorit yang banyak digunakan pada pekan pertama bulan Ramadan.

Ada delapan tagar favorit yang digunakan para pengguna Twitter di Indonesia sepanjang pekan pertama Ramadan, yakni #ramadhan, #tarawih, #ngabuburit, #sahur, #ramadan, #puasa, #semangatpuasa dan #sawityowit.

Adapun twit populer, salah satunya berasal dari akun Twitter Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Unggahannya setelah menunaikan sholat Tarawih pertama Ramadan di Masjid Istiqlal, ternyata menarik perhatian banyak warganet.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: