Sukses

Hari Lahir Pancasila, Ini Untaian Doa Warganet untuk Indonesia

Hari Lahir Pancasila diperingati warganet dengan untaian doa untuk Indonesia di linimasa Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 1 Juni 2018 diperingati oleh Bangsa Indonesia sebagai hari lahir Pancasila. Selain dijadikan hari libur tanggal merah, hari lahir Pancasila juga banyak dikicaukan oleh warganet di dunia maya, khususnya Twitter.

Warganet mencuitkan selamat hari lahir Pancasila sekaligus berdoa untuk kerukunan bangsa Indonesia.

Pantauan Tekno Liputan6.com di linimasa Twitter, Jumat (1/6/2018), Selamat Hari Lahir Pancasila memuncaki trending topic di linimasa Twitter Indonesia diikuti dengan topik Kita Pancasila.

Jumlah cuitan terkait hari lahir Pancasila pun terus meningkat lantaran makin banyak warganet yang mengicaukannya.

Pengguna dengan akun @RinaNugroho5 misalnya, mencuitkan Selamat hari lahir Pancasila. Dia juga menuliskan ajakan untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman berbangsa dan bernegara yang baik.

Pengguna Twitter lainnya dengan akun @abuditea mencuit bahwa Pancasila merupakan harga mati diikuti dengan ucapan Selamat hari lahir Pancasila.

Sementara itu, pemilik akun @leman7919 menuliskan ucapan selamat hari lahir Pancasila diikuti dengan ajakan untuk memegang teguh ideologi dan nilai untuk ibu pertiwi. Ia juga mengajak masyarakat untuk bersatu, berbagi, dan berprestasi.

Pengguna dengan akun @Nieztmirza mencuitkan selamat hari lahir Pancasila diikuti dengan pesan persatuan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amalkan Pancasila dengan Tidak Sebar Hoaks

Uniknya, pengguna akun Twitter @prastow mengucapkan selamat hari lahir Pancasila dan menurutnya cara mengamalkan Pancasila pada zaman sekarang dengan tidak menyebarkan hoaks, fitnah, dan berita tentang permusuhan.

Lain lagi dengan pengguna dengan akun @Malik_DF yang menjadi salah satu petugas pembaca teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Upacara Hari Lahir Pancasila.

Meski sudah mempersiapkan semuanya dari seragam hingga baris berbaris, ternyata ada satu hal yang membuatnya kesal, yakni mikrofonnya tidak menyala. 

3 dari 3 halaman

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (1/6/2018) pagi ini.

Dalam upacara tersebut, Presiden Jokowi mengenakan baju adat khas Jawa dengan atasan warna hitam dan memakai blangkon. Sedangkan Jusuf Kalla mengenakan baju batik krem lengan panjang, lengkap dengan kopiah hitam.

Sekitar pukul 08.02 WIB, upacara memasuki pembacaan teks Pancasila. Teks dibacakan oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang juga mengenakan baju daerah. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Upacara hari lahir Pancasila ini dihadiri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wapres ke-6 RI Try Sutrisno, dan Wapres ke-11 RI Boediono.

Hadir juga sejumlah Menteri Kabinet Kerja, yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, serta Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Turut hadir dalam upacara hari lahir Pancasila, MenPAN RB Asman Abnur, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly, Jaksa Agung HM Prasetyo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, dan Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal Budi Gunawan.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.